5 Tips yang Perlu Diketahui Sebelum Berangkat ke Banjarmasin

Banjarmasin merupakan Ibu kota dari Kalimantan Selatan yang terletak di delta sungai Barito dan Martapura. Kota terbesar dan terpadat di Kalimantan ini memiliki sejumlah keunikan yang membedakannya dengan kota lain di Indonesia. Salah satunya adalah budaya masyarakat yang mempergunakan sungai sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Perlu Diketahui Sebelum Berangkat ke Banjarmasin

(image : arrisalah.net)

Hampir seluruh kehidupan berhubungan dengan sungai, seperti misalnya pasar terapung di Banjarmasin. Menggunakan perahu kecil khas Banjarmasin bernama Jukung, banyak pedagang dan pembeli bertransaksi di atas Sungai Martapura.

Nah, jika Anda tertarik mengunjungi Banjarmasin, jangan lupa untuk membaca tips berikut ini agar perjalanan wisata Anda lebih menyenangkan.

1. Persiapkan transportasi jauh-jauh hari

Jika Anda berada di Pulau Jawa, maka transportasi terbaik untuk mencapai Banjarmasin adalah melalui jalur udara. Meski jauh lebih mahal daripada transportasi laut, namun dengan menggunakan pesawat Anda dapat menghemat banyak waktu dan lebih nyaman.

Terdapat jalur domestik dari Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Yogyakarta dan Semarang menggunakan Pesawat besar Boeing 737-400. Pilihan maskapainya pun beragam, mulai dari Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Batavia Air. Sayangnya, penerbangan Internasional belum bisa dilakukan di Banjarmasin.

Karena beberapa Maskapai sering melakukan promosi untuk penerbangan domestik, pastikan untuk merencanakan transportasi jauh-jauh hari dan cari tiket promo. Harga tiket promo bisa mencapai separuh harga aslinya.

2. Gabung dengan komunitas backpacker di media sosial

Tidak ada salahnya bergabung dengan komunitas backpacker di media sosial untuk mendapatkan informasi wisata di Banjarmasin. Anda bisa menemukan informasi tentang penginapan, transportasi di dalam kota dan bahkan tempat makan yang perlu dikunjungi di Banjarmasin.

3. Cek transportasi darat di Banjarmasin

Anda bisa menggunakan taksi, menggunakan jasa penjemputan dari hotel yang dituju, atau menyewa motor. Jika Anda datang sendiri atau berdua, maka menyewa motor adalah pilihan yang paling terjangkau.

Namun, jika Anda datang bersama keluarga, maka taksi atau jasa penjemputan dari hotel lebih efektif. Ada beberapa hotel yang menyediakan jasa penjemputan untuk tamu yang menginap beberapa hari di Hotel tersebut, cek ketentuan jasa penjemputan di hotel yang Anda tuju, apakah bebas biaya atau ada biayanya.

Di dalam kota Banjarmasin, ada angkot, bemo dan ojek. Meski kurang nyaman, namun Anda cukup mengeluarkan Rp3.000 saja untuk tujuan jauh maupun dekat. Tapi, untuk kecepatan dan kenyamanan, ada beberapa perusahaan taxi yang siap membantu.

4. Cek wisata kuliner di Banjarmasin

Mempersiapkan daftar wisata kuliner merupakan hal penting dalam perjalanan wisata ke Banjarmasin. Cukup banyak makanan khas Banjar yang bisa Anda kunjungi selama liburan di kota ini.

5. Coba city tour melalui sungai

Karena Banjarmasin terkenal karena sungainya, city tour dengan “kelotok” melalui sungai menuju Pasar Terapung Kuin adalah cara terbaik mengenal kota ini.

Anda harus mengeluarkan Rp 150.000 untuk satu perahu kelotok berkapasitas 10 orang, dengan durasi sewa selama 2 jam. Perahu kelotok memiliki atap yang bisa melindungi penumpang dari hujan. Disarankan untuk berangkat setelah subuh bersamaan dengan pedagang yang berangkat ke pasar.

Akomodasi selama perjalanan juga sangat penting, karena itu jangan lupa memesan Hotel untuk tempat Anda menginap selama berada di Banjarmasin.

Salah satu hotel murah di Banjarmasin yang bisa jadi tempat persinggahan Anda adalah Airy Rooms. Dengan harga yang murah, Airy Rooms memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Ada 7 jaminan fasilitas di setiap kamar, yaitu AC, TV Layar Datar, Perlengkapan Mandi, Tempat Tidur Bersih, Shower air Hangat, Air Minum Gratis, dan WiFi Gratis.

airy rooms banjarmasin

Anda bisa memesan Airy Rooms melalui website www.airyrooms.com maupun smartphone, kemudian menyelesaikan pembayaran melalui transfer dan kartu kredit. Berlibur ke Banjarmasin dan menginap di Airy Rooms dijamin membuat liburan Anda menyenangkan.

ADD YOUR COMMENT