Kendala Pendataan Ulang PNS – EPUPNS 2015

Pemerintah Indonesia dalam hal ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) lewat aplikasi online yang dimulai sejak September 2015 dan akan berakhir pada Desember 2015. Untuk itu setiap PNS diwajibkan memperbarui data yang telah ada secara online dengan mengakses aplikasi E-PUPNS 2015 di http://pupns.bkn.go.id.

Untuk proses pemutakhiran data ini setiap PNS memulai dengan melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN dan selanjutnya PNS, melakukan perbaikan data yang tidak sesuai serta menambahkan/melengkapi data yang belum lengkap/tersedia di database BKN. Namun, apakah semudah itu proses pendataan ulang lewat internet?

Hampir sama kejadian dengan situs-situs milik pemerintah lainnya yaitu sulitnya mengakses situs tersebut. Di kementerian pendidikan saja, situs seperti info PTK sering tidak dapat diakses, untuk melihat sertifikasi guru memerlukan perjuangan untuk masuk ke situs tersebut. Demikian juga yang terjadi pada situs Pendataan Ulang PNS – EPUPNS 2015.

Sering kali muncul tampilan seperti ini:

halaman kosong E-PUPNS 2015

Jangankan mengisi atau mengupdate data, untuk masuk saja susah. Meskipun berhasil login, persoalan tidak selesai. Boleh saya katakan Pendataan Ulang PNS – EPUPNS 2015 ini perlu kesabaran yang tinggi. Setelah menuliskan data-data sesuai kolom yang ada, kemudian klik simpan, tampilan halaman error kembali muncul, mau nggak mau harus menulis ulang data-data lagi. Jika tidak muncul halaman error karena koneksi terputus, terkadang muncul halaman login lagi.

Yang lebih repot lagi jika muncul “Error 500, Terjadi Kesalahan, silahkan ulangi proses kembali.” Proses perbaikannya cukup ribet bagi yang sudah biasa berinternet. Bagaimana dengan yang masih awam?

Belum lagi permasalahan pengisian data yang menimbulkan persepsi berbeda, perlu atau tidak perlu diisi. Belum lagi yang namanya manusia terkadang melakukan typo (salah tulis). Lantas jika ada sanksi PNS akan dipecat jika salah memasukkan data atau data kurang lengkap seperti banyak yang tulis di internet, apakah benar hal itu?

Saya telah mencoba mengupdate pendataan ePUPNS dengan menggunakan telkom speedy kecepatan 1 mb. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya. Bukan persoalan ketidaktahuan pengisian data, melainkan proses input data yang sering error dan harus mengulang-ulang.

 

Kendala Pendataan Ulang PNS – EPUPNS 2015 – Lentera Kecil