Kenali Diri Sendiri Sebelum Bekerja

Mengenali diri sendiri sangatlah penting sebelum bekerja. Bekerja dalam artian profesi atau pekerjaan rutin yang menghasilkan uang. Hal ini berhubungan dengan profesi pekerjaan dalam jangka panjang mengingat banyak ulasan tentang bekerja akan lebih sukses jika sesuai dengan minat dan kemampuan meskipun terkadang apa orang yang memiliki latar pendidikan tidak sesuai dengan pekerjaan yang ada.

mengenal diri sendiri

Menurut salah satu sumber informasi di Carrier News mengatakan bahwa ada sekitar 67 persen pekerja tidak sesuai dengan jurusan pendidikan yang telah ditempuh. Artinya hanya 33 persen saja pekerjaannya sesuai dengan latar belakang pendidikan yang telah ditempuh. Misalkan lulusan dari perguruan tinggi jurusan pendidikan bekerja sebagai guru.

Apakah hal itu salah? Tidak. Banyak persoalan tentang dunia pekerjaan, mulai dengan masalah kesempatan kerja sampai dengan angka pencari kerja yang cukup tinggi. Dengan kondisi demikian, latar belakang pendidikan bukan lagi menjadi masalah serius melainkan kesiapan diri menghadapi dunia kerja yang perlu diperhatikan. Untuk itu, dengan mengenal diri sendiri akan dengan mudah menghadapi semua itu. Apa kemampuan saya, apa minat saya, apa hobi saya sehingga nantinya saya akan bekerja dengan senang tanpa beban mendalam.

Mungkin banyak orang mengira si Amin telah berhasil dalam pekerjaannya karena telah memiliki jabatan dengan gaji besar. Namun orang tidak tahu, bisa saja si Amin selama ini selalu tertekan dengan pekerjaannya karena tidak sesuai dengan minat awal, keterpaksaan, tuntutan atau mungkin masih ada banyak lagi faktor lainnya yang membuat dia tertekan dan tidak dapat “menikmati” hidup. Atau sebaliknya, pekerjaan tersebut memang dicita-citakan sejak kecil, sesuai dengan kemampuannya, maka beruntunglah si Amin.

Bagaimana Mengenal Diri Sendiri?

Kebanyakan orang merasa gagal menikmati pekerjaan dikarenakan ketidaktahuan kemampuan diri sendiri dan tidak sadar bahwa dirinya berada pada posisi yang tidak seharusnya. Namun rutinitas telah membuat semakin jauh untuk mengenal diri sendiri yang sebenarnya.

Sebelum melangkah ke depan, sebaiknya mencoba membuat catatan kecil tentang sisi positif dan negatif dari kepribadian dan kemampuan untuk mengenali diri sendiri. Tulis dengan jujur dan jadikanlah hasil tersebut sebagai bahan renungan. Inilah keadaan diri saya sebenarnya. Saatnya melangkah dengan keadaan yang ada, apakah saya cocok sebagai pekerja, pembuat keputusan atau lebih cocok menjadi seorang bos.

Namun perlu diingat, kesuksesan pekerjaan bukan hanya diukur dari penghasilan yang melimpah saja, ada faktor lain seperti kenyamanan, kesenangan, ketenangan. Dan yang paling penting, kesemuanya memerlukan proses, apapun pilihan itu.

Kembali kepada Anda, bekerja dengan keterpaksaan atau dengan kesenangan. Semakin besar akan tuntutan hak semakin besar pula tanggung jawa. Tinggal bagaimana Anda akan melalui itu.

 

Mengenal diri sendiri – Lentera Kecil

 

ADD YOUR COMMENT