Keunikan Vihara Avalokitesvara Candi Pamekasan

vihara pamekasan maduraVihara Avalokitesvara Candi Pamekasan,  sekitar 17 kilometer di sebelah timur Kota Pamekasan. Bangunan yang didirikan pada abad 18 atau sekitar tahun 1800 sebelum Masehi terletak di Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Madura di atas tanah seluas 3 hektare.

Uniknya, di Vihara Avalokitesvara atau kelenteng Kwan Im Kiong Candi Pamekasan Madura yang notabene sebagai tempat ibadah umat Tri Darma, juga terdapat tempat ibadah untuk umat beragama lain, yaitu Pura untuk umat Hindu dan Mushalla untuk umat Islam. Rencananya akan dibangun lagi sebuah gereja untuk umat Nasrani.

Dibandingkan dengan Vihara sendiri, musholla yang ada ada di lingkungan Vihara Avalokisvara Candi Pamekasan,  memang tidak terlalu besar. Berukuran hanya 4×4 meter. Akan tetapi, pihak Vihara, menyediakan perlengkapan ibadah di musholla ini. Tempat berwudlu, sajadah, mukena dan tasbih. Jarak musholla dengan Vihara hanya sekitar 10 meter yang terbatas oleh dinding.

Lokasi Pura paling dekat dengan Vihara. Ukuran Pure lebih kecil dari musholla, yakni hanya 3×3 meter. Pembangunan Pura sendiri, sebenarnya atas prakarsa Kapolwil Madura saat itu, yang berasal dari Bali dan menganut Agama Hindu yang menyarankan membangun Pura.

MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) telah mencatat, bahwa Vihara Avalokistesvara Candi Pamekasan Madura merupakan sebuah vihara terunik, karena di dalamnya terdapat bangunan Musholla dan Pura. Hal ini merupakan sebuah simbol kerukunan umat beragama yang penganutnya hidup rukun dan berdampingan.

“Tidak ada gunanya perbedaan agama dipermasalahkan, karena agama merupakan keyakinan tiap-tiap pribadi, dalam menjalin hubungan antara manusia dengan Tuhannya.” Keyakinan bahwa agama merupakan sesuatu yang sangat individu dalam hubungannya antara manusia dengan Tuhan ini, ternyata tidak hanya dalam tataran konsep hasil pemikiran, namun termanifestasi dalam kehidupan dunia nyata. Seperti halnya di Vihara Avalokitesvara ini.

Sejarah Vihara Avalokistesvara Pamekasan Madura

Vihara “AVALOKITESVARA”
(T.I.T.D KWAN IM KIONG)
CANDI – PAMEKASAN, MADURA, 69382
TELP/FAX : (0324) 326426 / 326347
Email: avalokitesvaracandi@hotmail.co.id

English Artikel


Tag artikel: ,
Kategori: Pengetahuan Umum
1 komentar » Keunikan Vihara Avalokitesvara Candi Pamekasan
  1. askep mengatakan:

    saya pgn main2 ke mdura biar thu jmbtan suramadu :)
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

2 Pings/Trackbacks for "Keunikan Vihara Avalokitesvara Candi Pamekasan"
  1. [...] Dengan adanya Pura serta Musholla yang ada di lingkungan klenteng, menjadikan Kwan Im Kiong menjadikan klenteng terunik di Indonesia bahkan di dunia serta telah tercatat di MURI sebagai Vihara terunik. [...]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Komentar Terakhir
Recommend us on Google!

Info



Spam