Living Curriculum Akan Dikembangkan Kemendikbud

Kurikulum pendidikan di Indonesia akan berubah lagi? Saat ini pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tengah mengembangkan konsep living curriculum oleh karena belum puas dengan hasil revisi kurikulum 2013 (K-13).

Diharapkan model konsep Living Curriculum yang merupakan sebuah konsep kurikulum yang hidup dengan frame tetap, tapi implementasinya adaptif iteratif‎ ini tidak lagi mengubah total kurikulum yang lama dengan membuat kurikulum yang baru.

Living Curriculum Akan Dikembangkan Kemendikbud

 

Menurut Plt Pusat Kurikulum dan Buku (Puskurbuk) Kemendik‎bud Prof. Ir. Nizam, M.Sc.DIC,Ph.D, konsep pembaruan kurikulum saat ini selalu bongkar total. Mulai dari dokumen kurikulum, silabus, pembelajaran, sampai buku dan lembar kerja siswa berubah semua. Guru harus dilatih ulang secara keseluruhan. Mahal sekali biayanya, ramai sekali hebohnya.  Padahal kandungan pengetahuannya sendiri (knowledge content) relatif tetap.

Untuk itu, Prof. Nizam mendorong Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan tim pengembang kurikulum agar menjadikan learning outcomes-nya lebih bermakna dan membumi.

Nizam mencontohkan, Hukum Archimedes dari zaman Blio masih hidup dua ribu tahun lalu sampai kiamat ya tetap sama. Sejarah Diponegoro dari zaman penjajahan sampai zaman orang mendarat di Planet Mars ya tetap sama. Curriculum cambridge yang umurnya konon sudah lebih dari 170 tahun, tapi selalu relevan dengan kemajuan zaman karena perubahannya terjadi secara organik, tumbuh dengan keadaan berdasarkan praktik baik yang terjadi di lapangan.

Living Curriculum merupakan sebuah konsep yang lebih mengarah kepada proses pembelajaran holistik yang secara utuh atau menyeluruh dengan melibatkan semua pihak. Selain itu, kurikulum ini bersifat hidup dengan arti disesuaikan dengan kondisi yang ada serta diulang secara iteratif di mana perulangan tersebut akan berhenti jika batasan syarat sudah tidak terpenuhi.

Kita tunggu saja.

Sumber: Kemdikbud Kembangkan Living Curriculum

 

Living Curriculum Akan Dikembangkan Kemendikbud – Lentera Kecil


Artikel lain yang perlu dibaca :

Comments
  1. pulsa murah

    kenapa selalu berganti ganti kurikulumnya, kita belum memaksimalkan kurikulum KTSP sdh di ganti lagi.

    • Pada dasarnya Living Curriculum ini merupakan sebuah konsep kurikulum yang hidup, entah diterapkan ke kurikulum KTSP, K-13 atau menggunakan nama baru.

ADD YOUR COMMENT