Konsultasi Permasalahan Umum NUPTK dan Sertifikasi Guru

NUPTK KemdiknasNomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) bagi guru-guru sudah bukan lagi hal asing. Karena kurang lebih 5 tahun NUPTK sudah disosialisasikan bahkan semua program tentang peningkatan mutu pendidikan: program-program pemberdayaan, pemberian kesejahteraan dan peningkatan kompetensi, kualifikasi serta peningkatan profesionalisme (sertifi kasi) berbasis data NUPTK. Sehingga NUPTK wajib dimiliki oleh guru agar mendapatkan program-program tersebut.

Tanya Jawab Permasalahan Umum NUPTK dan Sertifikasi Guru

Tanya : Apa syarat untuk mengusulkan NUPTK baru bagi  guru?

Jawab : Bagi PTK CPNS/PNS segera mengisi instrument yang dilengkapi bukti isik dan diajukan ke sekretariat pendataan kab/kota setempat. Bagi Non PNS yang bisa mengajukan jika: PTK telah memiliki masa kerja minimal 2 tahun, minimal aktif mengajar 10 jp dan memiliki SK GTY atau SK dari pemerintah daerah setempat, bukan SK Kepala Sekolah.

Tanya : Mengapa guru A sudah mengajukan NUPTK baru tetapi sampai sekarang belum keluar?

Jawab : Guru A mungkin belum memenuhi persyaratan umum atau kualitas datanya rendah karena banyak item-item yang kosong tidak diisi. Maksudnya  adalah datanya tidak lengkap, biasanya nama ibu tidak diisi, riwayat pendidikan tidak terisi lengkap, hanya ijazah terakhir saja, padahal 2 item itu wajib diisi karena menjadi salah satu penentu keluarnya NUPTK. Atau karena datanya tidak rasional, tahun masuk SD lebih dulu dari tanggal lahir, lama belajar di tiap jenjang tidak sesuai misal: masuk SD tahun 1980, lulus tahun 1985 maka secara system akan dibaca hanya 5 tahun, seharusnya masuk SD tahun 1980, lulus tahun 1986. Selanjutnya  SMP lama belajarnya minimal 3 tahun, SMA lama belajarnya minimal 3 tahun, D1 lama belajarnya 1 tahun, D2 lama belajarnya 2 tahun, D3 lama belajarnya 3 tahun, S1 lama belajarnya minimal 4 tahun.

Tanya : Bagaimana cara dan kemana saya harus mengupdate data?

Jawab : Cara untuk update data langsung saja ke dinas Pendidikan ke bagian ketenagaan, ke bagian  yang mengurusi NUPTK. Di kabupaten/kota sudah ada operator NUPTK yang khusus menangani masalah NUPTK mulai dari pengajuan sampai update data bagi yang sudah keluar NUPTKnya. Pada saat melakukan update data, PTK  harus membawa bukti isik sesuai dengan item apa yang akan kita update. Andai yang di update riwayat pendidikan, misalnya pada saat pengajuan ijazahnya masih D3, saat ini sudah punya ijazah S1, maka yang harus dibawa adalah bukti isik ijazah S1. Kalau yang di update Golongan, maka bukti isik yang dibawa adalah SK Kenaikan Pangkat/Golongan terakhir.

Tanya : Bagaimana kalau sekolah saya sudah pindah ke kabupaten lain, apakah saya harus mengurus  NUPTK lagi?

Jawab : Kalau PTK pindah ke sekolah manapun tidak perlu mengurus NUPTK baru, karena NUPTK tersebut melekat pada individu, solusinya databasenya saja diambil dari kabupaten yang ditinggalkan dibawa ke kabupaten yang dituju atau istilahnya mutasi data NUPTK

Tanya : Untuk guru-guru yang mengajar di sekolah di bawah naungan Kementerian Agama, kemana harus mengurus NUPTK?

Jawab : Bagi guru-guru yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, untuk pengurusan NUPTK bisa dilakukan lewat Mapenda masing-masing kab/kota, karena sejak awal tahun 2011, sudah ada MoU antara LPMP dengan pihak Kemenag masalah pengurusan NUPTK. Jadi di masing-masing Mapenda Kab/kota juga sudah ada operator NUPTK.

Tanya : Apa saja persyaratan untuk mengurus NUPTK?

Jawab : Syarat-syaratnya antara lain: Masa kerja minimal 2 tahun s.d tahun kapan dia mengajukan NUPTK. Jadi Kalau dia mengajukan NUPTK tahun 2011, berarti masa kerjanya minimal tahun 2009. Mengisi instrument NUPTK sebanyak lima lembar disertai bukti isik a.n: SK pertama kali mengajar, ijazah mulai dari SD sampai ijazah terakhir, SK pembagian tugas mengajar.

Tanya : Apa yang harus saya lakukan kalau NUPTK saya double counting?

Jawab : Kalau NUPTKnya double counting itu berarti ybs pernah mengajukan NUPTK 2 kali, sehingga ybs punya 2 ID pegawai, misalnya dia pernah mengajukan NUPTK pada tahun 2007, datanya sudah diproses oleh dinas kab/kota, karena tidak keluar-keluar akhirnya ybs mengajukan lagi pada tahun 2009. Sehingga ybs punya ID tahun 2007 dan tahun 2009. Karena ID peg yang th 2007 sudah diproses oleh Jakarta dan sudah keluar NUPTKnya maka pengajuan tahun 2009 statusnya menjadi doble counting. Solusinya ya harus melacak NUPTK dengan status diterima, tentunya dengan bantuan operator dinas kab/kota.

Tanya : Mengapa  guru A tidak masuk data calon sertiikasi padahal layak?

Jawab : Data Guru A di server pusat tidak terupdate

Tanya : Mengapa teman saya yang masa kerjanya lebih sedikit dari saya bisa ikut sertiikasi, padahal saya belum?

Jawab : Kalau dilihat dari sisi data, ada kemungkinan TMT sebagai pendidik tidak terisi dengan benar, bahkan ada yang memang TMT sebagai pendidik tidak diisi. Hal ini menyebabkan hitungan Masa Kerja PTK tidak sesuai bahkan ada yang NULL. Jadi TMT sebagai pendidik/tendik harus diisi sesuai dengan TMT pertama kali mengajar (menjadi pengajar)  bagi pendidik dan TMT pertama kali menjadi pegawai bagi tenaga kependidikan. Hal ini bisa ditunjukkan dengan SK pertama kali mengajar. Oleh karena TMT sebagai pendidiknya NULL, maka ybs ada di ranking bawah sehingga tidak bisa terekrut sertiikasi.

Tanya : Kami sudah mengupdate data Guru A, tapi kenapa tetap tidak ada dalam data calon sertiikasi?

Jawab : Untuk keperluan rangking, update data yang diterima paling akhir tanggal 1 Desember 2012

Tanya : Mengapa guru B dianggap sudah lulus sertiikasi oleh system padahal belum pernah ikut sertiikasi sebelumnya?

Jawab : NUPTK Guru B dipakai oleh guru lain untuk mendaftar sertiikasi tahun sebelumnya, karena saat itu sertiikasi tidak terintegrasi dengan NUPTK, kesempatan memakai NUPTK orang lain menjadi sangat terbuka

Tanya : Apakah Guru yang tidak lulus sertiikasi 2012 bisa ikut menjadi peserta tahun 2013?

Jawab : Guru yang tidak lulus tahun 2012 diberi kesempatan untuk menyiapkan diri untuk ikut menjadi peserta tahun 2013 selama masih memenuhi persyaratan.

Tanya : Bagaimana pusat melakukan perangkingan daftar layak sertifikasi?

Jawab : Sesuai Buku 1: Usia, Masa Kerja, Pangkat/Golongan.

Sumber: LPMP Jatim


Tag artikel: ,
Kategori: Pendidikan
191 komentar » Konsultasi Permasalahan Umum NUPTK dan Sertifikasi Guru
  1. saya lulus cpns k2, sebelumnya saya sudah d
    apat sertifikasi di depag. apakah sertifikasinya bisa dipindahkan ke dinas ?
    Balas

  2. Oan Plaikoil mengatakan:

    Guru A NUPTK nya terbit pada saat mengajar pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sekarang guru tersebut dimutasikan pada Sekkolah Menengah Atas (SMA). apakah NUPTK masi vailid dan apakah tidak berpengaruh pada proses sertifikasi guru tersebut ??

  3. MZA T SYIHAB mengatakan:

    Saya sudah pindah ke sekolah baru yang berbeda propinsi, NUPTK saya yang di PADAMUNEGERI sudah saya pindahkan ke sekolah yang baru tetapi data SRGUR saya masih disekolah/daerah yang lama
    bagaimana saya memindahkan data sergur saya, sedangkan saya tanya operator dinas lama saya katanya dia tidak tahu

  4. MARSO mengatakan:

    Apabila seorang guru Dari sekolah A telah pindah kesekolah B. Bisakah pindah kembali kesekolah A. Trim

  5. annis mengatakan:

    jika guru non PNS sudah punya NUPTK dan sudah sertifikasi, apakah bisa mutasi ke daerah lain? apakah harus mengulang wiyata dari awal lagi ? dan apakah sertifikasi dan NUPTKnya masih berlaku? mohon penjelasannya. maturnuwun

  6. erlina purnamasari mengatakan:

    saya guru SDLB negeri sertifikasi saya selama 2 tahun tidak cair, apabila saya pindah induk ke smplb swasta apakah sertifikasi saya linier
    soalnya disertifikasi saya berbunyi sertifikat pendidik guru kelas SDLB

  7. debbie mengatakan:

    bagus ada tempat bertanya seperti ini. tq lentera! saya mau nanya. saya sdh punya nuptk tetapi karena cuti panjang tahun yang lau jadi tidak ikut verval 2013. saat ini sdh aktif lagi sejak 1 juli. nyari nuptk saya di padamunegeri sdh tak ada. bagaimana nasib saya selanjutnya apa masih bisa mendptkan nuptk lama atau hrs buat baru bagaimana/? juga karena cuti haruskah karier saya dimulai dr awal lagi? harap dibalas..tq

  8. Lisian Dewi mengatakan:

    Apakah Guru bidang kesenian mengajar full time selama 14 th disekolah swasta berhak mengikuti/mendapatkan sertifikasi seperti guru lainnya?
    Apabila iya, dimana dan bagaimana mengurusnya?. Terima kasih.

  9. ERWANTO mengatakan:

    Selamat Pagi, Saya mau minta bantuan kepada siapa saja yang mengerti kasus ini. Kronologinya begini, Saya mulai 2007 mengajar di SMK Pusakanagara, Subang Jawa Barat. tahun 2009 saya mendapatkan NUPTK, tetapi tahun 2011 saya berhenti mengajar karena istri melahirkan di Jogja, kemudian tahun 2012 saya mengikuti KKT Pendidikan Otomotif di UNY lulus 2013, kemudian saya mulai Maret 2014 mengajar di SMK Cokroaminoto Pandak, Bagaimana saya mengurus NUPTK saya yang pernah berhenti mengajar? terima kasih

  10. mutiatussalafi mengatakan:

    saya mau tanya, untuk SK GTY yang dikeluarkan oleh yayasan apa harus tertera kalimat” diangkat sebagai Guru Tetap Yayasan” ,masalahnya SK kami dari Yayasan hanya tertulis ” diangkat sebahai guru” terus bagaimana memperbaikinya, karena itu sudah sejak tahun 1999

  11. RIYAN SEPTANTI mengatakan:

    Saya operator sekolah;
    Ada guru PNS yg mutasi ke sekolah kami,NUPTK nya sudah dimutasikan(sudah dapat SM03) TP status bintanggnya masih kuning smua empat-empatnya,apa yang harus saya lakukan,

  12. muhtamar madjid mengatakan:

    ass, sya sudah lls ukg tik 2013 tapi blm brngkt plpg krna tmpt tgs trpncil infox lmbat. bgmn slusix?

  13. hadi maruf mengatakan:

    Tunjangan Sertifikasi saya mulai 2012 belum keluar sampai sekarang, sedang didaerah lain sudah keluar. Kalau saya mau mengurusnya prosedurnya bagaimana?

  14. umi kholifah mengatakan:

    saya punya 2 no nuptk yang lama dan yang terbaru, mana yang harus saya gunakan? padahal saya mengurus sertifikasi pake nuptk lama. meskipun sertifikasi belum juga turun. apa yang harus saya lakukan. mohon penjelasannya.trim’s

  15. rohana mengatakan:

    mengapa NUPTK saya tidak keluar ? saya sudah mendapat bintang 4 ? saya sudah punya tgl terbitnya… itu bagaimana ?

  16. DOMS mengatakan:

    Bang numpang nanya nih kan udh sertifikasi di SMA tahun 2007 sekarang udh mutasi ke smp jdi kepsek. waktu input dapodik data yg ditampilkan utk cek validasi belum sertifikasi sementara data sudah di isi pada dapodik dengan benar. mohon solusinya

  17. tutik mengatakan:

    sertifikasi tahun 2013 saya tidak bisa cair karena kepala sekolah yang menginput data tidak benar,bagaimana caranya biar sertifikasi tahun 2013 saya keluar? Tolong bantuan infonya…

  18. mas'udi mengatakan:

    Batas tahun kelahiran pada sistem otomatis 1957, bagaimana cara merubah agar tahun kelahiran bisa dirubah ke 1947 ?? mohon dibantu ya…..

  19. mas'udi mengatakan:

    bagaimana cara memindah domisili tempat mengajar dari kemendiknas ke kemenag, karna teman saya NUPTKnya ada pada diknas, dulu di SMP (Kemendiknas), sekarang pindah ke MTs (Kemenag)

  20. mas'udi mengatakan:

    tahun kelahiran saya 1947, sedangkan batas maksimal pada pilihan tahun kelahiran otomatis 1957, bagaimana cara merubahnya ??

  21. asep mengatakan:

    saya lulus cpns k2, sebelumnya saya sudah d
    apat sertifikasi di depag. apakah sertifikasinya bisa dipindahkan ke dinas ?

  22. rooseno sonny mengatakan:

    asalamualaikum. mau nanya kenapa NUPTK saya belum keluar sementara teman- teman saya yang lain sama jukan kemari udah ada sementara saya masih status pegid

  23. agus taufik mengatakan:

    saya mau nanya. saya dan beberapa teman ketika buka sergur ada tulisan belum verifikasi, itu mslhx knp? dan cara ngurusnya gmn?

  24. nining mengatakan:

    apakah tenaga perpustakaan bisa ikut sertifikasi?

  25. hartono mengatakan:

    asalamualaikum. mau nanya kenapa NUPTK saya belum keluar sementara teman- teman saya yang lain sama jukan kemari udah ada sementara saya masih status pegid

  26. novia mengatakan:

    Bila sudah memiliki NUPTK dan sudah sertifikasi dengan mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) bagaimana agar sertifikasi tersebut dapat digunakan?? mohon infonya. terimakasih

  27. dede wahyudi mengatakan:

    kenapa data ptk menjadi syarat pencairan sertifikasi? padahal update datanya lambat sekali. yang dipakai dasar pencairan tahap 3 dan 4 berdasarkan update data bulan agustus 2013. apakah bisa hangus tunjangan sertifikasi karena updatan data yang lambat? terima kasih

  28. santika mengatakan:

    Kenapa untuk kab ciamis, kota tasikmalaya, kab kuningan sampai sekarang sertifikasi GTY/Honorer Swasta belum cair?

  29. junaidi mengatakan:

    maaf saya mau tanya, saya ikut sertifikasi di kemenag tapi saya verval nuptk di dinas pendidikan, apa yang harus saya lakukan mengenai status nuptk saya? tlg bls ke email saya
    Balas

  30. Abdul Wahib mengatakan:

    Assalamu’alaikum…
    Maaf saya mau bertanya seputar sertifikasi kemenag..
    saya sudah mengajar lebih dari 5 tahun, sampai sekarang belum masuk di daftar long list antrian sertifikasi..
    bagaimana cara mengajukan supaya saya bisa masuk ke dalam daftar antrian?
    apa saja sebenarnya persyaratan untuk mendaftar sertifikasi di kemenag, mohon pencerahannya terimakasih.. wassalam

  31. Ta'atiah,S.pd mengatakan:

    sy guru sertifikasi NON PNS sdh 2 thn mutasi dari NTB ke SULSEL,tp SK tunjangan 2013 terbit di mataram NTB,jd pengelola blm memberikan tunjangan bgmna itu???????????

  32. memed mengatakan:

    maaf saya mau tanya, saya ikut sertifikasi di kemenag tapi saya verval nuptk di dinas pendidikan, apa yang harus saya lakukan mengenai status nuptk saya? tlg bls ke email saya

  33. Rudy Tapin mengatakan:

    min.,..kenapa NUPTK yg lembaganya di bawah naungan kemenag tidak di verifikasi oleh dinas pendidikan.,,…ada ap ni mslhnya.,.,…trims

  34. zaidul akbar mengatakan:

    bagaimana nasib kami yang tercecer tidak terdaftar pada UKG guru tahun 2013, apakah ada jalan keluarnya atau kami menyusun bahan kembali kemana kami antar dan waktunya kapan. kami juga cemas pak padahal urutan kami sama dengan teman2 yang sudah UKG kami ,dari SDN 001 Gema sekitar 5 orang yang belom terpanggil pak….mohon diberi keterangan terimakaish

    • LenteraK mengatakan:

      Biasanya UKG untuk sertifikasi ada kuota. Saat ini PLPG sudah berlangsung, kemungkinan besar kuota sudah terisi. Persiapkan saja tuk tahun berikutnya, dan cari informasi selengkapnya di diknas setempat (biar nggak tercecer kembali)

  35. nofi mengatakan:

    saya sudah punya NUPTK prov jateng, tapi sudah 6 bulan vakum dan pindah ke prov jatim,,disini saya mengajar lagi diswasts,,,apakah NUPTK saya tetap bisa digunakn lagi sedangkan sekolah lama saya sudah mendapat pengganti saya

  36. fahmi ridho mengatakan:

    guru yang ijazah S1nya non pendidikan, apakah bisa mengajukan sertifikasi?

  37. erni johan mengatakan:

    diseklh induk (sma negeri)kurang jam agar menggenapi 24 jam mk sy mengajar di seklah lain (aliyah swsata), bgm cara hitung jam di sklh di verval nuptk? mks, mhn jawabannya

    • LenteraK mengatakan:

      Verval NUPTK adalah verifikasi dan validitas Nomor Unik milik PTK saja berdasarkan identitas yang baru serta bukti isik. Tidak ada kaitan dengan jam mengajar, banyak NUTPK punya GTT yang cuma 6 jam mengajar, tapi telah valid (*4). Jam mengajar berlaku di DAPODIK. yang akan berpengaruh. Kita tunggu saja Aplikasi dapodik 2013 terbaru

  38. saya lulus sertifikasi 2007 sebagai GURU KELAS (SD), sekarang dipindahkan sebagai kepala sekolah di SMP. Data dapodik saya menunjukkan sebagai Kep Sek di SMP tetapi TPP bermasalah, apa yang bisa saya lakukan untuk mengurus masalah ini ?

  39. Asep Suryaman mengatakan:

    Bagaimana langkah memindahkan NUPTK si A dari Dinas ke Kemenag? sedang si A tsb. sudah terupdate di dinas pada level bintang 4?

  40. saiful basri mengatakan:

    apakah Guru TIK harus sertifikasi lagi karena TIK dihapus dan kapan ikut sertifikasi apakah 2014 boleh ikit dengan mapel lain

  41. sami'un mengatakan:

    mengapa ID PEGAWAI saya tidak keluar ? tp saya sudah mendapat bintang 4 ? kalau teman saya ID PEGAWAInya sudah ada tp tgl terbitnya NUPTK tdk ada ,, itu bagaimana ?

  42. abdul muiz aly mengatakan:

    istri saya pindahan dari sd di kab.tasik ke smk swasta kota cirebon (2009) sdh memiliki nuptk segala data disiapkan namun malangnya sepsek smk tersebut ga pernah laporan dan ternyata data di disdik kota cirebon sampai sekarang ga ada sekalipun sepsek diganti beberapa bulan lalu mohon penjelasan gimana caranya agar nuptknya tetap aktif dan bagamana nasibnya padahal nilai honor tidak penting dan tidak di harap2 yang penting data selalu nyambung namun kecewa yg didapat makasih

  43. nazirin maulana mengatakan:

    1. Untuk guru swasta yang ikut sertifikasi apakah nuptk sekolah induknya harus swata juga..?
    2. Apakah boleh guru swasta yang ikut sertifikasinuptk sekolah induknya di sekolah negeri ?

  44. hamza mengatakan:

    klo pengawas yang dari lingkup kementerian agama gimana ??
    soalx sya sdh dlm pengisian data dimnta tmt dr dinas pendidikan…..itu gak ada ?? mohon di berikan penjelasan…terima kasih

  45. ASTUTI mengatakan:

    Kenapa id pegawai saya tidak keluar(kosong) padahal saya sudah mempunyai nuptk sejak 2008? apa itu tidak mempengaruhi nuptk saya??mohon informasinya

  46. Darmawi mengatakan:

    maf sy mw nX…
    minamal ijazah terakhir ap yang diterima untuk pengajuan NUPTK dan apkah hanya SK Bupati/Walikota yang bisa digunakan untuk pengajuan NUPTK Baru ?
    mhon infonya…

    • lentera Kecil mengatakan:

      Min SMP (saya sebgai operator sekolah untuk penjaga sekolah dengan ijasah SD tidak dapat diverval) SK bupati jika PTK Non PNS di sekolah negeri. Kalau swasta SK Yayasan min 5 Th

  47. sefti melya mengatakan:

    Sya sudah memiliki NUPTK pada saat saya honor disuatu daerah,,kemudian sya pindah bekerja di sekolah lain,,akan tetapi setelah sya cek online nama sya sudah berubah dengan nama lain tetapi NUPTK yg tertera adalah nama sya..bagaimanakah cara memprosesnya?apakah NUPTK bisa dialih nama kan semaunya?terima kasih

  48. yenni palupi mengatakan:

    “Bagi guru-guru yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, untuk pengurusan NUPTK bisa dilakukan lewat Mapenda masing-masing kab/kota, karena sejak awal tahun 2011, sudah ada MoU antara LPMP dengan pihak Kemenag masalah pengurusan NUPTK. Jadi di masing-masing Mapenda Kab/kota juga sudah ada operator NUPTK.”
    TETAPI KENYATAAN YG ADA TDK SPT ITU,SY DAN TEMAN SY SDH NGURUS TETAPI JWBNNY “tidak bisa verval NUPTK karena belum ada MOU dr DEPAG”Klo jwbnny spt itu trs klo sampai september tetap tdk ada MOU trs nasib guru madrasah nasibnya bagaimana?tolong dong pdhl untuk semua pendataan menggunakan data dapodik klo kenyataannya spt itu kami sebagai guru jelas dirugikan.

  49. lusia_magdalena mengatakan:

    “Saya memilki permasalahan: krn kesalahan data TMT, saya tdk bisa maju sertifikasi 2013. Padahal TMT yg betul th 2005, apakah masih ada cara bagi saya untuk memperbaiki data supaya bisa ikut sertifikasi 2013?”

    • lentera Kecil mengatakan:

      Pwenjaringan Sertifikasi 2013 sepertinya sudah selesai, tinggal menunggu pelaksanaan PLPG. Sekarang saatnya update data via padamu negeri. Semoga tahun depan bisa terjaring

  50. ony adipuspito mengatakan:

    mohon informasi salah satu guru senior kami lulusan SLTA ini tidak bisa maju pengisian verval bintang tiga apakah ada kesalahan pengisian atau ada syarat tertentu. terim kasih

    • lentera Kecil mengatakan:

      Jika pengisian sudah sesuai dan benar, kemungkinan aplikasi bermasalah (masalah server, dsb). Coba lagi dilain waktu. Kendala yang ada adalah untuk lulusan SD (biasanya penjaga sekolah) tidak bisa lanjut ke bintang 3, dikarenakan lulusan min. smp

  51. Mas Jaedi Enter mengatakan:

    Saya Pegawai Non PNS SMP di Kota Cirebon, honor sejak 1999 dan keluar nuptk tahun 2007, thn 2013 ada verval nuptk yg harus diisi dengan syarat dan panduan yg jelas. pertanyaan saya : Untuk PNS sudah pasti masuk/diterima. untuk non pns ada aturan supaya melampirkan sk. dari walikota, nah sedangkan saya sudah punya nuptk yg keluar thn 2007 itu dan sudah bisa di verval, apakah saya harus mempunyai sk. walikota untuk dilampirkan? atau hanya berlaku untuk pengusulan nuptk thn 2013 saja? mohon jawabannya?

  52. sandra imelfs mengatakan:

    Saya sudah mengajar Play group 9 tahun tp nuptk saya blm keluar juga,pernah mengurusnya tetapi double counting dan saya urus di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur.ternyata no nuptk sdh keluat tetpi blm masuk di dinas pendidikan daerah.yang saya tanyakan kenapa no nuptk tidak bisa turun didaeraj?

  53. sutikno mengatakan:

    Saya adalah koordinator sertifikasi guru SD dan Tk di salah satu UPTD. anggota kami kuota 2012 mempyai masalah, sbb:
    Pada mulanya yang bersangkutan waktu pengajuan namanya Kingsus Sungkowo, dia akhirnya diangkat PNS dengan nama Sungkowo (tanpa Kingsus). Setelah waktunya pencairan tidak bisa cair karena datanya tidak valid. Pernah dikonsultasikan ke Diknas katanya harus diurus ke Jakarta karena data tersebut katanya sudah tidak aktif. mau diperbaiki lewat dapokdik berarti tidak sama dengan nama di SK PNS. Demikian mungkin kami dapat dobantu.
    Terima kasih.

  54. kamsiyah mengatakan:

    saya pernah mengajar di sd negeri dari th 2006.th 2008 sy brhenti.pertengahan 2009 sy mengajar di madrasah sampai akhir 2012.awal semester ini sy kembali mengajar di sd negeri tempat saya mengajar dahulu.selama ini saya belum mempunyai nuptk.apakah bisa sekarang saya mengajukan nuptk?

  55. ROHMAT mengatakan:

    Untuk mengurus NUPTK baru, dari non PNS/sekolah swasta/PUAD, formulir yang harus diisi formulir mana saja, karena ada A01, A02, A03, A04
    Mohon penjelasan

  56. panut widiyono mengatakan:

    syarat-syarat mutasi sertifikasi ke kab.lain apa saja makasih

  57. wahyudi mengatakan:

    saya dulu ngajar di sekolah negeri dibawah naungan diknas, tapi sekarang ngajar disekolah swasta dibawah naungan depag. sebelum pindah kesekolah swasta tsb saya nganggur sampai nuptk saya tidak aktif.
    1>apakah nuptk dari diknas juga berlaku sama dengan depag?
    2>bagaimana cara mutasi nuptk dari diknas ke depag?
    2>bagaimana cara mengaktifkan kembali nuptk saya itu?

  58. Murniasih mengatakan:

    Nohon bantuanya,saya sudah mengajar 4 tahun tp blum meniliki NUPTK,padahal saya sudah 4 kali mengajukan. Atas bantuanya saya ucapkan terimakasih

  59. m.muhyidin anwar mengatakan:

    saya mengajar bahasa arab pada smp islam dibawah naungaan kemendiknas tapi tidak bisa mengajukan nuptk dengan alasan bahwa gelar saya S.Pd.i,bisa dikatakan saya tidak diakui diknas ,..apakah guru seperti saya bisa mendapatkan nuptk?
    mohon tanggapan..

  60. pertama saya honor di paud selama tiga tahun,sekarang honor di sd. apakah bisa saya mengajukan nuptk?

  61. syamsuddin,S.Pd,MM mengatakan:

    no peserta sertifikasi di internet yang muncul 09196022011089
    atas nama syamsuddin,Spd,MM salah.
    No Peserta sertifikasi yang benar adalah 12196080010900.
    data selengkapnya: Nama Syamsuddin,Spd MM,
    NUPTK.4433743646200232,Tempat tanggal lahir.Lamberasa
    01-01-1965,bidang studi sertifikasi(800)guru kelas,NIP.
    19650101 199403 1 018,jenis kelamin laki-laki,tempat tugas
    SLB Negeri Makassar JL Pahlawan,mohon dibantu.

  62. muhammad nurdin mengatakan:

    bagaimana caranya agar istri saya dapat ikut UKG 2013 karena dia sudah pindah mengajar ke sekolah di kabupaten lain? sementara no.ujiannya keluar di kabupaten yang lama. apakah ikut di kabupaten yang lama atau bagaimana?

  63. Y.Budayati mengatakan:

    Maaf mau bertanya kalau saya mau ngecek dan print lagi NUPTK saya an. Y. Budayati. NUPTK 6055744647300033 bagaimana caranya soalnya ke NUPTK browser ga bisa conect terus tolong lah

  64. rahmansyah mengatakan:

    pak/ibu saya sudah pernah mengurus NUPTK tahun 2012 tapi sampai sekarang ko belum jadi kenapa sedangkan berkas sudah masuk semua tolong di cek lagi data saya.pak/ibu

  65. yudia lismita mengatakan:

    mohon batuan, waktu mengecek daftar guru yang ikut UK 2013 di kota bukittinggi saya iseng untuk menegecek data saya di http://www.sergur.kemdiknas,setelah mememasukkan NUPTK saya ternyata yang keluar hasilnya “Penghapusan disetujui” yang jadi pertanyaan bagi saya selama ini saya tidak pernah diminta konfirmasi untuk d hapus NUPTK saya oleh pihak manapun,.sampai saat ini saya masih mengajar di Salah satu SMA swasta di bukittinggi..dan saya mulai mengajar dari tahun 2006,.mohon bantuannya pak,.terima kasih

  66. Nurohiman mengatakan:

    mohon bantuannya kemana untuk memperbaiki NUPTK, soalya saya sudah berkali2 datang k Diknas dimana saya tempat tugas, tapi masih juga belum berubah. kesalahan NUPTK saya terletak pada Nama : Di NUPTK namanya NUHORIMAN, sedangkan nama seharusnya NUROHIMAN, kalo belum ada solusinya. ada gak nomor telp Kemendiknas DI jakarta bagian NUPTK. atau alamat Kantornya…trimasih, ditunggu ya

  67. aminah mengatakan:

    Mohon saran dan solusinya cara membetulkan NUPTK yang doubel
    Nama: Aminah,S.Pd
    NIP: 19651015 199102 2 001
    SDN Palur 02, Kec. Mojolaban, Kab. Sukoharjo
    NUPTK lama 4347743646300013
    pada waktu pengisian data A0,A1 sampai lulus PLPG NUPTK yang dipakai 1347743638210003, sampai sekarang dapodik PTK NUPTK yang valid yang lama. Mohon bantuannya terimakasih.

  68. aminah mengatakan:

    Mohon bantuan dan solusinya cara membetulkan NUPTK yang ganda.
    Nama: Aminah,S.Pd
    NIP: 19651015 199102 2 001
    SD N Palur 02, Kec. Mojolaban ,Kab. Sukoharjo
    NUPTK Lama : 4347743646300013
    NUPTK yang digunakan untuk sertifikasi tahun 2012 mulai dari pengisian A0 , A1 sampai lulus PLPG no peserta 12031102710743, namun pada dapodik PTK nuptk yang valid yang lama.terimakasih

  69. ali muthalib mengatakan:

    saya guru yang telah sertifikasi di sma dan pindahtugas ke smp. jurusan bimbingan konseling kenapa tidak keluar data sertifikasi saya di dapodik. mohon informasinya

  70. Suharto Husain mengatakan:

    As. Wr. Wb Yth. Bapak Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan dijakarta. Saya atas nama SUHARTO HUSAIN, S.Pd.I Guru SDN No. 59 Dumbo Raya Kota Gorontalo yaitu bageimana cara pengurusan NUPTK bagi Guru pindahan dari kabupaten Bone Bolango kekota Gorontalo. Katanya dari pengurus NUPTK yang ada dari salah satu cabang Dinas Pendidikan Tilongkabila dikabupaten tersebut bahwa yang bersangkutan melapor ketempat tugas yang baru kecabang Dinas Pendidikan Dumbo Raya atau kekantor Dinas Pendidikan Kota Gorontalo bahwa nama saya ada. Kemudian setelah ditelusuri nama saya tidak ada pada Dinas Cabang Pendidikan Dumbo Raya maupun Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, selanjutnya saya sudah konsultasi bagian NUPTK pada Dinas Pendidikan Kota Gorontalo yaitu menunggu mutasi dan mutasi belum ada. Akhirnya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  71. Andami, S.pd mengatakan:

    SALAM BUAT SEMUA….
    MOHON PENCERAHAN,…
    MAAF KELUPAAN

    Bagaimana MERUBAH salah/KELIRU nama pada NUPTK.????
    nama yang sebenarnya ANDAMI, S.Pd, data dipusat ADAMI

  72. Andami, S.pd mengatakan:

    Bagaimana MERUBAH salah/KELIRU nama pada NUPTK.????
    nama yang sebenarnya ANDAMI, S.Pd, data dipusat ADAMI

  73. ainur rofi mengatakan:

    kpn server NUPTK dibuka lagi???

  74. Suwalono mengatakan:

    assalamualaikum!
    pak, saya Suwalono, waktu pengurusan NUPTK nama saya salah yaitu tertulis SUWALOYO NUPTK. 0039745647200063 tempat tempat tugas awal waktu mendapatkan NUPTK di SMPN 3 Baradatu Kab. Way Kanan, dan sekarang mutasi di SMPN 4 Baradatu Kab. Way kanan, No Peserta sertifikasi 07120809700007 NRG.073930059017, dan saya mengarj IPA di SMPN 4 Baradatu 24 Jam dan SMP Muhammadiyah Baradatu 12 Jam mapel IPA, tapi setelah saya cek di PTK NUPTK ternyata JJM=nya 0 (nol)
    mohon solusinya Pak. Trima Kasih
    SUWALONO CP. 085278531221

  75. Suwalono mengatakan:

    assalamualaikum!
    pak, saya Suwalono, waktu pengurusan nama saya salah yaitu tertulis SUWALONO NUPTK. 0039745647200063 tempat tempat tugas awal waktu mendapatkan NUPTK di SMPN 3 Baradatu Kab. Way Kanan, dan sekarang mutasi di SMPN 4 Baradatu Kab. Way kanan, No Peserta sertifikasi 07120809700007 NRG.073930059017, dan saya mengarj IPA di SMPN 4 Baradatu 24 Jam dan SMP Muhammadiyah Baradatu 12 Jam mapel IPA, tapi setelah saya cek di PTK NUPTK ternyata JJM=nya 0 (nol)
    mohon solusinya Pak. Trima Kasih
    SUWALONO CP. 085278531221

  76. AGUS ROHIMI mengatakan:

    Asskum. Saya bingung tentang keluarnya SK Guru yang belum kunjung datang padahal di cek di dapodik sudah benar. Tolong minta penjelasannya, mksh

  77. fatma sari dewi mengatakan:

    Mohon bantuan ibu saya yang sudah bekerja dari tahun 1983 menjadi guru dan tukar jabatan 2005 jadi pengawas sampai sekarang selalu gagal mengikuti sebagai peserta sertifikasi, karena pernah salah data dari Simalungun ibu saya dibuat sebagai PLS non formal padahal tidak PLS, data telah diperbaiki namun nama ibu saya tetap belum keluar, saya sudah kirim e mail ke mendiknas namun tidak dibals, mohon bantuan Bapak terima kasih

  78. hotdiana mengatakan:

    bulan januari lalu, saya dan teman-teman mengajukan daftar tambahan sertifikasi. awal april teman-teman saya satu sekolah namanya ada, tetapi saya tidak ada di daftar sertifikasi guru. saya tanyakan ke pihak dinas kabupaten, katanya pusat yg menyeleksi dgan kemungkinan NUPTK saya bermasalah. kemudian saya juga bertanya ke operator dinas kabupaten, katanya disket saya tercecer, tidak disertakan karena di pertinggal soft copy operator tidak ada nama saya tercantum.kemudian saya serahkan kembal disket data saya dengan harapan saya masih punya kesempatan sebagai peserta tahun ini. yang saya tanyakan apa kriteria peserta sertifikas guru?

  79. Siti Kuroisyin mengatakan:

    mohon bantuan untuk kepala sekolah saya jumlah jam mengajar tidak valid, jumlah jam kepala sekolah 18 jam dan ditambah mengajar PKn kelas 4,5 dan 6 (6 jam / minggu) dan NUPTK tidak valid. padahal yang di input di dapodik sudah benar. terima kasih.

  80. abdul rosyid mengatakan:

    asslm. bapak operator dapodik : sy guru sd, no.sergur 07032206100335, kode sertifikasi 061, bagaimana cara merubah no sertifikat sekaligus kode 061 (bid.studi lainnya) menjadi guru kelas ?

  81. rina rahmiyati mengatakan:

    assalamualaikum!
    pak, saya rina dari MI Panagan. Saya sudah mengajar dari 2009, ketika mengajukan NUPTK ternyata hanya saya sendiri yang belum muncul NUPTK nya, padahal yang mengajarnya dari tahun 2011 sudah muncul, tolong bantun lacak NUPTK saya pak, ini reg id nya 0211.20120224..110703.71245. terimasikasih sebelumnya atas bantuannya pak.

  82. risna mengatakan:

    selamat malam bapak/ibu
    saya adalah seorang operator dapodik. saya ingin minta pencerahan untuk salah seorang ptk di sekolah saya. dia awalnya verifikasi data ptk nya sudah valid dan memenuhi syarat. namun akhir2 ini saat online untuk sk tunjangan profesi data nya menjadi tidak valid, bahkan jumlah jam nya dan jumlah linier yang awalanya sudah valid menjadi tidak muncul alias 0jam. saya kelimpungan dan ternyata nuptk nya pun tidak valid dikarenkan nama ptk berbeda dengan pengupdate tan awal nama pada nuptk yang asalnya dari pusat. saya bingung karena setelah beberapa kali perbaikan data pada dapodik tidak merubah kode nuptk dan nama yang invalid tersebut. sehingga sk dirjen tunjangan profesi nya pun tidak keluar. bagaimana ini pak/Ibu apa yang harus saya lakukan?

  83. ATANASIUS IWAN TRIYONO mengatakan:

    asslm…Yth. Operator Dapodik
    Mohon solusinya..NUPTK sy terdapat kesalahan nama dan menyebabkan status NUPTK pada data Dapodik sy tidak valid shg SK Tunjangan Profesi sy tidak terbit…pdhal JJM sdh mencukupi …. bgmn cara memperbaikinya, apakh ckp dengan operator dinas setempat atau bgmn? trimaksh

  84. titi yeni mengatakan:

    saya mau tanya, saya udah menghonor tahun 2008 sampai sekarang, tetapi nama saya tidak terdaftar disertifikasi guru tahun 2013, apa penyebabnya, dan apa yang harus saya lakukan. mohon bantuannya

  85. khairunnisa mengatakan:

    jika seorang guru sd lulus sertifikasi th 2010, pada tahun yang sama, guru tersebut ditempatkan di smp atau sma sesuai kopetensi akademiknya mengajar bidang study, apa yang harus dilakukan? Mohon bantuannya

  86. ipan mengatakan:

    sy pns tapi belum punya NUPTK padahal sudah mengajukan dan yang keluar hanya ID nya saja. mohon bantuannya saya ngajar di sma n 25 garut, termakasih

  87. mufid khoirudin mengatakan:

    Assalamu’alakum, saya merasa adalah korban peraturan
    sergur 2012. S1 saya PLB (pendidikan Luar biasa) ngajar di SMPLB. sertifikasi yang linier dengan S1 saya tidak ada padahal tahun tahun seblumnya ada yaitu kode 800 Guru PLB(guru SDLB, SMPLB, SMALB) sedangkan di tahun 2012 kode 800 menjadi guru kelas SDLB saja, terus dari dinas pendidikan saya di suruh mengisikan mata pelajaran yang di ajarkan yaitu matematika, sehingga saya harus ikut PLPG matematika umum (SMP SMA SMK). untuk tahun 2013 ini muncul lagi kode 800 untuk guru PLB (sdlb,smplb, dan smalb). yang ingin saya tanyakan bisa nggak ganti kode dari 180 menjadi 800 karena tahun 2013 ini muncul lagi kode 800 guru PLB bukan hanya guru kelas SDLB.
    hasil plpg 2012 saya tidak lulus sertifikasi. untuk 2013 ini uji kompetensi hanya untuk yang belum pernah UKA. tolong carikan info apakah saya bisa mengikuti sertifikasi guru plb dan apakah juga harus mengikuti UKA guru PLB 2013. karena saya sudah tanya di dinas pendidikan tidak ada jawaban yang pasti, sudah telpon orang LPMP juga tidak ada jawaban yang pasti. makasih sebelumnya.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  88. ;putra suci mengatakan:

    sya blum mpunya nuptk tapi sATU BULAN LALU SUDAH KELUAR ID NUPTK. BAGAMANA CARANYA MEMPERCEPAT KELUARNYA NUPTK?

  89. fya mengatakan:

    Mau nanya nech,,,,cara ngedaftarin sertifikat guru ke DAPODIK, untuk dapt!n tunjangan profesi guru,,,gimana ?

  90. Asep Pupun Kurnia mengatakan:

    bagaimana cara mengatasi NUPTK double dengan orang lain?
    No. NUPTK saya 1535739641200023

  91. HUSNUL KHOTMAWATI, S.Pd. mengatakan:

    MAAF SAYA MAU BERTANYA NASIB SAYA, SAYA PNS PENGANGKATAN TH 2010 TAPI SAMPAI SKRG BLM JG DPT NUPTK PADAHAL SDH 2X SAYA MENGAJUKAN DAN SEKARANG ANGKATAN SAYA SUDAH BS IKUT UKG TETAPI KRN NUPTK SAYA TDK BS IKUT, SAYA PENGN KEPASTIAN BISA KELUAR TRS KALAU BELUM KELUAR JG APA ADA SOLUSINYA BIAR BS IKUT UKG ATO SERTIFIKASI?

  92. edi mengatakan:

    saya sudah gol III A dengan masa kerja 9 tahun 6 bulan belum masuk dalam peserta sertifikasi sedangkan teman2 saya yg gol. II B masa kerja 2 thn 5 bln masuk sertifikasi. mengapa demikian?

  93. wahyudin mengatakan:

    saya ingin tahu bagaimana cara memperbaiki tanggal lahir pada data NUPTK saya yang salah.?
    terima kasih mohon dibalas!

  94. anwari mengatakan:

    saya daftar peserta sertifikasi guru 2013..daftar yg tertera bidang studi sertifikasi sy sejarah padahal sy ppkn n sy tdk pernah mengajar sejarah!!1tolong gimana cara memperbaikinya!!thanks

  95. ahmad syaripudin mengatakan:

    asslmlkm
    waktu di jkrta saya sdh bersertifikasi lalu sejak juni 2012 pindah ke daerah tulung selapan,palembang,sumatera selatan, sejak saya pindah mengajar,saya mengusulkan pemindahan pemberkasan untuk tunjangan sertifikasi namun tidak bisa, menurut bagian sertifikasi dinas setempat ”NUPTK harus dipindahkan terlebih dahulu” kemudian saya disarankan kebagian perencanaan namun pihak bagian perencanaan belum bisa mengeluarkan print out LKD NUPTK karena NUPTK nya blm bisa dipindahkan ke palembang, menurut bagian perencanaan setempat ”dari jakartanya belum dibuka pemindahan NUPTK nya atau belum online” …..
    sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai NUPTK saya tersebut, saya khawatir jika terlalu lama maka tidak di aktifkan lagi NUPTK saya tersebut.
    mohon atas bantuannya
    trims
    wasallam

  96. zahrul fuadi mengatakan:

    mohon petunjuk untuk daftar nuptk baru untuk guru pns

  97. eri mengatakan:

    kapan sih bagi yang belum punya NUPTK tahun 2013 ini bisa dapat NUPTK, masalhnya dari tahun 2012 kemarin tidak dapat-dapat, sedih deh sehingga tahun 2013 ini tidak bisa ikut sertifikasi alasannya g punya NUPTK mohon informasi kapan bisa daptar online NUPT untuk tahun 2013

  98. atik mengatakan:

    bila saya guru sertifikasi yang mengajar ditangerang (kurang dari 24 jam) dan melengkapi kekurangan jam tsb dgn mengajar dijakarta. bisakah kedua jam tsb digabungkan karena berbeda wilayah?

  99. HARTONO ADIWIJAYA mengatakan:

    Saya punya teman yang sudah sertifikasi guru tahun kuota 2008. tapi ternyata NUPTK di kartu NRG dan di Sk. Dirjen Berbeda. Gimana caranya memperbaiki NUPTK tersebut?????
    NUPTK yang benar : 3259740641200023
    NUPTK yang salah : 9999999xxxxxx
    NAMA : Drs. SUNARYADI
    TTL : Bondowoso, 27 September 1962

  100. nurlina mengatakan:

    kl trjdi kekeliruan tentang mata pelajaran yang sudh terupdate pada data peserta sertfkasi apakah masih bisa diralat? bgaimana caranya?

  101. Dedy Heriyansah mengatakan:

    saya mau tanya bagaimana jika pada penulisan data di sertifikat terjadi kesalahan bagaimana cara memperbaikannya mohon bantunya terima kasih

  102. RIFINA TAA mengatakan:

    Nama saya Rufina Ta. Saya sudah menjadi PNS Tahun 2003 saya sudah masukan persyaratan mendapat NUPTK
    Lewat Dinas Pendidikan tetapi sampai sekarang belum juga
    mendapat NUPTK. Tolong informasihnya

  103. leny hartati* mengatakan:

    Mohon bantuannya, bagaimana mengurus pencabutan NUPTK. Terima kasih

  104. maria mengatakan:

    saya guru tetap yayasan yang mengajar ditk swasta berpendidikan spd dan sudah mengajar sejak tahun 2007,saya ingin mengajukan sertifikasi namun kendalanya tk tempat saya mengajar belum terakreditasi,selain mengajar tk sudah satu tahun ini saya juga mengajar bidang study pkn di sd yayasan yang sama dan sd tersebut sudah terakreditasi yang ingin saya tanyakan apakah jumlah jam mengajar saya di tk dan di sd digabungkan? karena jika sd saja jumlah jam mengajar saya kurang terima kasih

  105. M. Airul Gusti Arif mengatakan:

    Asslkm, saya mau nanya
    1. apakah masa kerja untuk calon sertifikasi guru dihitung dari honor tau PNS ?
    2. Apakah Kalau Kita mengajarnya pindah provinsi NUPTK kita berubah juga waktu NUPTK kita sudah mutasikan?

    • LenteraK mengatakan:

      Sertifikasi untuk PNS atau guru tetap yayasan (swasta), otomatis masa kerja sesuai SK pengangakatan.
      Nomer tetap, hanya perlu update data, agar tidak terjadi double NUPTK

  106. Yusriani mengatakan:

    Bapak/Ibu,,,Saya Guru Di SDN 1 Pante Rambong,,,,Yusriani,,,,tgl.Lahir 03-03-1987….saya sudah lama urus NUPTK tapi sampai sekarang belum ada,,,gimana itu…. mulai 2011 s/d 2012 saya urus,,,,saya guru PNS tolong bantu saya…..terima kasih

  107. mariska verensia mengatakan:

    saya mendapatkan nuptk dari sudin pendidikan kabupaten bogor, sekarang sudah hampir 4 tahun saya pindah mengajar di jakarta, bagaimana caranya untuk mengurus sertifikasi guru? apakah mengurus di sekolah yang lama atau di sekolah yang di jakarta? trima kasih

  108. dede mengatakan:

    nasib sya sama nih sama mas nugroho. argumen saya…. Sistem On Line yang digunakan skarang sbnernya blm siap digunakan karena tenaga kerja yang mengurusinya belum ahli atau mungkin baru belajar ngidupin komputer. so, sabar aja lah… ga usah ditunggu2. malah bikin greget… cape ngajuin berkali2 g kluar2…..

  109. Nanang HL mengatakan:

    saya guru dengan masa kerja 15 tahun tetapi dalam daftar sertifikasi guru belum tercover. bagaimana caranya untuk update kembali?
    sementara menurut Dinas Pendidikan pada saat ini sudah ditutup. benarkah?

  110. b.nugroho mengatakan:

    NUPTK saya dan teman guru di SMK yang satu angkatan belum keluar sampai sekarang.padahal kami sudah 3 tahun mengajar dengan status PNS, di sekolah lain padahal sudah lama keluar..setiap kami tanyakan ke DINAS PENDIDIKAN KOTA jawabannya selalu sama yaitu menunggu PUSAT ONLINE, jd status pengeluaran NUPK adalah moratorium atau di tunda…nah yang mau saya tanyakan apakah benar seperti ini kondisi nya?kalo benar bearti ini lingkup nya nasional kan bahwa NUPTK semua pengajuan di tunda…terima kasih

  111. Ratu Dwiyanti mengatakan:

    bagaimana cara mengurus penerbitan sk TPG di wilayah baru ?

  112. SITTI TASIA mengatakan:

    assala…, sayasudah punya NUPTK, tetapi nama saya salah satu huruf, gimana cara dibenarkan??????

  113. mohon bantuan untuk teman saya yang sudah mengajar lebih dari 5 th belum memiliki NUPTK dikarenakan anak kembar semuanya guru dilembaga yang sama, sehingga hanya satu yang keluar. namanya berbeda hanya 1 huruf itupun ditengah. sudah mengajujan/menghadap kemendiknas kab/kota katanya tidak bisa online. trims atas bantuannnya

  114. NUR INDAH mengatakan:

    Maaf pak mau tanya,,,sya guru honorer yg mendpat nuptk d banten,,kemudia sy pindah ke lampung karena memang ikut dengan suami.sya sudah urus mutasi nuptk dri thun 2011 .tp sampai sekarang data sya d saat online msih dengan data lama. apa syrat sy kurang?lalu prosedur mutasi yang benar antar propinsi bagaimana pak?trims

  115. nurhadi mengatakan:

    kenapa se pak ? klu ngurus NUPTK yg dri sekolahan negeri kok di persulit , sebalik nya klu dri sekolahan swasta kok sangat mudah. apakah sekolahan negerfi akan di hapus diganti dgn sekolah swasta . pusing saya*

  116. nurhadi mengatakan:

    saya mau tanya ? kenapa saya klu mau ngurus NUPTK kok selalu ditolak ? setelah saya tanya tmn 2 saya , katanya klu dari sekolahan negeri udah g bisa ngurus NUPTK, lain klu dri SWASTA gampang , apa se sebabnya ????

  117. wina mengatakan:

    saya mau tanya pak,,,,saya sudah mendapat no NUPTK tapi datanya bs keliru?kmn saya harus mengurusnya,,,,,dan itu berdampak nama saya tidak ada dlm daftar calon guru yg blm bersertifikasi,,,,mohon balasannya

  118. MATHILDE mengatakan:

    Tolong informasi mengenai prosedur guru sertifikasi yang pindah sekolah di kota lain dan bagaimana dengan tunjangan sertifikasi?

  119. Junaidi mengatakan:

    Kenapa pada saat nuptk saya di cek di p2tkdikdas.kemdikbud.go.id yang muncul bukan nama saya tetapi atas nama orang lain

  120. Aziz alamsyah mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    saya bersertifikasi di sekolah swasta A. setahun kemudian saya mendirikan sekolah baru. bisakah sertifikasi saya di pindahkan ke sekolah baru saya. terimakasih. mohon balasanya

  121. Veronika Maran mengatakan:

    saya sudah 3 x mengajukan NUPTK tetapi sampai hari ini saya belum mendapatkan 16 digit nomor unit tersebut.
    pertamakali saya usulkan pada tahun 2008, tetapi sampai tahun 2009 NUPTK belum jg saya dapatkan jadi saya ajukan lagi yang kedua kalinya. tetapi hasilnya sama saja, sampai akhir tahun 2012 ini NUPTK tidak saya peroleh. bagaimana kita mengetahui bahwa NUPTK kita sudah di input tetapi masih ada kekeliruannya…kemana kita mengecek bahwa data kita memang masih ada kekeliruannya..?

  122. Markus Maikameng mengatakan:

    Apa manfaat / kegunaan NUPTK bagi Tenaga Administrasi Sekolah (Tata Usaha)..?
    Kalau guru / Pendidik mendapat tunjangan sertifikasi, sedangkan Pegawai Tata Usaha / Tenaga Kependidikan..?

  123. ilham mengatakan:

    Dana tunjangan sertifikasi guru 2012 terkirim ke nomor rekening saya sebanyak 2x(dua kali) dalam minggu yang sama. tetapi yang mengambil tunjangan tesebut adalah kepala sekolah saya. katanya akan dikembalikan oleh Kemenag ke negara.
    pertanyan saya:
    1. apakah nanti ada efek di kemudian hari sama saya karena di buku rekening saya tercetak telah saya ambil semua (Rp. 17.100.000) sementara yang saya terima Rp. 8.550.000.
    2. siapa yang berhak mengembalikan dana yang salah kirim tersebut?
    3. kemana tempat pengaduan kasus seperti yang kami alami, karena di sekolah kami saja ada 4 orang sementara di sekolah lain ada lagi yang mengalami hal yang sama.

    • LenteraK mengatakan:

      Kesalahan bukan pada Anda. Sebenarnya kita bisa menolak transfer uang tersebut, dan pihak bank akan mengembalikan ke pengirim. Semoga Kepsek bijak dalam kasus ini.

  124. shinta mellani mengatakan:

    Pak, saya mau nanya. Dulunya saya bekerja di Madrasah Tsanawiyah di Kotamadya sebagai Tata Usaha dan NUPTK saya sudah ada, kemudian saya mencoba melamar Guru diKabupaten dan saya lulus. Yang mau saya tanyakan…
    1. Apakah NUPTK saya masih tetap berlaku karena saya sudah menjadi guru ?
    2. Apakah saya bisa mengikuti sertifikasi dengan NUPTK saya pada waktu menjadi Tata Usaha ?
    Terima kasih atas informasinya.

  125. molina mengatakan:

    tolong bantu dong pak/bu! saya mulai 2008 mengajar tetapi berkali-kali diajukan nuptk saya belum juga keluar ke dinas pendidikan kota batam dan teman teman sudah mendapatkan tunjangan fungsional dari pusat sementara saya belum, begitu juga teman teman sudah punya NUPTK dan siap masuk calon sertifikasi guru tinggal saya yang belum tolong dong pak /bu saya yang guru YOS SUDARSO BATAM. Data saya di dinas pendidikan juga belum ada saat saya mengecek secara online. sedih rasanya lama sudah mengajar tetapi namapun belum terdaftar. sementara yang baru dua tahun sudah siap untuk sertifikasi. please tolong bantu saya bapak/ ibu .thanks

    • LenteraK mengatakan:

      Jika rekan Anda telah mendapat NUPTK, kenapa Anda belum? Sudahkah syarat terpenuhi? Coba hubungi petugas operator langsung di diknas setempat, barangkali bisa membantu.

  126. marselinus Lewerang mengatakan:

    bulan Mei Tahun 2010 saya pindah tempat tugas ke kabupaten lain tapi masih di prov. yang sama. Ternyata pindah tugas ini membuat tunjangan sertifikasi saya untuk tahun 2010 hanya dibayar empat bulan. Bagaimana ya cara yang bisa ditempuh untuk mendapat pembayaran sisa tunjangan sertifikasi saya ?

  127. yanti mengatakan:

    bagaimana jika guru non pns sudah lulus sertifikasi 2012, tetapi belum mengajukan/memiliki sk inpassing? apa pengaruhnya pada pencairan tpp nya? terimaksih mohon bantuannya

  128. ayuk mengatakan:

    Maaf Pak / Bu.
    kapan ya usualan NUPTK dan Inpassing baru,….. saya sudah mondar mandir ke subdin tapi, hingga sekarang selalu belum ada kabar

  129. devi mengatakan:

    salam…
    saya mau menanyakan prosedur mutasi sertifikasi antar kota, gmn caranya ? terima kasih

  130. SUATANDI mengatakan:

    assalamualaikum.wr.wb…
    pa/bu mf sy mau nanya?
    kalau namanya sudah ada di daftar tunggu sartifakasi, apakah itu paten atau tidak…makasih

  131. Erviang mengatakan:

    Ass. Numpang tanya nih pa? Saya tadinya ada nuptk di sekolah swasta di way kanan, tetapi kemudian saya masuk jadi guru PNS di lampung utara, tetapi sekarang nuptk saya di lampung utara tidak terdaftar dan yang diway kanan juga sudah dihapus. Jadi bagaimana caranya ya?

  132. mina mengatakan:

    Apakah guru honor dinegeri bisa sertifikasi? Apakah pengabdian mengajar dari sekolah swasta bisa digunakan di sekolah negeri?

  133. Agus Setia Permana mengatakan:

    Pak, kalau yang namanya tercantum dalam balon sertifikasi langkah apa selanjutnya dilakukan oleh balon & waktunya sampai kapan trims ?

  134. Safrulah Jamil mengatakan:

    Mohon Infonya kapan kira-kira NUPTK selesai di upgrade..,, kok sudah lama sekali off…, Terima kasih..,

  135. rita mengatakan:

    saya sudah mengurus mutasi NUPTK saya dari Denpasar ke Kab,Jembrana, sya sudah membawa database saya dr database tempat kerja lama untuk ketempat kerja baru, tapi sampai sekrang sudah 1 tahun data saya masih tetap tempat tugas lama sehingga data peserta sertifikasi tahun 2013 nama saya tidak tercantum di kab.jembrana maupun di Denpasar, mohon bantuan penjelasannya terimakasih

  136. mini mengatakan:

    ass………pak/bu
    mau tanya kapan perbaikan data nuptk di pusat online lagi?
    balas…..mksh
    wass…..

  137. Hadiyah mengatakan:

    sebenarnya pengisian data NUPTK itu kapan sich ?koq sudah 2 tahun sy menunngu nomornya tdk terbit. katanya on line tp koq tambah susah .padahal sy ini guru PNS dan berhak mendapatkan itu

  138. umi mengatakan:

    Saya adalah guru swasta yang sdh bersertifikat, bagaimana jika saya pindah antar propinsi karena mengikuti suami ? Apakah sertifikat pendidik saya masih berlaku di propinsi lain? Jika masih, Bagaimana cara mempertahankan sertifikat tersebut?

  139. andre morang mengatakan:

    nama saya salah, seharusnya adrianto namun termuat di nuptk andrianto.
    - apakah nanti bermasalah ?
    - bagaimana cara merubahnya ?

    terima kasih, wassalam

  140. Novi DL mengatakan:

    mau tanya pak/bu :
    1. kenapa nama saya tidak ada didaftar guru yang belum sertifikasi di website sergur? padahal tahun lalu ada, walaupun nama masih dibawah kuota sertifikasi.
    2. kemudian, apakah bisa misalnya ” sekarang saya bekerja di sekolah induk A status guru GTY dan sudah mengajukan sertifikasi dari sekolah A tetapi masih daftar tunggu, mau pindah kesekolah induk lain dimana sekolah tujuan ini baru diresmikan (baru buka). kalau bisa prosedurnya bagaimana?
    tolong infonya ya pak/bu.
    terima kasih.

  141. mariano satya p. mengatakan:

    Singkatnya :
    - saya non-PNS mengajar di 2 sekolah SD (kabupaten) sejak 2005 dan PAUD (kotamadya) sejak 2008, keduanya 1 provinsi.

    - NUPTK saya keluar lewat pengusulan SD (kabupaten) sekitar tahun 2007.

    - krn tidak ada sertifikasi non-PNS di sekolah negri, beberapa teman menyarankan untuk memindahkan data NUPTK dari SD (kabupaten) ke PAUD (kotamadya) krn bisa ikut sertifikasi lewat PAUD (kotamadya) – krn saya sudah Guru Tetap Yayasan sejak 2008.

    - saat ini saya masih aktif mengajar di kedua sekolah tsb.

    - kira2 apa keuntungan dan kerugian saya pindah NUPTK tsb berkaitan dengan pengusulan CPNS dan Sertifikasi guru non-PNS?

    Mohon penjelasannya.

  142. ida yanti mengatakan:

    Ass. Sy idayanti guru b.ing sman 6 kota serang. Nuptk sy 5036754655300003..sy tdk lulus sertf 2011 dan dinyatakan utk mengulang 2013. Sy lihat nama sy utk 2013 kok tdk ada ya? Apa memang blm muncul semua?

  143. SATIBI mengatakan:

    Nama saya udah tercantum dalam NUPTK sekolah,namun kenapa nuptk saya kok lum ada ya?TMT saya mulai tahun 2006. mohon bantuan solusinya.

  144. raymond mengatakan:

    Saya sudah mengikuti plpg smp pada bulan agust – sept 2012 di Unnes Semarang dan sudah dinyatakan lulus. Saat plpg saya sudah mutasi di yogyakarta per juli 2012. Bagaimana saya harus mengurus sertifikasi saya ini?

  145. ully mengatakan:

    pengajuan nuptk skrng kok dipersulit knp ya…..?

  146. ully mengatakan:

    knp pngjuan NUPTK skrng dpersulit?

  147. trias ulinnuha mengatakan:

    saya adalah guru WB dan sudah mengajar sejak 2008 dan
    sudah empat kali mengajukan NUPTK tapi belum keluar juga padahal database saya sudah masuk dinas pendidikan kecamatan dan kota!

  148. lala thalib mengatakan:

    gimana cara atau prosedur mengurus sertifikasi dan inpasing kalo kita pindah daerah lain propinsi?

  149. Raman Dompu mengatakan:

    Apa saja persyaratan untuk dapat mengajukan Sertifikasi guru bagi PNS?????

    ( “Apa Bisa saya mengajukan sertifikasi, sementara masa kerja saya baru 2 tahun Terhitung dari CPNS, Kecuali Menjadi GTT??” )

  150. Stefen mengatakan:

    Maaf saya mau tanya, saya sdah mengajar 1 tahun lebih tpi pengurusan NUPTK sya ditolak, sdangkan teman2 guru SD yg nota benenya masih PPL blum sarjana sudah dibolehkan untk urus dan bahkan sudah punya NUPTK, apa bedanya antara saya sarjana pendidikan murni dan sudah mengabdi tpi tdik di bolehkan untk urus. Saya mohon penjelasannya. Ini sudah tdk adil pak.

    • lenterak mengatakan:

      Alasannya mengapa ditolak? Kalau alasan mengada-ada oleh petugas penerima, silahkan menghadap atasannya. Syarat NUPTK mengisi instrument yang dilengkapi bukti isik dan diajukan ke sekretariat pendataan kab/kota setempat. Bagi Non PNS yang bisa mengajukan jika: PTK telah memiliki masa kerja minimal 2 tahun, minimal aktif mengajar 10 jp dan memiliki SK GTY atau SK dari pemerintah daerah setempat, bukan SK Kepala Sekolah.

  151. abdullah mengatakan:

    bagaimana jika sudah sertifikasi, pindah sekolah masih dalam satu kabupaten apakah masih dapat tunjangan?

  152. abdul mujib mengatakan:

    NUPTK Atas Nama Abdul mujib, dari MI Darul Ulum Ngranggonanyar, kec. kepohbaru, Kab. Bojonegoro. yang keluar tertulis Abdul MujibMasturi, bagaimana cara merubah kesalahan nama tersebut? padahal sudah berkali-kali update di kemenag tp kok masih tetap Abdul mujibmasturi, minta bantuanya.

    • LenteraK mengatakan:

      Maaf saya kurang paham di depag apakah sama dengan diknas? Pastikan kebenaran update, apakah benar telah diupdate dan terkirim ke pusat?

  153. abdul mujib mengatakan:

    saya sudah lulus sertifikasi 2009 sampai sekarang belum dapat tunjangan, di karenakan NRG belum turun. apa yang menjadi pnyebab blm turunya NRG? apa karna NUPTK? padaha NUPTK sudah saya benahi berkali2. minta solusinya

  154. EKA mengatakan:

    Kapan peng update an data NUPTK untuk wilayah kabupaten sidoarjo akan dilakukan. Saya sudah melakukan regestrasi NUPTK sudah 2 kali selama 2 tahun terakhir ini ke Dinas Pendidikan Sidoarjo, tp sampai sekarang data saya juga masih tetap belum berubah. untuk instansi tempat saya mengajar masih tetap, padahal saya sudahdi angkat di sekolah yang lain. bagaimana tindak lanjutnya….???? terimakasih

  155. siam mengatakan:

    bagaiman bila yang bersangkutan adalah tenaga kependidikan (PTT) dengan masa kerja lebih dari 2 tahun. bisa tidak mengajukan NUPTK? (yang bersangkutan punya SK kepala sekolah saja) terima kasih.

  156. siam mengatakan:

    bagaimana cara untuk mendapatkan NUPTK bila yang bersangkutan adalah petugas perpustakaan non pns, dengan masa kerja lebih dari 2 tahun? bisa tidak?

  157. siti masitoh mengatakan:

    saya seorang guru sd negeri status saya masih cpns apakah saya bisa mengajukan sertifikasi?sebelum menjadi cpns saya menjadi guru honorer dari thn 2005.

  158. Budianto,S.Pd mengatakan:

    no,NUPTK 6438 7446 4820 0023 yang saya mau tanyakan kenapa saya blm mengikuti sertifikasi?sementara dibwh leting saya mengikutinya,mohon diperhatikan dan terima kasih

  159. vincentmau mengatakan:

    mhon info rinci terkait proses pengajuan inpassing guru bukan PNS, karena belum lama ini sya menanyakan informasi terkait inpassing guru bukan PNS di dinas pendidikan kab., ternyata petugasnya tdk memahami prosedure pengajuan berkas inpassing Guru Bukan PNS,…tlg dong?
    BALAS

  160. vincentmau mengatakan:

    gini bu/pa,… status teman sya sblumnya tenaga kependidikan yang sudah ada NUPTK, pada tahun 2006, ia melanjutkan studi pada FKIP selesai th.2011, dia mengsulkan usulan tunj.funsional ditolak NUPTK nya karena dia bukan pendidik, bagaimana proses pengalihan statusnya?? tlg dong????

    • LenteraK mengatakan:

      Yang bisa mengupdate data NUPTK ke pusat adalah orang yang ditunjuk, hal ini tergantung kpd petugas tsb. Cobalah betanya diluar jam kerja (banyak kasus seperti ini, bisa di selesaikan)

  161. etik mengatakan:

    saya sbg gty yg sdh sertifikasi, selain itu sy jg mengajar di sma negeri yang linier dgn sertifikasi saya. Krn sklh swasta sbg pangkalan sy sudah habis siswanya, bisakah NUPTK saya dimutasi ke sklh negeri tempat sy mengajar. Dinegeri sy mengajar 24 jp.

  162. Lenterak mengatakan:

    Biasanya nomor NUPTK tidak berubah meski ybs telah meninggal dunia (tidak diganti orang lain). Solusinya ya harus melacak NUPTK tentunya dengan bantuan operator dinas kab/kota.sekaligus pembaruan data krn menempuh pendiidkan baru.

  163. mady mengatakan:

    di tahun 2006 saya menjadi tenaga Pendidik Honorer dan sudah mendapatkan NUPTK (1355766667200003). Tetapi di tahun 2007-2012 saya tidak menjadi pendidik lagi, karna melanjutkan Pendidikan Perguruan tinggi di Luar daerah saya, namun setelah pendidikan saya selesai saya kembali lagi menjadi tenaaga pendidik di sekolah tersebut. yang saya tanyakan…
    - Apakah masih bisa saya gunakan/aktif NUPTK saya?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Recommend us on Google!
Sekilas Info

Info



Spam