Contoh SK Pengangkatan Operator Sekolah

menjadi operator DapodikContoh SK (suratKeputusan) Pengangkatan Operator Sekolah ini dapat sebagai acuan bagi kepala sekolah untuk mengangkat tenaga operator sekolah. Mengingat saat ini tugas operator sekolah kian bertambah berat.

Pada awalnya, tugas operator sekolah dapat dilakukan oleh staf atau guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah dalam menjalankan tugas yang berkaitan dengan kependidikan secara online maupun offline (Dapodik).

Namun seiring bertambahnya tugas yang diemban oleh operator dalam menjalankan tugasnya saat ini dan kemungkinan yang akan datang semakin berat, perlu dipikirkan lagi bagi kepala sekolah untuk membuat SK Pengangkatan Operator Sekolah.

Saat ini, Kemendikbud mengadakan update data NUPTK untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di PADAMU NEGERI (Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan RepublikIndonesia). PADAMU NEGERI merupakan Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan – Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP).

Jika tenaga operator sekolah masih dirangkap oleh staf atau guru, bisa jadi tugas utama menjadi terbengkalai oleh aktivitas online data pendidikan. Selain itu, sistem ini bersifat online, maka beban biaya akan bertambah untuk akses internet.

Selain itu, di beberapa sekolah, terutama sekolah pelosok atau daerah, belum tentu ada PTK yang menguasai Iptek (komputer dan internet), maka kepala sekolah seyogyanya mengangkat tenaga Operator sekolah untuk tugas-tugas data kependidikan.

Berikut Contoh SK (suratKeputusan) Pengangkatan Operator Sekolah yang bisa menjadi contoh. Meski tidak ada ketentuan yangbaku, setidaknya dapat menjadi gambaran kepala sekolah untuk membuatsuratkeputusan untuk tenaga operator.

Lihat Contoh SK (suratKeputusan) Pengangkatan Operator Sekolah

Download Contoh SK (suratKeputusan) Pengangkatan Operator Sekolah

Sebagai acuan penggunan dana BOS dapat dilihat di sini

 

 

Comments
  1. iya ni ,,,,saya sdh 2 thn jadi ops se senpun blom pernah ada tuh gaji yg di kasi kepala sekolah ku,,padahal,,kerjanya amboi,,ampe bikin mencret hahaha. sepertinya pemerinrah harus memperhatikan ini,,,buat para ops,,kira2 kita bisa melakukan apa yach biar keringat kita di hargain,,

    • lho kok mau? padahal ada dana BOS

      • sangat memprihatinkan duka @Abdullah Bada, padahal pemerintah sudah menganggarkan Dana BOS untuk OPS, dengan catatan tiap input data siswa dihargai 2500 rp, dan input guru dan Tendik, dihargai 20.000rp, nah kalau demikian, ditanyakan langsung sama kepsek atau pengelola BOS 2015 di satuan pendidikannya, salam tabe

  2. fitri

    sya brharap dg adnya sk ops kepsek dan guru lainya lbh menghrgai betapa beratnya tgs opr.slain itu pemernth jg memperhatikan nasib para ops.tanpa ada ops pendataan ptk tk akn bisa lancar.

  3. iya nih,,,, kapan ya OPS dapat tunjangan khusus dari pemerintah. dan pemerintah sudah lama tau tapi hanya seolah-olah perduli dan gak ada perubahan.

  4. iya nih,,,, kapan ya ada tunjangan honor khusus OPS dari pemerintah….
    mudah”an pemerintah hati nuraninya terbuka….

  5. merdit aritonang

    amin…..mudah2n OPS makin diperhatikan oleh pemerintah:)