Bank Mandiri Indonesia

Bank Mandiri Indonesia berawal dengan slogan “Bank terpercaya pilihan Anda” digunakan sejak 2 Oktober 1998 tatkala mulai beroperasi melayani layanan keuangan publik. Kepercayaan kembali harus ditanamkan Bank Mandiri kepada masyarakat sebagai nama bank baru karena berkaitan dengan kondisi moneter pada saat itu.

bank mandiri terbaik indonesia

Pengoperasian PT Bank Mandiri sesungguhnya bukan sebuah usaha perbankan yang baru. Itu adalah sebuah kebijakan Pemerintah Indonesia yang mengharuskan  melakukan merger terhadap empat bank milik pemerintah menjadi satu. Boleh jadi nama Bank Mandiri Indonesia merupakan nama bank baru untuk tahun 1998, namun itu hanya sekedar nama. Di balik itu, salah satu pengalaman Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang sudah ada di tahun 1857 sebagai salah satu pendukung bank Mandiri, merupakan salah satu aset kepercayaan dan pengalaman.

Empat Bank sebelum bergabung, mempunyai riwayat perkembangan yang panjang dalam dunia perbankan di Indonesia serta memiliki peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Masing-masing bank pendukung Bank Mandiri tersebut adalah:

Bank Bumi Daya

Tahun 1959 sebuah perusahaan Belanda De NationaleHandelsbank NV dinasionalisasi. Pada tahun 1964, Chartered Bank milik Inggris juga dinasionalisasi. Kedua bank yang telah dinasionalisasi tersebut dikelola oleh Bank Umum Negara. Kemudian tahun 1965, bank umum negara digabungkan ke Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank Negara Indonesia Unit IV. Tiga tahun kemudian, Unit IV tersebut dipecah menjadi bank independen bernama Bank Bumi Daya.

Bank Dagang Negara

Bank Dagang Negara yang membiayai sektor industri dan pertambangan merupakan hasil nasionalisasiEscomptobankNVtahun 1960. Escomptobank salah satu bank tertua di Indonesia yang didirikan di Batavia(Jakarta) pada tahun 1857 dengan nama Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij. Pada tahun 1949 namanya berubah menjadi Escomptobank NV.

Bank Ekspor Impor Indonesia

Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) berawal dari nasionalisasi tahun 1960 pada perusahaan dagang Belanda N.V. Nederlansche Handels Maatschappij yang berdiri tahun 1842 dan mengembangkan kegiatan di sektor perbankan tahun 1870. Perusahaan ini menjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank Negara Indonesia Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank Negara Indonesia Unit II Divisi Export – Import, yang akhirnya menjadi Bank Exim.

Bank Pembangunan Indonesia

Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) dibentuk sebagai bank milik negara pada tahun 1960 . Bapindo juga merupakan penggabungan Bank Industri Negara (BIN), yang didirikan pada tahun 1951 untuk mendukung pengembangan sektor ekonomi tertentu, khususnya perkebunan, industri, dan pertambangan. Pada tahun 1970, Bapindo ditugaskan untuk membantu pembangunan nasional melalui pembiayaan jangka menengah dan jangka panjang pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata.

Bank Mandiri Indonesia

Penggabungan empat bank milik pemerintah yaitu: Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Pembangunan Indonesia ke Bank Mandiri secara resmi efektif mulai beroperasi sebagai bank gabungan pada pertengahan tahun 1999. Masing-masing bank yang tergabung mempunyai sistem dan segmen yang berbeda, perbedaan tersebut dikonsolidasi dan menghasilkan sebuah platform yang berfokuskan untuk meningkatkan kemampuan di segmen”retail banking”.

Apapun Keinginan Anda, Mandiri Saja. Slogan yang digunakan oleh Bank Mandiri di Indonesia saat ini, seolah membuktikan bahwa perjalanan sebagai Bank terbaik di Indonesia telah dilalui oleh suatu proses dengan sangat panjang. Penyelesaian  program transformasi tahun 2005 sampai 2009 serta bersiap melaksanakan transformasi tahap berikutnya, Bank Mandiri akan merevitalisasi visi dan misi untuk menjadi Lembaga Keuangan yang paling progresif di Indonesia.

 


 

Bank Mandiri mempunyai 829 cabang yang tersebar di Indonesia serta enam cabang di luar negeri. Selain itu, Bank Mandiri mempunyai sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama yaitu Bank Syariah Mandiri, Mandiri Sekuritas, dan AXA Mandiri. Bank Mandiri Terdepan, Terpercaya, Tumbuh bersama Anda

Comments
  1. bank mandiri emang manteep banget,,
    good luck buat kontesnya ya..

  2. Waah artikelnya bagus sekali, semoga dapat peringkat yang hebat juga yaa
    aamiin

    salam berbagi