Apakah Kafe Itu?

Kafe (Cafe) merupakan tempat yang enak digunakan sebagai tempat untuk berkumpul atau sekedar bersantai untuk melepas lelah sehabis beraktivitas. Kafe biasanya menyediakan makanan dan minuman ringan sebagai hidangan dan juga ada live musik sebagai tambahan untuk hiburan bagi para pengunjung yang datang.

Yang membedakan cafe dengan tempat makan yang lain adalah kafe yang lebih mengutamakan hiburan dan kenyamanan pengunjung. Saat ini sudah kafe-kafe yang menghadirkan live music. Hiburan tersebut dapat membuat pengunjung kafe tidak cepat bosan.

Jam buka kafe secara umum dimulai dari pagi sampai malam (10.00-22.00) atau ada pula kafe yang dibuka mulai dari sore hari (18.00-02.00). Tempat yang biasanya dipakai untuk membuka kafe adalah Rumah yang didekorasi dan ditata dengan baik, dan gerai atau ruang pusat belanja, perkantoran, ruang publik seperti kafe kolong Jember dan lain sebagainya.

Pengertian Kafe menurut beberapa sumber

 

Pengertian Kafe menurut beberapa sumber

Pengertian kafe (cafe) menurut Longman. Restoran kecil yang melayani atau menjual makanan ringan dan minuman, kafe biasanya digunakan orang untuk rileks (Dictionary of English Language and Culture)

Restoran murah yang menyediakan makanan yang mudah dimasak/dihidangkan kembali (The New Dictionary and Theosaurus)

Tempat yang menyediakan makanan dan minuman yang mendekati restaurant dalam sistem pelayanan yang di dalamnya terdapat hiburan alunan musik, sehingga kafe dapat digunakan sebagai tempat yang santai dan untuk berbincang-bincang. (Building Planning & Desain)

Sebuah kafe mempunyai beberapa persyaratan ruang yang dilihat dari segi keamanan, keselamatan, kenikmatan, dan kesehatan. Dengan adanya perkembangan jaman, kafe ini semakin luas, artinya kafe tidak saja menjadi tempat menikmati makanan dan minuman tetapi juga menjadi tempat bersosialisasi dan mencari teman baru. Dalam perancangan interior, desain mebel juga harus dipikirkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dimensi mebel pun bisa mempengaruhi pengunjung untuk berlama-lama duduk ataupun datang, duduk, makan lalu pergi.

Sistem Penyajian Kafe

Cara penyajian makanan dalam kafe terdapat beberapa cara, yaitu :

  • Self Service. Dimana pengunjung melakukan pelayanan bagi dirinya sendiri. Pengunjung datang kemudian mengambil makanan dan minuman yang mereka inginkan kemudian menuju ke kasir dan membayar makanan mereka lalu duduk di tempat yang telah disediakan. Cara ini terkesan familiar dan bersahabat.
  • Waiter of Waitress Service to Table. Pengunjung datang lalu duduk pada kursi yang telah disediakan, kemudian pramusaji akan melayani mereka, mengantar menu dan makanan hingga membayar ke kasir, sehingga orang tidak perlu beranjak dari kursinya. Cara ini terkesan formal.
  • Counter Service. Dimana terdapat area khusus yang terdapat display makanan yang ada, biasanya digunakan untuk pelayanan yang cepat dan service tidak formal.
  • Automatic Vending Menggunakan mesin otomatis. Pengunjung memasukkan koin lalu dari mesin keluar makanan yang dipilihnya.

Makanan dan minuman yang terdapat dalam cafe umumnya antara lain:

  • Hot Drink seperti coffe
  • Cold Drink seperti ice coffe, ice tea, soft drink.
  • Hot Food seperti sandwich, burger
  • Cold Food seperti salad, baker, dan snack

Sumber: JURNAL INTRA VOL.2, NO.2, (2014) 421-425

ADD YOUR COMMENT