Pengumuman Hasil UKG Online 2012 sementara berdasarkan pengolahan data Kemdikbud. Dari 289.770 guru yang telah mengikuti UKG selama lima hari diketahui bahwa nilai rata-rata sementara UKG hanya sekitar 44,55, bahkan ada peserta yang mendapat nilai NOL. Daerah yang paling tinggi meraih nilai adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai angka 51.03.

hasil UKG online 2012

UKG online di laboratorium komputer SMK Negeri 2 Yogyakarta

Dari hasil UKG (Uji Kompetensi Guru) Online 2012  sementara, menunjukkan hasil masih di bawah standar dari yang diharapkan. Peta ini kalau jika dilihat dengan UKA (uji kompetensi awal) tidak jauh beda, yakni 4,2.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Sulistiyo, mengaku tidak percaya dengan akurasi hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012 yang sempat ditolak oleh FSGI. Pasalnya, penyelenggaraan UKG tidak diimbangi dengan persiapan dan pelaksanaan yang optimal. “Apa benar guru sama sekali tak punya kompetensi? Kami semakin tidak percaya bahwa UKG dapat mengukur kompetensi guru,” ungkapnya.

UKG Online 2012 digelar mulai 30 Juli sampai 12 Agustus 2012 dan rencana untuk gelombang dua, UKG digelar mulai 2 Oktober yang akan datang.

Sebenarnya hasil UKG online dapat langsung diketahui setelah selesai mengerjakan soal-soal UKG, nilai/skor otomatis tampil di layar monitor peserta. Jika ingin mengetahui hasil UKG Online 2012 sementara untuk tingkat kab/kota silahkan menghubungi dinas pendidikan kab/kota atau tingkat provinsi silahkan menghubungi LPMP. Untuk hasil UKG Online 2012 tingkat Nasional silahkan berkunjung web http://ukg.kemdikbud.go.id  atau menghubungi Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.