Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Enak Dibaca

Pengertian artikel secara luas adalah tulisan atau karangan bebas yang tidak terikat oleh pola-pola tertentu yang biasanya digunakan dalam media baik media baik media cetak atau offline atau online. Pada hakekatnya tulisan artikel sejenis dengan tulisan yang disebut opini, kolom, resensi dan lain-lain. Perbedaan nama itu terjadi karena terdapatnya perbedaan teknis dalam pembuatannya atau bidang kajian yang digunakannya.

Artikel dapa disebut juga karya tulis ilmiah populer karena bahasanya bisa diserap oleh semua kalangan seperti contoh artikel-artikel yang ada di opini surat kabar harian baik nasional maupun regional. Karena terdapat kesamaan beragam nama tulisan itu namun pada hakekatnya sama.

Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Enak Dibaca

Membuat Artikel Yang Baik

Bagaimana cara membuat artikel yang baik, bagus, cantik, indah, manis, enak dibaca atau apapun istilah lainnya?

Untuk memahami hakikat tulisan atau karangan bebas apakah itu esai atau resensi opini atau artikel dan atau karangan bebas yang lainnya maka prinsip-prinsip dasar menulis artikel ini berguna, juga bagi prinsip dasar tulisan yang lain.

Hakikat karya tulis adalah menyodorkan argumentasi jadi apabila mau menulis artikel tentu saja bukan sekedar menulis tetapi kita menyodorkan berbagai alasan berbagai argumen yang kita sodorkan, sehingga para pembaca bisa mendapatkan informasi dan ilmu yang baik dari tulisan itu.

Persyaratan membuat tulisan yang baik yaitu enak dibaca dan perlu, semestinya mempunyai unsur-unsur berikut ini:

1. Menggunakan tata bahasa dan gaya bahasa yang masuk akal. Masuk akal maksudnya bahwa bahasa itu tentu saja mudah diterima oleh para pembacanya.

2. Analitis dan di dalam analitis ini kita memberikan, menyuguhkan paparan baik itu secara deskripsi, narasi maupun eksposisi kepada pemirsa ataupun kepada para pembaca

3. Artikel sebaiknya memberikan pandangan sendiri dan memberikan solusi memberikan arahan, memberikan saran di dalam tulisan tersebut sehingga para pembaca mendapatkan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan juga yang lain (pembaca)

4. Artikel disampaikan secara runut dengan metode deduktif atau induktif. Jadi boleh dari umum dulu kemudian ke khusus atau dari khusus ke umum. Itu boleh saja terserah itu bagaimana gaya kita.

5. Artikel disertai data dan fakta baik hasil penelitian maupun pengamatan disekitar lingkungan. Ini maksudnya, fakta atau data itu bisa berasal dari hasil penelitian. Bisa penelitiannya PPK, penelitian murni, skripsi, disertasi atau apa saja. Atau Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di lipi atau di mana saja. Bisa juga dari pengamatan di sekitar lingkungan, sekolah, di masyarakat maupun di mana saja.

Untuk membuat artikel di website sebaiknya tulisan asli hasil karya sendiri, tidak boleh karya orang lain. Kalau pun mengutip harus disebutkan kutipan dari mana, apakah melalui buku, dari koran atau majalah ataupun bisa juga dari televisi atau mungkin saja di mensos itu harus dicantumkan.

Kemudian panjang artikel blog sebaiknya minimal 300 kata sampai 1000. Atau disesuaikan seperti artikel “Pertalite Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan” yang mencapai 1600 kata lebih. Yang terpenting informasi dapat disampaikan dengan jelas.

 

Cara Membuat Artikel Yang Baik – Lentera Kecil


Artikel lain yang perlu dibaca :

ADD YOUR COMMENT