Contoh Soal Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012

Contoh Soal Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012

Sebenarnya untuk contoh soal yang akan diujikan  pada Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012 tahap awal nanti  masih merupakan rahasia. Kepala LPMP Jatim sendiri, belum melihat bentuk dan contoh kongkritnya. Hanya secara garis besar, uji kompetensi awal merupakan dasar dari kemampuan profesional guru sesuai dengan pedoman, tuntunan, peraturan kemdiknas dll, tentang profesionalisme guru.

Perlu diingat, materi Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012 tahap awal adalah menitik beratkan pada kemampuan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Jadi kemungkinan soal yang sama berlaku pada semua jenjang tingkat sekolah, mulai TK sampai SMA.

Nanti setelah lolos Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012 tahap awal kemudian mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) maka nanti akan ada uji kompetensi akhir sesuai dengan materi yang telah disampaikan sewaktu mengikuti PLPG

 

Contoh Soal Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012

 

Yang banyak beredar di internet saat ini adalah Soal Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru tahun lalu sebagai ujian akhir uji kompetensi. Namun tidak ada salahnya apabila calon penerima sertifikasi guru 2012 mempelajari sebagai bahan materi.

Contoh soal meliputi: 

Soal Ujian Materi Pedagogik, Soal Uji Kompetensi Pedagogik, Soal Uji Kompetensi Sosial, Soal Uji Kompetensi Kepribadian

Berikut Contoh Soal Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru:

Silahkan dilihat di sini (jendela baru).

 

Apabila belum memiliki dan ingin mendownload Contoh Soal Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru,

Satu berkas (rar) berisi 4 file (3.72 MB)

Download lewat ziddu :

Download lewat Mediafire:

 

Sebenarnya saya ingin membantu sepenuh hati terhadap rekan guru yang akan mengikuti Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012 tahap awal, tapi keterbatasan kemampuan lenterakecil.com benar-benar kecil. Mohon maklum.

Semoga berkenan dan membantu.

 


Tag artikel: ,
Kategori: Pendidikan
88 komentar » Contoh Soal Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012
  1. ODODOGO LASE mengatakan:

    Mohon dikirm soal – Ujian UKG Tahun 2013

  2. soleh abdul rahman mengatakan:

    UK BAGUS SEKALI YANG PENTING BUKAN HANYA TEORI TAPI REALITA/ PRAKTEK DALAM KEGIATAN SEHARI HARI AGAR PROFESIONAL TERUTAMA TITIK BERATNYA HASIL OUT PUT SISWA SEHINGGA INI YANG DISEBUTSDENGAN GURU PROFESIONAL

  3. Aryana Wibisana mengatakan:

    Mkasih, atas semuanya, tolong dikirim Modul / bahan ajar PLPG untuk guru TK

  4. yut mengatakan:

    soal ne nengendi?

  5. Abdul hafis mengatakan:

    tlg dikrimkan kta contoh soal ukg dan jawaban

  6. isma mengatakan:

    mau soal uka sd 2013…kunjungi blog focus-inter.blogspot.com/

  7. selvi mengatakan:

    aku peserta sertifikasi tahun 2013 untuk garu SD tolong dong
    tolong kirim prediksi soal ukg . makasih

    salam

    Papua

  8. epik mengatakan:

    mohon di kirim contoh soal ukg sd

  9. undink mengatakan:

    mas gw udah donlot conntoh soalnya..gw heran udah ada jawabannya..terima kasih sebelumnya, tapi yg sy mo tanyakan apa jawabannya itu udah benar ato gimana mas..
    ?

  10. lamarius mengatakan:

    coba uk dan ukg nya dibuat di sesuaikan dengan guru dan latar pendidikan guru tersebut agar jangan menimbulkan korban guru mecari kesejahteraan menjadi korban

  11. iskandar mengatakan:

    Kami sangat mendukung dgn ujian sertifikasi guru tdk jauh dari pada tujuanx utk meningkatkan kwalitas dan professional
    dan keperbadian seorang guru yg di kenal dlm msyarakat ibu/pak guru cuman dlm peleksanaan ujian ini terbatas dan sangat terbatas waktu yg relatif singkat dan tiba yg tanpa materi jauh sebelumx memang sudah terbiasa dilaksanakan disekolah namun seharus kami memiliki peluruh jika hendak berperang dgn ujian inilah harapan kami untuk sebagai bahan dari bapak penelolah ujian SERTIFIKASI GURU

  12. yuyun yunita mengatakan:

    ada alamat web untuk soal uji kompetensi guru sd gga ya?? tlong d share

  13. Anthon Panggau mengatakan:

    minta soal.y dunkkk!!!!!!!!

  14. abah epul mengatakan:

    Thanks and best regards

  15. richard kisway mengatakan:

    nunggu tunjngan profesi untuk bayar kuliaan anak2ku setelah cair eh eh…. ternyata potongan hampir 25 persen wah kecewa gua ha.. ah….ah. pa metri tolong tunjangan profesi atau lain langgung dari pusat langsung ke rekening guru aje.. biar ngga ada potongan liar Pa. makasih pa.

  16. richard kisway mengatakan:

    uji kompetensi guru tidak akan mampuh meningkatkan profesionalime guru. profesionalime guru terkait dan sangat di pengaruhi oleh faktor2 multidemensional. diantaranya manajemen pengeloaan guru, sarana prasarana, perlindungan terhadap guru secara nyata, hak – hak guru yang jelas, transparan, alat peraga, dan lain lain.

  17. mujayadi mengatakan:

    memang enak jadi pejabat pembuat kebijakan, coba kalau dia menjadi obyek dari kebijakan…

  18. aswad mengatakan:

    ass…wb tolong dikirim bentuk soal ujian kompetensi guru penjaskes sd dan kunci jawaban kunci jawabannya trims

  19. donay mengatakan:

    mantap gan ane bisa download kapan ajj
    kapan2 by1 ccd kalo gak berani

  20. Umar_bakrie mengatakan:

    Coba sekali-sekali dibalik menteri dan pejabatnya jadi guru dikdasmen, kita jadi menterinya, dijamin merekapun akan termehek-mehek seperti kita hehehehehe……

  21. Lady Solang mengatakan:

    kasihan deh guru SD …… tunjangan profesional triwulan I blm direalisasikan udah mau uji kompetensi.

  22. Mardi Sriwahyuni mengatakan:

    uji kompetensi guru melalui online memang diperlukan untuk peningkatan mutu guru, tapi bagaimana dengan teman-teman guru didaerah terpencil yang jauh dari jangkauan dan jauh dari penguasan ICT apakah juga perlu diuji kompetensinya melalui online?

  23. Marselinus mengatakan:

    welew…. Ga heran beta. Ini kan Proyek akal-akalan pemerintah saja, sayangnya para guru di seluruh Indonesia (PGRI) gak ada gigi toh? Coba antara Guru yang bersertifikasi dan tidak itu tolak ukur mutu pengajarannya dan kualitas siswa yang diajarnya layak atau tidak? Terus Apa yang dikejar dari sertifikasi itu? Kualitas Mengajar atau Gaji? Kalau Gaji, kenapa gak diseragamkan saja seluruh Guru, lalu diberi target, Berhasil atau tidak punya konsekwensi. Kalau memang mau meningkatkan kuaitas Guru di Indonesia, Aktifkan kembali saja SPG kan, bulan SMA, SMK lalu masuk FKIP jadi S.Pd! Bandingkan saja itu Para Pejabat dan Menteri sekarang, dahulu Gurunya hanya SPG kan? Kualitas mengajarnya? Jauh lebih berbobot dari pada para Sarjana!
    PGRI mestinya menolak Sertifikasi yang terkesan pelecehan dan rasial bagi semua warga pendidik Indonesia, Kalau dibilang GURU ITU PEKERJAAN PROFESIONAL< lalu YANG TIDAK?GAGAL SERTIFIKASI MASIH PANTAS DISEBUT GURU?
    "Guru sayang, guru malang, kenapa jadi OMPONG????????

    • Djarot mengatakan:

      Jangan terlalu sempit punya pandangan,, tampaknya kok pa marchel kudu mengkaji perundang2an tentang sertifikasi, tujuan dan sistemnya. Belum cukup di situ, ” mengubah paradigma lama perlu waktu bro. mental orang terjajah masih melekat pada manusia Indonesia ” dan satu lagi PROSESSSS, itu yang orang Indonesia suka lupa, maunya kayak makan cabe saja…

      Sabarrr nanti malah pa marchel Stress… sayang kan..?

  24. titin supriatin mengatakan:

    makasih infonya tapi q sulit ya ngedownloadnya?

  25. maulina anggraini mengatakan:

    alhamdulillah…ayo kita tetap semangat, tunjukkan bahwa kita guru yang kompeten bukan guru asal asalan. ok!!
    semoga sukses semuanya..!!

  26. dew2_du2l mengatakan:

    sumpah rempong bener yua….semangat aja utuk guru2 indonesia.
    semoga sukses,,,,,

  27. Mukiyanto mengatakan:

    Yang kekal di dunia ini adalah perubahan dari perubahan itulah kita bisa belajar dan terus belajar. semoga kita jadi guru benar-benar dapat digugu dan ditiru dapat menciptakan generasi generasi berahlaqul karimah. trims to Lentera kecil anda besar sekali membantu

  28. suparmin mengatakan:

    matur nuwun infonya semoga bermanfaat untuk banyak orang

  29. damarwulan mengatakan:

    sertifikasi membuat gtt di sd pada malas mengajar! kesejahteraaanya jauh dari mencukupi.pengabdiannya belum mendapat perhatian pemerintah.dan guru gtt di sd tidak dapat ikut sertifikasi

    • LenteraK mengatakan:

      tidak semuanya…. (hang patheng magih akeh)

    • SAMSUL MUHADI mengatakan:

      Klo pingin sejahtera dan kaya ,..jadi koruptor aja mas…!!!
      Guru memang harus memiliki kesabaran dan keikhlasan yg tinggi, klo jadi gtt ga ikhlas kluar aja, lagian katanya guru itu kan pahlawan tanpa tanda jasa, he..he..he…

  30. ira mengatakan:

    sebenarny sih adil dan tidak adil,mengapa harus sesulit ini???????????
    knapa tdk dri dlu sja yg seperti ini???????????
    klo pun tahap awal ada ujian, di pertimbangkan lgi tahap akhirnya,jdi sama2 adil….
    tpi…….rezeki tidak lari ke mana, Allah selalu bersama kita, pasrah dan ikhlas saja, good luck semoga berhasil……
    amin…….

  31. joli mengatakan:

    sertifikasi hanya melahirkan guru – guru yang putus asa, karena ketidak adilan sistim

  32. Inka Rizkyani Akolo mengatakan:

    Disaat syarat S1 terpenuhi..
    muncul lagi syrat lainnya yg terkadang membuat guru down…
    hmm,,,,,
    tapi guru-ku…:)
    tetaplah berkarya,,, dan tunjukkan kepada semua orang bahwa kalian bisa melakukannya..
    jangan pernah patah semangat..
    selama kita selalu tawakal kepada Allah SWT..
    Yakinlah Allah akan menolong hamba-Nya yang selalu optimis dan berusaha..
    GOOD LUCK..:):)

  33. Inka Rizkyani Akolo mengatakan:

    Hmmm…….
    Disaat salah satu syarat sudah terpenuhi, kenapa syarat lain muncul hnya untuk membuat guru putus asa…
    tapi, guru-ku..
    tetaplah semangat,
    Jasamyu slalu ada dihatiku..
    jangan prnah takut berkarya..
    makasih untuk infonya ya…:)

  34. edi santoso mengatakan:

    hai rekan – rekan guru jangan takut menghadapi UKA.Mari siapkan mental kita dan selalu membaca toh sudah ada kisi-kisinya.Memang kita ini temasuk korban aturan yang tidak jelas.

  35. ikal mengatakan:

    thx b4. pi kog y file’n hasil scan-an???
    ada yang lebih baik dan lengkap nda masbro?!

  36. siti kamariah mengatakan:

    Thanks berat infonya, sangat bermanfaat

  37. nana mengatakan:

    thank you banget, tapi aku kesulitan download contoh soal uji kompt awal. boleh dong kalo misal aku dikirim i contoh soal UKA untuk sergur..??!!! tak tunggu ea…

  38. bangkit mengatakan:

    Matur nuwun mas, materinya moga bisa bantu temen2 kita disini!!!

  39. julizar tobing mengatakan:

    pada prinsipnya uji kompetensi itu bagus sebagai bahan analisa d evaluasi para pejabat yg duduk di dinas pendidikan apa kah tk1 dan lainnya bagi guru dihara[pkan dapat sering mmebaca dan mengikuti perkembangan zaman khususunya di bidang pendidikan agar guru tidak konvensional dan menjadi guru yg aktif……emlahirkan pembelajaran yg baik dan benar demi mencerdaskan anak bangsa, so mengapa harus takut??? mengapa harus andi lau …nyantai aza….toh untuk meembantu pemerintah mengambil langkah2 yang baik utk perbaikan kompetensi guru…..kepada lentera ..teriama aksih untuk support dan inponya , sukses buat anda……..

  40. Simbolon.RE mengatakan:

    Makasih gan, kami sedikit was-was soalnya info yang beredar macam-macam. ga ada yang bisa dipegang.

  41. oom mengatakan:

    tq………………………………….banget……

  42. GG mengatakan:

    mksh ya….
    semoga kita semua lulus PLPG dan sll diberi kemudahan dlm melaksanakan uji kompetensi, diklat plpg hingga qt smua benar2 menjadi guru yg profesional dan ber sertifikat. amiiiin

  43. esty ulaweng mengatakan:

    thank infonya sangat brguna bagi kami smoga lantera tetap sukses

  44. jambe mengatakan:

    guru telah banyak makan aturan maka jangan buat guru pusing murid bodoh
    jangan guru dipolitisi tidk sebanding dengan harga kursi dpr

  45. Ysuyatna mengatakan:

    Kenapa yaaaa, pemerintah kepada guru selalu ada saja aturan yang harus di tempuh,kalau dulu syarat harus S1, sekarang harus Uji Kompetensi, mungkin tahun yang akan datang harus S2 sampai harus fropesor, tapi kalau melihat para dewan yang terhormat, mungkin masih banyak yang hanya punya STTB SLTA, itupun kalau betul ini, yang menghawatirkan SLTA-nya cuma dari Paket C aduuuuuh gusti anu agung, bade di kumahakeun ieu nagri. Adakah harapan buat negeri tercinta?

  46. alfaishal mengatakan:

    makasih gan atas infonya……..

  47. junejun mengatakan:

    lulus SYUKUR ALHAMDULILLAH, TIDAK LULUSPUN syukur ALHAMDULILLAH..kita jalani saja apa maunya pemerintah..

  48. nofliana mengatakan:

    terimakasih info nya ya…
    sukses selalu ya…

  49. idham mengatakan:

    TERIMA KASIH….KAWAN. SEMOGA SEMUAINI BISA BERMANFAAT BAGI SEMUA DAN SAYA PADA KHUSUSNYA…THENKS LAM KENAL

  50. rony tobing mengatakan:

    Sebagai guru, kita harus mengikuti peraturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Tuntutan untuk menjadi guru profesional membutuhkan pengorbanan. Mungkin selama menjadi guru, kita tidak cukup mempunyai modal, waktu, diklat untuk menajadi guru profesional, terutama karena gaji guru selama ini tergolong rendah, dibandingkan harga kursi anggota BANGGAR DPR yg katanya @p 24 juta per kursinya. Kita hanya berharap, ujian kompetensi awal sertifikasi ini bukan semata-mata untuk mengurangi kuota, tetapi hanya pemetaan shg akan diperbaiki pada kegiatan diklat. Mungkin kita bisa pesimis, terjadinya kekurangan dana untuk sertifikasi guru krn sdh terlalu banyak uang negara ini yang dikorupsi. Mudah-mudahan semua guru yang sudah mendapat nomor sertifikasi lulus uji kompetensi awal, dan yang paling penting kita guru-guru di negeri ini semakin profesional. Horas……..

  51. Mursalin Rapanoi mengatakan:

    Kami para guru merasa sangat keberatan sekali dengan sistem sertifikasi guru ini. Sepertinya pemerintah itu setengah hati ingin memberikn tunjangan yang layak kpd guru,sbg buktinya kami mau sertifikasi semakin dipersulit . Kalau dahulu katanya syaratnya harus S1,berubah harus Fortopolio -> berubah harus Diklat -> berubah lagi harus Diklat tambah Tes Akhir 100 soal -> sekarang beruah lagi harus Tes Awal sebelum diklat tambah Diklat baru selanjutnya Tes Akhir lagi -> . . .menyedihkan nasib guru terus berjuang mandi kapur.

  52. megasonataparhusip mengatakan:

    makasi infonya ya…tolong ya cari trus info soalnya biar pada lulus smua guru-guru Indonesia

  53. Rini mengatakan:

    Terima Kasih atas info yang berharga, buat para rekan – rekan guru trmsk sy sndri smg lentara kecil makin peduli dengan sesamanya dan maju trs ,,, jg doakan sy ya agar lulus ujian kompetensi nnt..! :)

  54. pratama mengatakan:

    pakek ziddu susah nyedot nya bos. mksah artikel anda sangat membantu. mohon update terus artiklnya.

  55. Asep mengatakan:

    meskipun sinyal ga kuat di daerah saya,tapi terus mencoba,Alhamdulillah bisa, mksih atas infonya..!

  56. sudarman mengatakan:

    ijin sed0t bang……tuk pancar ulang

  57. NUR TOPIK mengatakan:

    Makasih info nya sering seringlah kasih infonya maklum wong udik jauh dari kota.

  58. sonya mengatakan:

    thanks atas informasi tes sertifikasi guru ? doakan buat saya …..semoga saya berhasil tes awal sertifikasi 2012….

  59. selvi mengatakan:

    terimaksih atas infonya , doakn semoga kita lulus dalam uji awal aminnnnn……….

  60. lilis widaningrum mengatakan:

    hatur nuhun pisaaaaan ……!

  61. Juwariyanto mengatakan:

    trims infonya… lentera kecil telah menerangi jutaan hati pemirsanya..semoga tetap berjaya..

  62. dzar mengatakan:

    matur nuhun. numpang nyedotnya . . . sering2 bagi info
    di tunggu. . . :)

  63. dzar mengatakan:

    matur nuhun. numpang nyedotnya pak. . . sering2 bagi info
    di tunggu. . . :)

  64. esty ulaweng mengatakan:

    thanks untuk infonya sangat kami butuhkan meskipun ndak ada khusus TK tapi sdh dijelaskn semoga tambah sukses

  65. firman mengatakan:

    Matooh……! mksih,karna cukup membantu bagi yg membtuhknya… semoga bermanfaat bagi qta semua…. (amin…..)

  66. Adi Hadyanto mengatakan:

    trims, smg bs bermanfaat..

  67. yusuf mengatakan:

    makqasih semoga sukses lentera kecil, doakan agar saya lulus uji kompetensi awal

  68. Ramdhan Ariezqi mengatakan:

    Terimakasih atas informasinya…… semoga lentera kecil tambah sukses aja

  69. wied mengatakan:

    Makasih banyak infonya pak, sangat membantu.

  70. SISKA mengatakan:

    TERIMAKASIH LENTERA KECIL SEMOGA MAKIN OK
    DO’AKAN AKU YA SEMOGA LUULUS :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Recommend us on Google!
Sekilas Info

Info



Spam