Lumba-lumba dan Paus Bukan Ikan

Orang kadang menyebut atau menulis ikan lumba-lumba atau ikan paus untuk kedua hewan tersebut. Lumba-lumba dan Paus bukan ikan, kedua binatang tersebut adalah hewan mamalia yang hidup di laut, merupakan Ordo: Cetacea

Lumba-lumba (dolphin) adalah hewan mamalia laut yang sangat cerdas se-ordo dengan Paus. Banyak kemiripan lumba-lumba dan paus, bahkan sebagian orang menganggap lumba-lumba adalah paus kecil. Ada hampir empat puluh spesies lumba-lumba bervariasi dalam ukuran panjang dari 1,2 m (4 kaki) sampai dengan 9,5 m (30 kaki) dan berat 40 kg sampai dengan 10 ton. Makanan utama sebagian besar adalah ikan dan cumi-cumi.

lumba-lumba atau dolphin

Lumba-lumba adalah salah satu hewan laut paling cerdas, dan penampilan mereka sangat ramah, dengan ciri khas “senyum” dari mulut mereka, sehingga menyenangkan dan sangat populer di kalangan manusia. Manusia tertarik dengan kisah lumba-lumba sejak zaman dahulu. Bangsa Romawi telah membuat gambar mozaik lumba-lumba sekitar 2.000 tahun lalu. Banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba, mulai dari olahraga renang sampai teknologi sonar.

Paus (Whale) juga merupakan binatang mamalia yang hidup di laut.  Paus merupakan hewan laut terbesar yang diketahui pernah ada berukuran panjang  30 m (98 kaki) dan berat 180 ton (paus biru). Spesies paus terkecil adalah paus sperma pygmy berukuran 3,5 m (11 kaki). Paus diperkirakan menghuni di semua lautan di dunia selama jutaan tahun yang lalu.

paus hewan mamalia

 

Lumba-lumba dan Paus Bukan Ikan

Tahukah Anda:  Lumba-lumba dan Paus bukan ikan berdasarkan ciri-ciri mamalia yang ada pada kedua hewan tersebut.

Seperti hewan mamalia lainnya, lumba-lumba dan paus mempunyai ciri-ciri:

  • bernapas menggunakan paru-paru
  • mempunyai rambut (sedikit dan ada di paus dewasa)
  • berdarah panas
  • mempunyai kelenjar susu
  • mempunyai jantung dengan empat ruang

 

Evolusi cetacean

cetacea-primitifSeluruh cetacea, termasuk lumba-lumba dan paus adalah keturunan dari mamalia darat dari urutan artiodaktil (bahkan berujung ungulates ). Keduanya terkait dengan Indohyus, yang punah dan terpisah sekitar 54 juta tahun yang lalu. Cetacea primitif ini mungkin pertama turun ke laut sekitar 50 juta tahun yang lalu dan menjadi sepenuhnya air sekitar 5-10 juta tahun kemudian. Akhirnya mereka beradaptasi untuk hidup dalam lingkungan laut. Perubahan anatomi utama meliputi perampingan tubuh, migrasi dari bukaan hidung ke arah atas tempurung kepala, menyusutnya dan akhirnya hilangnya anggota tubuh belakang, forelimbs menjadi sirip, dan perubahan pertumbuhan pada ekor.

Perkataan atau tulisan yang salah “ikan lumba-lumba” atau “ikan paus”, sebab Lumba-lumba dan Paus Bukan Ikan

 


Tag artikel:
Kategori: Pengetahuan Umum
1 komentar » Lumba-lumba dan Paus Bukan Ikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Recommend us on Google!

Info



Spam