Cara Mudah Membuat Blog Sekaligus Penghasilan

Saat ini dunia blogging semakin ramai dengan banyaknya orang membuat blog baru, entah itu yang layanan gratis maupun berbayar. Koneksi internet yang semakin maju ikut menunjang cara membuat dan mengelola blog yang semakin mudah, cepat dan murah. Oleh karena itu, tujuan orang membuat blog pun bermacam-macam, mulai dari hanya sekedar sharing online, hingga sengaja mencari penghasilan melalui blog di internet.

blogsaya konsep baru

Saya jadi teringat ketika pertama kali saya membuat blog Lentera Kecil ini. Sebelumnya saya pernah membuat blog dengan memanfaatkan layanan blog gratis namun dapat dikatakan membuat sebuah blog tanpa makna. Artinya saya hanya membuang waktu, tenaga dan biaya tanpa ada arah dan tujuan ngeblog. Lantas, saya pun mencoba mengubah kebiasaan tersebut agar menjadi  sesuatu yang bermanfaat bagi saya maupun orang lain.

Barulah pada 16 Juni 2011, setelah membuat 4 artikel, saya mencoba membuat tulisan sendiri dan sekaligus mencoba keberuntungan untuk mendapat penghasilan dengan mengikutkan artikel pada kontes menulis review yang diadakan oleh Kliksaya.com. Dengan judul “Belajar menulis di blog (bisa) dapat uang” opini saya tersebut saya daftarkan. Sayangnya, saya belum punya pengalaman ngeblog, jadi isinya hanya berdasarkan rekaan semata. Hasil keputusan pemenang, nama saya tidak ada.

Namun, dari Kliksaya.com juga, akhirnya saya mengenal yang namanya PPC sebagai alternatif mencari uang lewat blog yang saya miliki. Sayangnya lagi, pengajuan blog LenteraKecil.com sebagai penayang iklan (publisher) ditolak karena blog belum memiliki trafik yang cukup. Saya maklum karena blog masih baru dibuat. Dengan kurang beruntungnya tulisan review dan penolakan publisher tersebut, membuat saya lebih semangat belajar membuat blog dengan benar sekaligus belajar tentang SEO agar dapat mendatangkan trafik kunjungan.

Cara Mudah Buat Blog Sekaligus Penghasilan

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, saat ini semakin banyak blogger yang ingin mencari tambahan penghasilan bahkan ada yang berniat menjadikan penghasilan utama melalui blog yang dimiliki. Banyak artikel, komentar, diskusi tentang bagaimana me-monetize blog yang diulas di blog maupun forum. Namun, setelah saya amati juga, banyak keinginan blogger mendapatkan penghasilan tersebut secara instan atau segera. Padahal itu memerlukan proses, apalagi sebagai blogger pemula seharusnya bersabar dan perlu belajar banyak cara membuat blog.

Ternyata, saya melihat ada sebuah layanan pembuatan blog yang sangat-sangat menarik, bahkan baru kali ini saya temui di Indonesia. Saya menganggap layanan ini bisa mengakomodir keinginan blogger pemula maupun blogger yang patah semangat karena keinginan mendapatkan penghasilan dari blog belum terwujud. Layanan ini adalah BlogSaya.Com.

Ada banyak layanan blog gratis di internet yang dapat digunakan, namun apakah ada yang memberikan penghasilan langsung saat blog tersebut selesai dibuat? Kemungkinan ada, akan tetapi mengingat banyaknya layanan yang tidak dapat diketahui kesemuanya di internet, terlebih yang berbahasa asing, sulit juga menemukannya.

Justru saya menemukan layanan blog dari Indonesia, yakni layanan membuat blog dengan mudah dan gratis sekaligus mendapatkan penghasilan dari blog tersebut dengan iklan yang ada. Artinya, kita tidak perlu lagi mengajukan permohonan menjadi publisher agar blog dapat menayangkan iklan di blog yang dibuat. Umumnya permohonan menjadi publisher harus melalui persyaratan tertentu yang otomatis setelah membuat blog masih ada langkah selanjutnya agar dapat diterima sebagai publisher, seperti pengalaman saya terdahulu.

BlogSaya.Com memberi layanan berbeda, setelah mendaftar untuk mendapatkan blog gratis, blog baru tersebut akan langsung muncul iklan meskipun blog belum ada artikelnya serta masih dalam kondisi setting-an default. Saya sudah mencoba, dan ini hasilnya:

kanal blogsaya.com

Tampilan awal setelah blog dibuat sudah ada iklannya.

Iklan langsung tampil, tanpa saya mengajukan permohonan menjadi publisher. Seandainya iklan tersebut di klik (tapi mohon jangan dilakukan sendiri) maka otomatis saya sudah dapat penghasilan. Sesuatu yang tidak saya temukan ketika pertama kali belajar membuat blog.

Pada kolom atas halaman BlogSaya.Com terdapat menu “JELAJAHI BLOGSAYA” yang saya coba klik ternyata berisi postingan-postingan terbaru yang ada pada seluruh blog di layanan blogsaya. Menu ini yang membuat blogsaya.com menjadi layanan blog dengan menggabungkan blog dan sosial media yang mulai banyak diterapkan pada layanan blog. Dengan adanya menu “Jelajahi Blogsaya” akan tahu postingan menarik dari blog-blog yang sudah ada.

jelajah blogsaya

Bagi pemilik blog, tentu ini merupakan hal yang menguntungkan, terutama bagi blogger pemula yang mungkin belum bisa mendatangkan trafik kunjungan dari mesin pencari atau sumber lalu lintas yang lain. Saya yakin jika artikel tersebut menarik dan bermanfaat akan mendapat kunjungan dari member lain, dan kemungkinan bisa jadi sumber referensi.

Satu lagi, postingan yang tampil di “Jelajahi Blogsaya” sepertinya dilakukan secara manual. Terbukti setelah saya membuat artikel, postingan saya belum ada di halaman “Jelajahi Blogsaya”. Bagus juga jika dilakukan secara manual karena bisa menangkal artikel tidak berkualitas atau cuma menyebar spam saja. Selain itu admin akan menyeleksi blog mana yang sering melakukan pelanggaran. Hanya saja, jika member dan blog sudah banyak, barangkali admin perlu kerja keras untuk menyeleksi, selain itu jika admin menerapkan jam kerja, postingan pada hari libur atau malam hari akan tertunda tampil di halaman “Jelajahi Blogsaya” yang artinya kesempatan artikel dilihat member lain juga tertunda.

Pengaturan Blog Yang Begitu Mudah

Sudah banyak layanan blog gratis yang saya manfaatkan serta banyak platform maupun CMS yang telah saya coba. Untuk layanan BlogSaya.Com begitu mudah tanpa ribet, mulai dari proses pendaftaran sampai dengan blog diterbitkan.

Yang perlu dilakukan adalah mendaftar. Cobalah sendiri dengan link ini: mendaftar blogsya.com. Halaman pendaftaran akan tampil dengan simple namun menarik. Cukup hanya dengan mengisi Nama, Email dan Password kemudian klik DAFTAR, kita akan langsung dibawa ke halaman Buat Akun Berhasil. Akun anda telah terdaftar, silahkan klik disini untuk masuk ke dashboard Anda.” Halaman dashboard telah siap digunakan namun perlu verifikasi email agar layanan berfungsi dengan baik. Sangat mudah.

halaman pendafyaran blogsaya.com

Halaman dashboard BlogSaya.Com cukup simple dan ini yang paling saya sukai. Yang paling penting bagi saya adalah menu-menu utama harus dapat dilihat dengan cepat serta mewakili keseluruhan isi. Tampilan dashboard BlogSaya.Com sudah mewakili seperti Ringkasan Aktivitas Blog, Statistik pendapatan iklan, Statistik referal serta Grafik View Blog. Belum pernah saya temukan di layanan blog gratis lain karena ada fitur statistik iklan dan referal.  

dasboard blogsaya

Saya rasa sangat mudah dipahami bahkan oleh blogger baru sekalipun. Untuk pengaturan akun dan blog, terdapat pada menu pengaturan. Di sini kita dapat mengubah profil akun serta tampilan blog yang diinginkan.

pengaturan blogsaya.com

menu pengaturan blogsaya.com

Untuk memulai membuat blog, pada dashboard klik tombol +blog baru yang ada di kanan atas, kemudian akan menuju halaman Buat blog baru. Seperti yang saya katakan di atas bahwa layanan ini gratis termasuk domain. Kita akan mendapatkan subdomain dari BlogSaya.Com. Silahkan isi judul blog serta alamat blog yang diinginkan. Jika nama belum digunakan member lain, Anda beruntung, nantinya blog baru anda akan seperti ini: kanal.blogsaya.com. Jangan lupa memberi deskripsi singkat blog.

Setelah blog dibuat, nama blog baru tersebut akan muncul pada dashboard namun masih dalam kondisi settingan default. Jika ingin mengubah tampilan, pada menu pengaturan kolom Blog, pilih tema. Saat ini terdapat 62 tema menarik yang bisa anda pilih dan telah responsive agar enak dilihat dari perangkat mobile. Namun, kita tidak dapat mengedit tema yang ada agar lebih sesuai dengan keinginan.

tema blogsaya.com

Untuk mengubah posisi menu pada tema yang ada, baik itu di header maupun sidebar, gunakan menu pengaturan blog, pilih tata letak. Menu di header secara default ditampilkan 4 menu yaitu Posting , Gambar, Album, Kategori. Atur sesuai kebutuhan dan jika ingin menambahkan halaman About, Privasi, Kontak dan sebagainya, buatlah terlebih dahulu page atau halaman di menu dashboard, nanti secara otomatis akan ditambahkan di tata letak – ubah menu.

Sedangkan pilihan widget di sidebar hanya ada 6 yaitu Tentang Blog, Arsip, Kategori, Posting Terbaru, Komentar Terbaru dan Link. Menu-menu tersebut bisa digunakan atau dihapus. Sayangnya kita tidak dapat membuat widget lain selain pilihan yang ada, setidaknya ada widget HTML agar bisa menampilkan gambar atau keperluan yang lain. Sedangkan tampilan iklan otomatis sudah di setting dan kita tidak bisa mengubah letak posisinya.

Semua menu dan istilah menggunakan bahasa Indonesia sehingga dengan mudah dapat dipahami. Pengalaman menggunakan platform blog atau CMS, biasanya saya akan berusaha mencoba semua fitur yang ada. Untuk blogsaya.com menu-menu yang ada termasuk sangat sederhana sehingga memudahkan blogger pemula untuk segera dapat memiliki blog dan mem-posting apa yang menjadi tujuan membuat blog.

Jika masih menemukan kesulitan, ada panduan lengkap (FAQ) yang dapat dikuti dengan mudah. Masih belum jelas, ada fasilitas Kontak yang dapat dihubungi, untuk siapa saja.

Memulai Ngeblog

Setelah tampilan blog selesai dan sesuai dengan keinginan kita (jika kurang cocok, dapat diubah lagi) saatnya memulai membuat postingan. Dari dashboard, lihat navigasi menu yang ada di sebelah kiri.

  • Pilih menu “Posting”
  • Pada halaman daftar posting, di kanan atas klik tombol “Tambah Posting” 
  • Kemudian muncullah visual editor blog.
  • Ikuti langkah selanjutnya dan klik tombol “Publikasikan” jika artikel telah selesai.

Bagi pengguna drupal atau yang lainnya, tentu tidak asing lagi dengan halaman editor yang ada di blogsaya,com karena menggunakan CKEditor. Bagi pemula pun tidak akan kesulitan membuat postingan dengan editor ini, simple dan mudah. Namun, mungkin ada sedikit masalah jika akan memasukkan gambar ke dalam postingan, sedikit merepotkan karena harus upload terlebih dahulu di menu tambah gambar.

Tips:  Sebelum membuat postingan, jika ingin memasukkan gambar atau foto ke dalam artikel sebaiknya upload terlebih dahulu gambar tersebut melalui menu Gambar atau gunakan url gambar dari situs lain. Juga untuk kategori post, buat terlebih dahulu kategori yang diinginkan di menu Kategori. Dengan demikian ketika membuat postingan tidak perlu mengedit kembali.

Nah ini yang menarik. Setelah postingan berhasil dibuat, pada halaman artikel tersebut akan tampil iklan di atas dan di bawah postingan selain di sidebar atas. Letak posisi iklan yang strategis, namun sayangnya iklan belum responsive sehingga tampilan iklan di atas dan di bawah postingan kurang nyaman dan kita tidak dapat mengatur posisi agar pas, misalnya: center.

cara buat blog

Kalau hanya sekedar membuat blog baru yang sekaligus menghasilkan uang, saya rasa bagi pemula sudah lebih dari cukup, apalagi blog dapat di indeks dengan baik oleh Google. Layanan ini merupakan salah satu cara mudah membuat blog bagi yang ingin memiliki blog dengan gratis sekaligus ingin mendapatkan penghasilan dengan cepat.

Yang terpenting adalah, buatlah postingan atau artikel yang bermanfaat bagi pembaca dengan tulisan yang menarik dan enak dibaca. Konten adalah raja. Abaikan SEO terlebih dahulu jika memang belum benar-benar paham. Konsentrasi ke tulisan yang berkualitas sehingga pengunjung blog betah membaca dan mengharap ada tulisan lain yang menarik untuk dibaca. Sambil berjalan, pelajari dasar-dasar SEO kemudian terapkan agar blog dapat bagus di mesin pencari yang akan mendatangkan pengunjung. Selain itu, promosikan blog ke rekan anda di media sosial, forum, dan lain sebagainya. Tapi ingat jangan melakukan spamming yang justru dapat menghancurkan blog.

Blog baru ini telah dilengkapi dengan script iklan dan referal. Dengan semakin banyak pengunjung dan pengikut blog, akan semakin berpeluang besar mendapatkan penghasilan. Dan yang penting, iklan yang ada di blogsaya.com merupakan kerja sama dengan Kliksaya.com yang sudah cukup lama bermain di internet advertising, untuk itu jangan klik iklan sendiri, bekerja sama dengan pihak lain untuk meng-klik iklan atau meminta pengunjung atau pihak lain untuk meng-klik iklan. Buat saja konten yang menarik agar pengunjung banyak dan betah.

Menurut saya dan mungkin beberapa para master SEO, masih ada beberapa kelemahan untuk menjadikan blog ini agar bisa lebih powerfull lagi. Tidak adanya fitur pengisian kode webmaster, alexa atau yang lainnya, akan kesulitan mengoptimasi menggunakan tools online. Yang ada cuma Kode Google Analytic dan saya coba memasukkan kode webmaster tidak berfungsi. Selain itu, tema yang tidak dapat diedit akan kesulitan jika ingin membuat artikel terkait, breadcrumb, dan sebagainya atau ingin tampilan blog tidak sama dengan member lain. Mungkin kedepan bisa ditambah.

Sekilas Tentang BlogSaya.Com

BlogSaya.Com hadir memberikan layanan bagi blogger di Indonesia dengan satu konsep yang menarik yaitu pembuatan blog gratis namun sekaligus penghasilan. Blogger tidak lagi harus bersusah payah membuat blog dalam kurun waktu tertentu agar blog-nya bisa memperoleh penghasilan. Ketika selesai mendaftar, saat itu juga blogger memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tak terbatas bahkan selamanya lewat program referal.

Selanjutnya blogger hanya perlu membuat artikel menarik agar dapat menarik pengunjung blog sebanyak-banyaknya dan sistem BlogSaya.Com akan memasang iklan pada blog secara otomatis sehingga dapat menghasilkan komisi dari iklan tersebut.

BlogSaya.Com seratus persen Indonesia. Dengan lokasi kantor di Jl. Ruko Graha Boulevard, BLOK B no 22 Gading Serpong, Tangerang, BlogSaya.Com memberikan layanan kepada masyarakat luas untuk membuat blog dengan mudah dan gratis. Sesuatu yang banyak didambakan blogger pemula. Bukan hanya mudah dan gratis saja, ada tambahan menarik lagi yaitu blog langsung dapat menghasilkan uang terus menerus asalkan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

Sekapur Sirih Bagi Blogger Pemula

Meskipun sekarang terdapat fasilitas yang jauh lebih baik dibandingkan saat saya pertama kali mengenal dunia blogging, namun kesemuanya kembali pada diri masing-masing. Bagaimana pun semua kesuksesan membutuhkan proses yang panjang. Demikian juga dengan ngeblog. Cepat atau lambat kesuksesan sebuah blog tergantung niat, usaha dan ketekunan yang dibarengi dengan do’a.

Layanan BlogSaya.Com ini tidak akan menjamin Anda secara pasti untuk mendapat penghasilan besar secara instan, sekarang daftar besok dapat uang. Namun, fasilitas ini memungkinkan Anda memperoleh pendapatan lewat blog dengan cara yang mudah dalam arti; kemudahan memperoleh sebuah blog; kemudahan mengelola blog dan kemudahan menjadi publisher untuk mendapatkan komisi dari iklan kliksaya.com. Sebuah kemudahan yang harus dibarengi dengan usaha yang keras. Semua terserah Anda, jadi pemenang atau jadi pecundang.

Saya telah mencoba, bagaimana dengan Anda? Mau mencoba layanan blog yang menarik ini?

 

UPDATE:

Situs Kliksaya dan blogsaya tidak dapat di akses http://lenterakecil.com/situs-ppc-kliksaya-com-tidak-dapat-diakses/

 


Artikel lain yang perlu dibaca :

Comments
  1. Terimakasih infonya mas, lagi semangat bikin blog juga nih

  2. saya meluncur mas, thanks ya.

  3. Makasih info nya min..

  4. Mantab nih infonya.
    Tulisannya panjang banget 🙂

  5. vivi

    Tulisan mengenai Blog cukup jelas dan tersusun dengan tahapan yang terinci, ini memudahkan para newbie untuk memulai belajar menulis dan memicu semangat untuk mengisi konten blognya dengan artikel yang berkualitas…. terima kasih

  6. Harus belajar banyak ini jadinya biar bisa penghasilan juga

  7. Langsung coba ah gan kali aja cocok nnanti, kalo gak ccok bisa buat dummy aja deh hehehe

  8. Konsep blog yang menarik bagi pemula. Siapa mau ikut….

ADD YOUR COMMENT