Cara Mencari NISN Secara Online

Artikel Cara Mencari NISN Secara Online telah diupdate Desember 2016 dari arsip asli 5 Desember 2012 sehubungan dengan  NISN sekarang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan yang melayani sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional. NISN menerapkan sistem komputerisasi terpusat dan dapat diakses online oleh masyarakat dan telah sinkron dengan aplikasi dapodik.

Perlu diketahui bahwa mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) atau Data Siswa secara online lewat internet adalah untuk mengetahui atau mengecek apakah NISN sudah sesuai dengan kebenaran data siswa? Jika siswa sudah mengetahui NISN yang telah diberikan oleh sekolah, bisa melihat langsung data siswa yang ada di pusat kemendikbud. Cukup menginput NISN pada situs nisn.data.kemendikbud. Apabila ada kesalahan data siswa bisa segera memberitahu ke operator sekolah untuk memperbaiki, mengingat NISN akan terus digunakan selamanya.

Namun jika siswa ingin mengetahui NISN-nya karena lupa dan segera ingin mendapatkan untuk sesuatu hal, maka bisa menggunakan cara mencari NISN online. Siswa cukup menginput data siswa dengan lengkap dan benar pada situs nisn.data.kemendikbud. Sebenarnya yang paling mudah adalah bertanya langsung ke sekolah (operator sekolah) karena memiliki akses data siswa di dapodik.

Jika NISN maupun data siswa sudah diinput dengan benar di aplikasi dapodik oleh operator sekolah maka data-data akan ditampilkan, namun jika NISN tidak tampil ada beberapa penyebab. Dapat dibaca di sini Mengapa NISN Data Siswa Tidak Keluar

Cara Mencari NISN Secara Online

Cara Mencari NISN Secara Online

Cara mencari NISN adalah dengan berkunjung ke website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.  Pada website tersebut, Anda akan dipandu untuk mencari NISN atau Data Siswa lewat internet.

Ada dua pilihan menu Cara mencari NISN Data Siswa online, yaitu:

Cara mencari berdasarkan NISN untuk melihat Data Siswa, dengan cara memasukkan NISN siswa.

mencari-Data-Siswa-berdasarkan-NISN

mencari Data Siswa berdasarkan NISN

Cara mencari berdasarkan Nama untuk melihat NISN, dengan cara memasukkan nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir (format: tanggal/bulan/tahun) misalnya: 01/12/2000

mencari-NISN-berdasarkan-nama

mencari NISN berdasarkan nama

Cek NISN Online Melalui Aplikasi Android

Saat ini pencarian olnine semakin mudah dengan adanya aplikasi android Cek NISN.  Aplikasi ini berfungsi untuk Cek NISN Siswa yang ada di Database web NISN tersebut. Sehingga data yang ditampilkan adalah data Valid yang ada di Web Resmi Kemendikbud. Aplikasi ini dapat diunduh pada play.google.com

Ada 3 metode yang dapat dilakukan untuk Cek NISN Siswa dengan aplikasi ini, yaitu:

  1. Dengan mengetik Nomor NISN Siswa
  2. Dengan Scan QR Code yang ada di kartu NISN Siswa
  3. Dengan mengetik Nama Siswa

Cek NISN Online Melalui Aplikasi Android

 

Jika dalam mencari NISN dan Data Siswa online tidak membuahkan hasil, kemungkinan data belum di-entry, masih diproses atau kesalahan memasukkan data pencarian. Mengapa Data Siswa NISN tidak keluar ?

 

Cara Mencari NISN Secara Online – Lentera Kecil


Artikel lain yang perlu dibaca :

Comments
  1. Maaf Komentar ditutup karena terlalu banyak, sedangkan kuota disk space terbatas. Hampir 90% komentar mengeluhkan NISN tidak ada di data online, namun lentera kecil tidak dapat berbuat banyak karena artikel ini hanya informasi cara mencari NISN secara online. Sedangkan ada tidaknya NISN online tanggung jawab kemendikbud selaku pengelola.

    Semoga beberapa komentar yang ada dibaca oleh yang pihak terkait.

  2. lulu

    gue jug mo liat nisn murid gue sob tapi g isooooooooo