Memilih Tema WordPress

Memilih tema WordPress, gampang-gampang susah. Gampang mencari di internet namun susah yang sesuai dengan keinginan. Keinginan menggunakan tema wordpress bagi blooger tentunya berbeda satu dengan yang lain. Ada yang mengutamakan penampilan blog atau kecepatan blog atau tema yang seo friendly atau tema blog untuk bisnis atau mencari penghasilan, dan lain-lain. Ada juga blog yang harus berbeda dengan yang lain.

Beberapa kali mengganti dan memilih tema wordpress. Awalnya cocok bagi saya dengan tampilan tema wordpress yang terpilih. Dicoba di local host, tampak menarik, segera saya upload dan install di hosting. Ternyata, masih tidak sesuai harapan.

Memilih Tema WordPress

Kalau saya, prioritas utama adalah tema wordpress seo friendly, kenapa? Tentu saja untuk google. Ya, mesin pencari google masih mendominasi asal trafik kunjungan ke blog ini. Terlebih blog lenterakecil.com belum genap setahun, jadi masih harus berakrab-akrab dengan google.

Pernah menggunakan tema wordpress seo friendly yang lumayan bagus (itupun setelah sedikit dimodifikasi). Tapi apa daya, setelah blog sedikit berkembang, ada masalah yang muncul. Beberapa plugin yang digunakan mendadak tidak berfungsi, setelah banyak komentar terhadap sebuah artikel.

Dalam memilih tema wordpress, situs https://developers.google.com/pagespeed/ masih menjadi pedoman, yaitu menguji skor kecepatan loading blog. Skor minimal harus 80. Dengan bantuan situs ini, akan terlihat kekurangan tema tersebut dan apabila memungkinkan membenahi kekurangannya akan dicoba pakai di blog. Tapi tahap ini belum berakhir. Meski kecepatan sudah mencapai di atas 90, namun kadang beberapa kode tidak berfungsi atau plugin tidak mendukung tema.

Dan yang terpenting tema wordpress yang saya pilih adalah gratis atau free premium namun bukan nulled atau yang sudah dihack. Blog ini merupakan blog personal yang belum mengarah ke blog bisnis, jadi tema wordpress premium belum terpikirkan.

Salah satu keuntungan besar menggunakan WordPress adalah ada ribuan tema gratis berkualitas tersedia, bersama dengan premium dan tema kustom. Tapi semua pilihan-pilihan ini kadang-kadang bisa membuat keputusan lebih sulit dan membingungkan.

Saya masih mencari dan mencari sesuai dengan harapan dengan terus mencari dan memilih tema wordpress.


Comments
  1. windi

    Saya lagi mengalami masalah itu mas,,
    Plugin Maintenance page tidak bisa berfungsi, kira2 bagaimana solusinya ya? karena jika harus ganti tema lagi sangat repot bagi saya yg masih nuby,,,

  2. windi

    Saya lagi mengalami masalah itu mas,,
    Plugin Maintenance tidak bisa berfungsi, kira2 bagaimana solusinya ya? karena jika harus ganti tema lagi sangat repot bagi saya yg masih nuby,,,

ADD YOUR COMMENT