Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013

sertifikasi guru 2013Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013 sesuai buku pedoman penetapan peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2013 yang dikeluarkan oleh Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Pendidikan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta,  September 2012.

Sebelum membahas Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013 perlu diketahui:

Tiga pola penetapan penerima sertifikasi guru 2013, yaitu:

  1. penerbitan sertifikat pendidik secara langsung (PSPL)
  2. portofolio (PF)
  3. pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG)

Urutan Rangking Calon Peserta

Daftar calon peserta sertifikasi guru yang ditampilkan sesuai dengan data yang tersimpan dalam data NUPTK yang telah diperbaiki sampai dengan tanggal 1 Desember 2011 dan diurutkan berdasar kriteria berturut turut:

  1. Usia. Usia dihitung berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran yang tercantum dalam akta kelahiran atau bukti lain yang sah.
  2. Masa Kerja. Masa kerja dihitung sejak yang bersangkutan bekerja sebagai guru baik sebagai PNS maupun bukan PNS.
  3. Golongan. Pangkat/golongan adalah pangkat/golongan terakhir yang dimiliki guru saat dicalonkan sebagai peserta sertifikasi guru. Kriteria ini adalah khusus untuk guru PNS atau guru bukan PNS yang telah memiliki SK Inpassing.

Prioritas Mengisi Kuota

Guru yang dapat langsung masuk mengisi kuota sertifikasi guru adalah sebagai berikut.

  • Semua guru yang diangkat dalam jabatan pengawas yang memenuhi persyaratan dan belum memiliki sertifikat pendidik.
  • Guru dan kepala sekolah berprestasi peringkat 1 tingkat provinsi atau peringkat 1, 2, dan 3 tingkat nasional, atau guru yang mendapat penghargaan internasional yang belum mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan pada tahun 2007 s.d 2011.
  • Semua guru yang mengajar di daerah perbatasan, terdepan, terluar yang memenuhi persyaratan.

 

Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013

 

2012 – Januari 2013

Seluruh proses entri data peserta sertifikasi guru sudah selesai pada tanggal 31 Januari 2013. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mencetak format verifikasi data dari Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG) serta diberikan kepada peserta untuk diverifikasi dan dikoreksi kebenaran datanya (berdasarkan hasil pemutahiran data guru yang telah dilaksanakan oleh operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota).

Pebruari – Maret 2013

  1. Pelaksanaan Uji Kompetensi Awal (UKA). Uji kompetensi sesuai dengan bidang studi sertifikasi guru yang telah ditetapkan akan dilakukan secara online bertempat di TUK yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Kartu Peserta Uji Kompetensi dapat dicetak dari AP2SG.
  2. Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013
  3. Pencetakan Format A0
  4. Verifikasi Berkas Peserta Sertifikasi Guru 2013
  5. Persetujuan (Approval) Format A1 dan Penetapan Nomor Peserta Sertifikasi Guru. Batas waktu pelaksanaan verifikasi dan validasi berkas di LPMP 31 Maret 2013

April – Agustus 2013,

Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013 sesuai pola yang telah ditetapkan yaitu: (1.) penerbitan sertifikat pendidik secara langsung (PSPL), (2.) portofolio (PF), dan (3.) pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG).

Bagi peserta Sertifikasi Guru 2013  dengan pola pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG) awal penyelenggaraan tergantung pada setiap Rayon LPTK Penyelenggara Sertifikasi Guru. Jadwal akan disesuaikan dengan pertimbangan antara lain kegiatan akademik kampus dan jumlah peserta pada rayon.

 

Sumber Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013: buku 1 pedoman penetapan peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2013 

lihat dan download buku pedoman penetapan

 


Tag artikel: ,
Kategori: Pendidikan
71 komentar » Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013
  1. yusnidar mengatakan:

    ketika hidup membutuhkan suatu perjuangan yang pajang,dan hanya sesaat juga kita bisa merasakan apa makna hidup sebenarnya……….

  2. sinta dewi mengatakan:

    kapan ya guru paluta pergi sertifikasi

  3. puriani mengatakan:

    tolong kirimkan saya jadwal pelaksanaan plpg rayon 121 undiksha tahun 2013.

  4. lilis.retnawati mengatakan:

    tolong info jadwal pelaksanaan sertifikasi guru2013.Kapan pelaksanaannya.mohon balasannya ke e-mail saya.trimakasih sebelumnya.

  5. Acep Suganda mengatakan:

    bagaimana cara untuk mengetahui jadwal PLPG 2013 secara online? kalau bisa tolong kirim ke alamat e-mail saya.. saya sangat membutuhkan jadwal tersebut.

  6. Acep Suganda mengatakan:

    tolong kirimi saya jadwal PLPG tahun 2013 di LPTK Unpas Bandung… Tanks…

  7. Heny,S.Pd.AH,M.Si mengatakan:

    kenapa dlm menetapkan peserta UK atau PLPG msih terjdi ketdk adilan ? smentra sy sdh memenuhi syarat bhkan memiliki sertifikat tingkat nas d piagam penghrgaan,nmun tdk dimsukan jg d ada peserta yg dibwh sy msa kerja d usia itu bs msuk.tlong jgn salah.

  8. nurhikmah mengatakan:

    Saya bertanya. Data awal sy lulus UKA di SMPN 18, semntara sy sdh pindah kerja tapel baru ini ke SMK. Apa boleh sy mengajukan PLPG-nya ikut dgn data SMK ???… mohom pencerahan dari bpk/ibu yg trhormat…

  9. KHUSNUL mengatakan:

    mau tanya kpan jadwal PLPG 2013 kab Tulang bawang lampung,,,,,,mhon balasanya

  10. sudarman mengatakan:

    tindak lanjut guru yang tidak lulus sertifikasi tahun 2012, apakah mengulang PLPG dari awal (10 hari ) atau ikut ujiannya saja…thank berat
    !

  11. sugeng triyadi mengatakan:

    kenapa?katanya sesuai dg UU sy persyaratan sudah terpenuhi semua, masa kerja sudah 12 th,kenapa th ini nda terdaftar sertifikasi guru smk 2013

  12. kennedi asni harahap mengatakan:

    kenapa saya tidak ikut peserta sergu 2013, pak ? padahal saya sudah mengikuti ukg.

  13. eny mengatakan:

    Bagaimana kelanjutan nasib peserta yang belum lulus sertifikasi th 2012 apakah hrs plpg lagi atau langsung ikut ujian tulis
    kami mohon informasinya bagi kami yg blm lulus plpg 2012

  14. lestari mengatakan:

    kenapa katanya sergur syaratnya S1 tapiyang ada yanikut g lulus SMA bisa ikut UKA? mohon penjelasannya.., trimakasih

  15. tina hajar spd mengatakan:

    ass.saya mau tanya pak apakah benar kalau gagal plpg di tahun 2013 katanya akan uk lagi.
    tolong dibalas.

  16. siti rukiah sp.di mengatakan:

    PAK,BU MAU TANYA NAMA SAYA KOK GAK ADA YA DI DAFTAR CALON GURU YANG BELUM BERSERTIFIKASI?

  17. siti rukiah sp.di mengatakan:

    PAK,BU MAU TANYA NAMA SAYA KOK GAK ADA YA DI DAFTAR CALON GURU YANG BELUM BERSERTIFIKASI?

    BALAS

  18. siti rukiah sp.di mengatakan:

    pak bu nama saya kok ga ada ya di daftar calon guru yang belum bersertifikasi?

    BALAS

  19. usman hina hanggawali mengatakan:

    asl. sy usman guru smk n3 pahunga lodu mau tanya kejelasan tanggal pelaksanaan UKA untuk NTT Khususnya Kab.Sumba Timur tingkat SLTA

  20. Apriliani Wulandari mengatakan:

    Ass wr wb
    Mau tanya, data saya sebagai peserta UKA tiba-tiba dihapus oleh pusat tanpa ada kejelasan alasannya. Saya cek di sergur.kemdiknas ternyata data saya tidak diverifikasi alias dihapus. Padahal untuk syarat-syarat sudah sesuai. Bagaimana mengurus (klarifikasinya) ??? padahal saya seharusnya bisa maju UKA tapi karena kesalahan pusat jadi menghancurkan nasib saya.

  21. urdot mozodosu sitorus mengatakan:

    kapan dilaksanakan UKA di tobasa 2013 ?

    tolong dibalas segera

    terimakasih

  22. Fl.Rosarianto mengatakan:

    bagaimana kelanjutan bagi peserta yang telah gagal/tdk lulus plpg 2013 apakah masih mengikuti plpg lagi.mohon jawaban

    • pendidik mengatakan:

      Kelanjutannya, ayo pada demo! Para dosen itu belum tentu lebih pintar dari guru. Coba para dosen disuruh buat RPP lengkap administrasi mengajar, cara mengajar yg sesuai RPP lalu dipraktekan di sekolah. Jangan hanya 1 atau 2 kali pertemuan. Itu gampang. Tapi 1 tahun pelajaran. Saya yakin para dosen akan sterss karena tdk akan lulus. Pertanyaan saya mengapa para dosen yg bodoh2 dan kemaki itu mengetes para guru?? Para dosen itu bisanya Mengajar mahasiswa.

      • Tagurajai Sero mengatakan:

        Emang udah seharusnya guru itu bangun terus berjuang,jangan mau terus2san jadi korban proyek penguasa.karna udah seharusnya penguasa menghargai pengabdian guru bangsam.sy bisa berhail krn guru penguasa bisa berkuasa juga kerna guru, mana hati nuraninya ? Ko tega mempermalukan guru dgn hsl tes teori saja.hal ini sangat tidak adil.tetap Semangat Guru..pertahankan harga dirimu,tuntut keadilan atas dirimu.

  23. Fl.Rosarianto mengatakan:

    Bagaimana kelanjutan bagi guru yang telah gagal/tidak lulus plpg 2012 apakah masih mengikuti plpg lagi.

  24. lia mengatakan:

    pak kpan jadwal UKG untuk bulan mei ini, tolong secepatnya diumum kan biar orang tidak lama menunggu soalny saya dan kleuarga mau ktempat pernikahan adik sya di cilegon, takut nanti jadwalnya bertabrakan dengan pernikahan adik saya ??

  25. Hj. Suaebah, S.Pd, M.Si mengatakan:

    Bagaimana cara melihat data sertifikasi, mohon petunjuk.

  26. Irman Sahdo mengatakan:

    sebelumnya saya mohon maaf..istri saya guru disalah satu SD di Kec. Gedung Aji Tulang Bawang,,untuk informasi sertifikasi guru tidak/jarang sekali sampai kepada guru-guru yang di ada dikecamatan terutama daerah pedalaman kecuali yng punya orang dalam di Dinas..baik info mengenai pendaftaran calon maupung tahapan2nya..mohon kepada Dinas Pendidikan Kab.Tulang Bawang memperhatikan guru-guru yang mengabdi di daerah dalam,,jangan cuma orang deket aja yng di utamakan…

  27. Rusli,S.Pd mengatakan:

    Bagaimana kelanjutan bagi guru yang sudah mengikuti UKA pada tahun 2012 tetapi tidak lulus, mohon dibalas !

  28. popon sophia mengatakan:

    bapa yang budiman,saya dari cianjur penundaan uka ini mungkin ada hikmahnya,yang penting uka 2013 ini lancar dan dapat lulus ,amiiiiiiiin.

  29. I MADE SUELA .S.Ag mengatakan:

    maaf pak saya guru agama Hindu angkatan th 1984 NIP 13 saya dipanggil dr diknas untuk mengikuti pasca UKA apakah tidak ada masalah dikemudian hari karena tidak ikut lewat depag trim mohon balasannya

  30. I MADE SUELA .S.Ag mengatakan:

    maaf saya sudah mengikuti pasca uka 10 hari
    dapat piagam menerangkan bahwa sudah mengikuti pasca uka tapi peserta lainnya dapat piagam ada keterangan lulus
    bagaimana yang tidak ada keterangan lulus tersebut apakah diikutkan PLPG Pak ? mohon balasannya.

  31. Muslimin Mappe mengatakan:

    sampai saat ini belum sosialisasi pelaksaan UKG/UKA 2913 dari instansi terkait

  32. Erna Apsari Rosandi mengatakan:

    punten, kalau jadwal pelaksanaan UKG ( yang belum sertifikasi 2013 ) kapan dan dimana? hatur nuhun

  33. sri murdawa mengatakan:

    Kapan ya saya bisa mengikuti UKA trus PLPG

  34. nyai milawati SPd I mengatakan:

    Mksh inform nya yg sangat membantu….suxes selalu

  35. torres mengatakan:

    kalo tidak lulus uka yg besok apa tindak lanjutnya lagi pak,mksh seblmnya

  36. janatia mengatakan:

    kalau situs jdwl tempat-tempat test uka 2013 dmn ya?

  37. widyastuti mengatakan:

    bagaimana dg peserta sergur 2011 yang tdk lulus ujian tulis apa hrs mengikuti ukg atau langsung ikut plpg. mksh info serta blsn bpk

  38. dwi murdiyana mengatakan:

    mana info tentang peserta UKA?

  39. maria ratih prastyarini mengatakan:

    saya adalah salah satu korban sertifikasi. pada tahun 2008 saya sudah mengikuti program sertifikasi portofolio, namun setelah kami mengirimkan berkas portofolio ternyata dinyatakan diskualifikasi, sampai saat ini saya tidak tahu apa alasan saya di diskualifikasi. berikutnya setelah tahun 2008 setiap saya diajukan ikut sertifikasi selalu dinyatakan gagal karena alasan yang tidak jelas. hal ini dikarenakan peraturan di dinas kota saya selalu berubah dari tahun ke tahun. menurut hemat saya itu dapat merugikan bagi saya. dan di tahun 2013 ini saya diajukan kembali, namun tidak tahu apakah saya nantinya bisa mengikuti sertifikasi karena peraturan yang berubah lagi… saya berharap bisa mengikuti sertifikasi di tahun ini. terima kasih.

  40. tasa mengatakan:

    Guru yg sdh lulus Diklat Pasca Uka lansuung bisa ikut plpg, kapa……………………………………………….

  41. sunata,s.pd.sd mengatakan:

    penetapan peserta sergur 2013 kapan ya pak, moga lekas dipublikasikan kepastiannya, dan moga aku dapet ikut juga , Amiiiiin

  42. wasbir mengatakan:

    Peserta sergur 2013 jangan hanya melihat usia ,tapi lihat masa kerja dan pangkat .banyak yang usia tua tapi masa kerja sedikit dan pangkat rendah ,lalu bagaimana yang usia muda pangkat tinggi dan s1 dah lama ,mestinya lihat pendidikan ,masa kerja ,pangkat di utamakan .kalau hanya usia jadi patokan kapan yang yang pangkat tinggi ,masa kerja lalam pada hal usia muda .ya mohon diperhatikan yang masa kerja lama dan pangkat tinggi ,kan dah lama yang mengabdi ,pengin sperti yang lain dah terima tunjangan prosefi lebih duluan ,mohon yang berkepntingan memperhatikan hal itu karena akan menambah mereka semangat dalam meningkatkan mutu pendidikan .

  43. yudi mengatakan:

    apakah diklat on line jadi dilaksanakan untuk plpg2013?

  44. yudi mengatakan:

    kapan uka 2013 dilaksanakan?

  45. caroline mengatakan:

    Tolong diinformasikan mengenai jadwal UKA untuk serifikasi 2013. Tanggal berapa jadwal UKA sertifikasi 2013. Karena informasinya hanya diberitahukan bulan Februari-Maret 2013. Tapi tidak diberitahu tepatnya tanggal berapa UKA untuk peserta sertifikasi 2013. Saya mengajar di SD swasta daerah Penjaringan-Jakarta Utara. Tolong dibalas ya…terimakasih

  46. darlan, s pd, m, pd i mengatakan:

    istri saya, Erma Udji Setijawati bertugas di SDN Sambeng Kec Bantarbolang Kab Pemalang, pernah ikut PLPG tahun 2011 tapi tidak lulus. karena tidak lulus maka tahun berikutnya, 2012, tidak diikutkan peserta PLPG 2012. kini tahun 2013 daftar nama istri saya tersebut pun belum muncul didaftar peserta PLPG 2013. sementara teman satu sd yang tidak lulus PLPG 2012 bisa langsung ikut sbg peserta PLPG 2013, ini sepertinya tidak adil. Bagaimana saya harus mencari tahu ya? kepada siapa saya harus bertanya ttg kejelasan keikutsertaaan istri saya pada PLPG 2013 ? omohn kpd bapa/ibu yg berweanang kiranya bisa memberi penjelasan hal tsb. trima kasih atas balasannya.

  47. noy mengatakan:

    gimana mau ngajar sedangkan melamar jadi staf pengajar yang ditanyakan sertifikasi, sedangkan syarat pengajuan sertifikasi harus sudah punya pegalaman ngajar.? jadi mana dulu yang harus dipenuhi dunk’z……………….
    huuff………..

  48. cucu masruroh mengatakan:

    ass…. mohon maaf mau tanya saya lagi proses pengajuan sertifikasi untuk TK di bekasi kemudian saya ada rencana pindah ke kota subang, proses sertifikasinya bisa dilanjutkan di daerah subang atau bagaimana?

  49. Rafiqah zahara mengatakan:

    untuk yang lulus sertifikasi 2012,kpn kira2 sertifikat@ keluar…… trus tuk yang 2013 kpn pengumuman nama2 persertanya…….

  50. Christine mengatakan:

    Untuk sertifikasi guru 2013 ini dan seterusnya, apakah jumlah jam mengajar minimal (24 jam pelajaran seminggu) tetap diperhitungkan seperti ketentuan tahun-tahun sebelumnya?
    Mengingat pada data verifikasi 2013 ada orang yang mengajar kurang dari 24 jam pelajaran seminggu, tetapi tertulis 24.
    Bagaimana cara panitia seleksi mengetahui, apakah orang tersebut benar-benar mengajar 24 JP ataukah kurang.
    Terima Kasih.

    • Lentera kecil mengatakan:

      Penerima sertifikasi berdasarkan NUPTK dengan mempertimbangkan Usia, masa kerja, golongan dan pendidikan. Dan bukan hanya guru, kepala sekolah dan pengawas termasuk juga. Baca buku pedoman

  51. Elmaini mengatakan:

    assalamu’alaikum.
    Mutasi NUPTK saya dari tempat tugas lama ke tempat tugas baru belum keluar, padahal sudah 4 tahun belakangan saya usulkan terus menerus, sehingga mengakibatkan nama saya tidak tercantum sebagai calon peserta sertifikasi (baik di tempat tugas lama maupun tempat tugas baru).
    Untuk itu saya sangat mengharapkan solusinya…?

    Wassalam..

    • LenteraK mengatakan:

      Wa’alaikum salam
      Jika telah mempunyai NUPTK, mutasi hanya untuk update data. Seharusnya ada dalam calon peserta sertifikasi, entah layak atau tidak terjaring.

  52. dini kusniati mengatakan:

    Mengapa guru honor yg ngajar di SD Negeri gk bisa ikutan sertifikasi padahal sudah SI?

  53. harissavansani mengatakan:

    trima ksh semoga dengan sistim yg baru ini proses seleksinya transparan jujur adil dan dpt dipertanggung jawabkan

  54. jan batlajery mengatakan:

    sertifikasai guru 2013 kami guru2 menanti kapan ada info sertifikasi ????? info !!!

  55. neneng supatmi mengatakan:

    bagaimana kelanjutan bagi guru yang sudah mengikuti PLPG sertifikasi guru tahun 2012 tetapi tidak lulus?

  56. Didi mengatakan:

    pak mau tanya jadwal PLPGNya kapan

  57. tri handayani mengatakan:

    makasih banyak informasinya…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Recommend us on Google!
Sekilas Info

Info



Spam