googleLanjutan pengalamanku terdahulu “ada apa dengan google…”

Beberapa hari ini saya disibukkan untuk mengetahui kenapa google tidak dapat diakses termasuk semua layanan google.

Ketika saya menulis url  http://google.co.id muncul tulisan  “403 Error – Forbidden” dan untuk google.com yang muncul malah homepage lain: Ternyata berlaku juga untuk search engine bing.com dan website microsoft. Saya heran kadang ada situs yang bisa dibuka, sebagian lagi 403 error – forbidden. Ada apa ? Antivirus Avast nggak ada peringatan, mau googling cari tahu masalah, gak bisa. Tambah penasaran saja, untung yahoo.com masih bisa diakses. Cari penyebabnya, minim informasi. Coba scan total dengan antivirus, gak ada yang mencurigakan (aman). Langkah yang paling bijak adalah: segera jauhi dahulu komputer. Tenangkan pikiran, cari tahu kira-kira penyebabnya.

Akhirnya semua masalah dapat teratasi. Langkah berikut yang saya tempuh:

1. Coba mengakses google dari HP. Ternyata lancar, tapi saya tidak begitu yakin, sebab akses melalui wap bukan www. Pergi ke warnet (coba surfing dengan komputer lain) ternyata lancar juga tidak ada gangguan dari google. Kesimpulan: komputer saya tidak bisa mengakses sebagian situs, terutama google dan layanannya.

2. Mencoba scanning adware, malware atau sejenisnya dengan  RogueKiller.exe, ternyata di registri terdapat 3 value yang isinya memdisable antivirus, merubah fungsi IE (maaf lupa menyimpan hasilnya). Setelah mengembalikan ke semula, akses ke google bisa, tetapi hanya beberapa menit kemudian error lagi.

3. Hijack This saya pakai, saking banyaknya aplikasi yang dijalankan saya malah bingung kira-kira mana yang perlu di matikan, sebab resiko lumayan berat, salah mematikan sistem bisa error. Saya coba kembali dengan scan antivirus portable, ternyata semua antivirus portable yang saya punya tidak berfungsi.

4. Takut data-data rusak/hilang, akhirnya saya putuskan install windows ulang. Setelah install, ternyata permasalahan belum selesai. Situs google tetap tidak bisa dibuka, juga semua situs antivirus, microsoft, dsb. makin jengkel dan tambah penasaran. Saya coba dengan komputer lain, dengan koneksi internet lewat modem speedy saya. Ternyata juga tidak bisa.

5. Saya mematikan koneksi internet dan mencoba scan hardisk saya secara total dengan bantuan komputer lain. Hasil bagus (padahal baru install, takut virus ada di drive lain). Selesai scan, saya coba konek lagi, tetap tidak bisa. Kesimpulan saya, ada masalah dengan koneksi internet, mau lapor speedy lewat 147, ah paling jawabanya, tunggu, mungkin ada virus di komputer, dll.

6. Saya coba tangani permasalahan sendiri. Saya coba setting ulang modem, ternyata….. ini dia biang keladinya… password modem tp-link saya berubah. Kalau biasanya (kondisi normal) password modem tp-link adalah user: admin password: admin atau 1234 ternyata tidak berlaku. Padahal sejak awal memasang modem, password tidak pernah diganti. Setelah membaca buku manual modem Tp-link TD-8817  ADSL2+Modem router, saya lakukan reset modem ke standart pabrik, yaitu dengan menekan tombol reset (ada dibelakang) selama 10 detik.

7. Setting ulang berhasil. Saya coba memasukkan url modem tp-link yaitu: 192.168.1.1 di browser, user dan password admin berlaku. Setelah mengisi kembali isi seting sesuai dengan nomor speedy dan password yang saya terima, restart modem. Buka koneksi internet lewat browser Mozilla Firefox..langsung muncul homepage google.co.id. Saya coba masuk ke layanan google lain…lancar. Koneksi kembali normal, sampai saat ini.

Kesimpulan:

Sampai saat ini, saya belum menemukan jawaban, apakah virus, adware, malware atau sejenisnya dapat merusak program modem ? Jelas-jelas saya tidak melakukan perubahan apapun di modem. Apakah pihak telkom bisa atau sengaja mengubah modem ? Ataukah ada program sejenis keylogger ? Karena selama saya pakai speedy hampir 2 tahun, baru kali ini mengalami masalah. Dan kerusakan komputer hanya berlaku pada akses internet saja, dan program lain berjalan lancar.

Untung program dan data tersimpan tidak hilang atau rusak, hanya sebagian di mydocument yang raib karena install ulang dan tidak sempat saya pindah. Terus terang baru pertama kali saya mengalami hal ini, koneksi internet ada yang error forbidden ada yang tidak.

Ternyata permasalan ini bisa diatasi dengan setting ulang modem.