Konsep Pembelajaran Kontekstual

siswa

Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah sebuah konsep belajar mengajar dimana seorang guru menghadirkan situasi yang nyata di dalam kelas serta melibatkan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang akan dipelajari. Konsep ini bertujuan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai bekal untuk memecahkan dalam kehidupan siswa sebagai anggota masyarakat.

Pada dasarnya konsep pembelajaran kontekstual guru berusaha memberikan sesuatu yang bukan abstrak melainkan sesuatu yang nyata sesuai dengan lingkungan sekitar anak, sehingga pengetahuan yang diperoleh anak dengan proses belajar mengajar di kelas merupakan pengetahuan yang dibangun dan dimiliki sendiri. Konsep ini menciptakan ada keterkaitan dengan penerapan kehidupan sehari-hari yang bisa dijadikan dasar untuk memecahkan masalah kehidupan.

Komponen Pembelajaran Kontekstual

Komponen utama pembelajaran kontekstual di kelas antara lain:

1. Kontruktivisme (Constructivism)

Suatu kegiatan siswa membangun sedikit demi sedikit pengetahuan yang dimiliki siswa, Kegiatan ini bertujuan siswa belajar bukan hanya menghafal melainkan melalui pengalaman sehingga akan lebih bermakna. Kontruktivisme adalah proses membangun atau menyusun pengetahuan dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman.

2. Bertanya (Questioning)

Kegiatan bertanya dalam proses pembelajaran, pengajuan pertanyaan dapat dilakukan guru dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan siswa bahkan siswa dengan orang lain (nara sumber) sebagai upaya guru dalam membimbing siswa, menggali informasi dan menilai sejauh mana kemampuan yang telah diperoleh siswa.

3. Menemukan (Inquiry)

Suatu kegiatan siswa untuk berusaha menemukan sendiri pengetahuan bukan merupakan hasil mengingat fakta-fakta.

4. Masyarakat Belajar (Learning Community)

Suatu kegiatan siswa memperoleh hasil belajar dari bekerja sama atau bertukar pendapat dengan orang lain.

5. Pemodelan (Modeling)

Pemodelan dapat diartikan memberi suatu contoh nyata yang ditunjukkan guru atau orang lain bisa asli atau tiruan dan bisa berbentuk demonstrasi, pemberian contoh tentang konsep-konsep.

6. Refleksi (Reflection)

Refleksi yaitu berpikir kembali apa yang telah dilakukan dan apa yang akan diperoleh siswa dalam proses kegiatan pembelajaran.

7. Penilaian Otentik (Authentic Assement)

Penilaian otentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan siswa melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kemampuan (kompetensi) telah benar-benar dikuasai dan dicapai.

Prinsip Pembelajaran Kontekstual

Prinsip penerapan pembelajaran kontekstual yang berbasis kontekstual agar tercapai tujuan pembelajaran yang optimal dan bermakna bagi siswa. Perlu memperhatikan mulai dari merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mempertimbangkan karakteristik dan perbedaan masing-masing peserta didik sampai melakukan sesuatu penilaian. Prinsip penerapan pembelajaran kontekstual yang perlu dipegang guru adalah sebagai berikut: (1) merencanakan pembelajaran sesuai dengan kewajaran mental sosial, (2) membentuk kelompok yang saling bergantung, (3) menyediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang mandiri, (4) mempertimbangkan keragaman siswa, (5) mempertimbangkan multi intelegensi siswa, (6) menggunakan teknik-teknik bertanya untuk meningkatkan pembelajaran siswa, perkembangan masalah, dan ketrampilan berpikir tingkat tinggi, (7) menerapkan penilaian autentik. Artikel Pendidikan tentang Pembelajaran Kontekstual - Lentera Kecil

 

Referensi: Nurhadi, & Senduk, A.G. (2003) Pembelajaran Kontekstual Contekstual Teaching and Learning (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM PRESS).


 


Tag artikel: ,
Kategori: Pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Komentar Terakhir
Recommend us on Google!

Info



Spam