Data Anda Tidak Ditemukan di Info GTK

Beberapa operator sekolah maupun guru mengalami kendala saat melihat SKTP pada semester Semester 2 2016/2017 (Periode Januari – Juni 2017). Padahal untuk semester sebelumnya tidak ada masalah. Kendala yang ada yaitu Data Tidak Ditemukan saat login ke situs Cek Info GTK untuk cek SKTP Tunjangan guru.

Jika situs Cek Info GTK dapat diakses berarti tidak ada masalah untuk server (sering kali down). Lantas bagaimana solusi mengatasi “Data Anda tidak ditemukan” seperti gambar di bawah ini?

Data Anda Tidak Ditemukan di Info GTK

 

Ternyata, solusinya mudah yaitu login menggunakan NIK sesuai di dapodik atau menggunakan NUPTK. Sebelumnya untuk guru yang telah bersertifikasi umumnya menggunakan NRG. Kali ini gagal memuat data jika menggunakan NRG.

Selain itu, ada menu-menu baru di halaman depan situs Info Guru yaitu Daftar Nama Guru Belum Valid sehingga SKTP tidak bisa terbit”  Jika nama PTK ada dalam daftar tersebut maka lembar data ptk dalam Info Guru, yaitu di tabel Verifikasi Data Tunjangan Profesi ada masalah (warning) sehingga SKTP belum terbit.

Data di Info GTK

Menurut beberapa sumber disebabkan:

  1. Dinas pendidikan bisa menyatakan guru tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat (misalkan JJM dapodik belum linier atau Gaji pokok pada riwayat gaji berkala tidak sesuai)
  2. NIP dalam dapodik tidak sesuai/belum ditemukan pada data BKN. Silahkan cek di aplikasi epupns
  3. NIK dalam dapodik harus sesuai dengan data BKN. Silahkan cek di aplikasi epupns

Akhirnya, dengan menggunakan NIK (sesuai dengan di Dapodik dan BKN) maka Login Validasi Data Guru BERHASIL !

 


Artikel lain yang perlu dibaca :

ADD YOUR COMMENT