Cara Melakukan Sablon Kaos Untuk Pemula

Sablon kaos adalah salah satu keahlian yang bisa membuat Anda menjadi seorang pengusaha. Karena usaha sablon kaos memang tidak pernah berhenti memberikan keuntungan, pasalnya ada banyak orang yang selalu membutuhkan sablon kaos. Sebaiknya jika Anda ingin menggeluti dunia sablon kaos maka Anda juga secara langsung mencoba belajar bagaimana caranya melakukan sablon kaos.

Dengan tahu cara menyablon kaos secara manual maka Anda akan lebih mendalami kegiatan ini sehingga saat Anda membuka sebuah usaha, maka Anda akan lebih profesional sebab Anda sendiri sudah bisa melakukan sablon kaos sendiri. Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat hendak melakukan sablon kaos, berikut informasinya:

Cara Melakukan Sablon Kaos Untuk Pemula

Cara Melakukan Sablon Kaos

Persiapan Sablon Kaos

Tentunya pada saat Anda hendak belajar sablon kaos maka pertama kali Anda harus menyiapkan segala macam alat dan bahan yang akan digunakan untuk sablon kaos tersebut. Beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan yang pertama adalah kaos dengan warna putih atau pun warna terang. Kedua, Anda juga membutuhkan sebuah papan dari tripleks yang ukurannya sama besarnya dengan ukuran kaos yang akan disablon. Ketiga, Anda perlu menyiapkan sebuah screen yang telah diafdruk dengan gambar yang akan disablon ke kaos tersebut. Kemudian Anda juga membutuhkan rakel, tinta sablon untuk tekstil, plastik dan juga lakban serta kain katun yang sudah tidak dipakai atau kain perca. Jangan lupa juga untuk menyediakan air sebanyak yang Anda butuhkan.

Proses Mencetak Sablon

Setelah itu Anda bisa langsung melakukan cetak sablon kaos, Anda harus meletakkan tripleks tadi ke dalam kaos agar tinta tidak meresap ke sisi kaos yang satunya. Posisikan screen sesuai dimana Anda ingin mencetak gambar tersebut. Jika ada lebih dari satu gambar yang akan dicetak pada kaos maka gambar lainnya sebaiknya ditutup dahulu dengan lakban. Tuangkanlah tinta pada bagian atas gambar dan tariklah tintanya tersebut ke arah bagian bawah dari gambar menggunakan rakel dengan sekali tarikan saja. Jika Anda hanya menginginkan satu warna saja pada bagian gambar yang disablon maka tugas Anda sudah selesai. Jika masih ada warna lainnya maka kerjakan lagi sablon kaos di tempat warna itu akan disablon.

Baca juga tentang Jenis-jenis Meja Sablon yang Digunakan pada Umumnya

Setelah Mencetak Sablon

Setelah Anda melewati bagian sablon kaos maka Anda harus melangkah ke bagian selanjutnya, dimana Anda bisa melakukan beberapa proses. Pertama adalah proses pengeringan. Anda bisa mengeringkan tinta tersebut dengan cara mengipasinya atau menjemurnya. Kedua, proses curing ini adalah proses pemanasan pada tinta yang sudah dicetak dengan menggunakan suhu tertentu. Kemudian ada juga proses burning, dimana tinta yang telah dicetak pada kaos akan kembali dipanggang sehingga benar-benar sempurna dan menempel pada kaos serta tahan lama. Secara garis besar itu adalah beberapa tahapan yang akan Anda lakukan saat Anda melakukan sablon kaos secara manual. Jika latihan dengan baik, maka sebenarnya sama sekali tidak susah untuk melakukan sablon kaos dan terus belajar tentang Ragam Pilihan Sablon Kaos.

 

Melakukan Sablon Kaos Untuk Pemula – Lentera Kecil


Artikel lain yang perlu dibaca :

Comments
  1. hygmatic

    ingin kaos desain sendiri dan berkualitas? yuk kunjungi http://www.hygmatic.com menyediakan kaos polos dengan harga grosiran dan jasa print.

ADD YOUR COMMENT