Manfaat dan Falsafah Olahraga Menembak

Dibandingkan dengan cabang olahraga lain, olahraga menembak merupakan cabang olahraga yang memerlukan kesinambungan kerja  antara aksi dan reaksi dengan baik. Dengan demikian, setiap penembak harus memiliki ketenangan, ketahanan dan pengontrolan diri. Melalui olahraga menembak seseorang dilatih dan dituntut untuk dapat berkonsentrasi tinggi, mampu mengendalikan diri dan berani mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Karena itu untuk menjadi seorang atlet menembak yang berprestasi, maka yang mesti dilakukan adalah disiplin terhadap diri sendiri, dengan latihan yang maksimal dan terus belajar mengasah keterampilan dengan pelatih, serta selalu berusaha mencapai target yang ditetapkan pelatih dalam setiap latihan.

Manfaat dan Falsafah Olahraga Menembak

Manfaat Olahraga Menembak

Manfaat olahraga menembak tentunya untuk kebugaran tubuh, menyehatkan jasmani dan rohani bagi yang menjalankannya. Selain itu, manfaat lain yang bisa dipetik dengan menekuni olahraga menembak banyak sekali. Antara lain:

  1. Dapat melatih konsentrasi, ketepatan, dan kecepatan karena menembak membutuhkan konsentrasi dalam mencari sasaran tembakan untuk mencapai hasil maksimal. Ketepatan sasaran dalam menembak harus dimengerti benar. Kecepatan dibutuhkan dalam mengatur waktu yang telah ditentukan dalam setiap melakukan penembakan.
  2. Dengan menembak melatih mental dan keberanian untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat.
  3. Dapat mengontrol diri atau melatih kesabaran.
  4. Dapat menjadi sarana untuk melepas kepenatan dari berbagai aktivitas keseharian.
  5. Untuk melatih bibit-bibit atlet yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah mancanegara dalam cabang olahraga menembak.

Falsafah  Olahraga Menembak

Seorang penembak yang berhubungan dengan senjata api, maka falsafah utama yang harus dipegangnya adalah harus selalu memperlakukan senjata dalam keadaan terisi, kemudian memastikan senjata aman dalam pegangan, ia pun harus mengerti bahwa sasaran yang akan ditembak adalah sasaran yang tepat.

Seorang penembak harus memiliki kontrol diri yang kuat, mengontrol diri dari setiap keadaan yang dapat mengganggu, tekanan, dan guncangan emosional, sehingga dapat menguasai diri dari rasa takut dan ragu-ragu.

Seorang penembak harus memiliki motivasi yang besar yang ditanamkan di dalam diri untuk berprestasi dan mengharumkan institusi, bangsa, dan negara.

Seorang penembak harus mempunyai percaya diri yang tinggi, percaya atas kemampuan diri sendiri, bertanding dengan penuh percaya diri sehingga tidak pernah punya perasaan kalah sebelum bertanding.

 

Manfaat dan Falsafah Olahraga Menembak – Lentera Kecil

ADD YOUR COMMENT