5 Obat Pengubah Dunia Kesehatan

Tahukah kita 5 Obat Pengubah Dunia Kesehatan – Orang telah meminum ramuan, menghirup uap dan mengoles salep untuk penyembuhan selama ribuan tahun. Tapi sejumlah kecil zat untuk obat telah merevolusi pengobat kesehatan yang fundamental.

5 Obat Pengubah Dunia Kesehatan

5 Obat Pengubah Dunia Kesehatan tersebut adalah:

Insulin

Penemuan insulin tidak diragukan lagi terobosan besar dalam dunia kedokteran. Sebelum ditemukan insulin, banyak penderita diabetes meninggal di usia muda. Fisiolog Rumania Nicolas C. Paulescu mengisolasi zat yang disebut “pancrein,” yang mungkin bernama insulin, pada tahun 1916. Akan tetapi ia direkrut untuk melayani dalam Perang Dunia I, akhirnya mempublikasikan penemuannya pada tahun 1921, meskipun dibayangi oleh rilis laporan Kanada awal tahun berikutnya yang menyebutkan ilmuwan Kanada Sir Frederick G. Banting dan Charles H. Best, bersama dengan rekan-rekan mereka, sering dikaitkan dengan penemuan hormon dan isolasi.

Aspirin

Pada tahun 1899 Farbenfabriken vormals Friedrich Bayer & Co (berganti Bayer AG) memperkenalkan aspirin, pereda rasa sakit terbaru di antara obat dunia yang paling umum digunakan. Sintesis asam asetilsalisilat murni, bahan aktif aspirin ditemukan oleh ahli kimia Bayer, Felix Hoffmann. Namun, beberapa dekade setelah diperkenalkan, mantan kimiawan Bayer, Arthur Eichengrün mengaku telah menemukan proses sintesis senyawa ini sendirian, sedangkan Hoffmann hanya melaksanakan prosedur. Bayer tetap mengklaim bahwa Hoffmann adalah penemu.

Klorpromazin

Pengenalan obat penenang klorpromazin (juga dikenal sebagai Thorazine) pada 1950-an merupakan titik balik dalam psikiatri, yang memunculkan “revolusi psychopharmacological.” Tidak hanya sukses, klorpromazin (tahun 1964 sekitar 50 juta orang telah memakai) namun perkembangannya juga meletakkan dasar bagi generasi selanjutnya yang digunakan dalam pengobatan kecemasan dan depresi. Selain itu, karakterisasi efeknya pada neurotransmitter dan reseptor mereka memberikan wawasan tentang bagaimana impuls diteruskan dari satu neuron ke yang berikutnya di otak, menyebabkan kemajuan besar dalam pemahaman para ilmuwan tentang penyakit mental dan kognisi.

Mechlorethamine

Nitrogen mustard dikembangkan pada tahun 1920 dan 30-an sebagai agen senjata kimia. Pada 1940-an, satu senyawa, HN-2, juga dikenal sebagai mechlorethamine, yang cocok untuk digunakan dalam perang melawan kanker, khususnya terhadap limfoma manusia. Pada tahun 1949 mechlorethamine menjadi obat pertama yang disetujui oleh US Food and Drug Administration untuk pengobatan kanker.

Pil Kontrasepsi

Pada awal 1920-an, ilmuwan Austria Ludwig Haberlandt (meninggal karena bunuh diri pada tahun 1932) menerbitkan laporan yang menunjukkan bahwa hormon dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi yang efektif pada hewan. Meskipun tidak jelas, segera diuji persiapan hormon dalam uji klinis, meskipun mendapat kritik keras dari rekan-rekannya yang menganggap kontrasepsi adalah tabu. Dua dekade sebelum uji klinis lebih lanjut, Uji kontrasepsi hormonal dilakukan pada manusia atas desakan aktivis sosial Margaret Sanger dilakukan lebih lanjut selama dua dekade. Pil Kontrasepsi telah disetujui pada tahun 1960, di Amerika Serikat.

 

5 Obat Pengubah Dunia Kesehatan – Lentera Kecil

Comments
  1. betul sisa obat penawar HIV saa yang belum ada

  2. kita tunggu obat-obat selanjutnya yang bisa menyembuhkan penyakit berbahaya dan belum dapat teratasi seperti HIV, pasti kedepannya akan bisa ditemukan obat yang manjur..
    terima kasih atas ulasannya

ADD YOUR COMMENT