Memperingati Hari Handuk Internasional

Tahukah Anda ada yang namanya Hari Handuk Internasional? Hari ini diperingati setiap tanggal 25 Mei tapi peringatannya sejauh ini belum menyebar sampai ke semua negara di dunia karena hari ini memang belum diketahui banyak orang. Bukan Hari Handuk namanya kalau peringatannya tidak melibatkan handuk.

Pada hari-hari biasa handuk hanya berdiam diri di dalam kamar mandi, jemuran, ember cuci, atau mesin cuci. Nah, pada Hari Handuk, handuk beredar di mana-mana tanpa malu. Tapi tentunya handuk yang bersih dan sudah dicuci.

Hari Handuk Internasional

Hari Handuk muncul sebagai penghormatan terhadap penulis Douglas Adams. Buku berjudul The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy (H2G2) karyanya dikenal dan digemari banyak orang di seluruh penjuru dunia. H2G2 yang dipublikasikan pada 1979 merupakan buku fiksi panduan perjalanan ke galaksi Bima Sakti. Kutipan di dalam salah satu bab buku tersebut berbunyi:

“Handuk merupakan benda paling bermanfaat bagi seorang pengelana. Hal ini karena handuk sangat praktis—Anda bisa memakainya untuk menghangatkan tubuh ketika Anda melintasi bulan-bulan Jaglan Beta yang dingin; Anda bisa berbaring di atasnya di pantai-pantai berpasir marmer di Santraginus V sambil menghirup aroma laut yang tajam; Anda bisa memakainya sebagai selimut untuk tidur di bawah bintang-bintang yang bersinar merah di atas gurun Kakrafoon…Anda bisa melambaikannya dalam keadaan darurat sebagai tanda bahaya, dan tentu saja untuk mengeringkan tubuh Anda kalau handuk itu masih cukup bersih.”

Kutipan ini sangat populer di kalangan para penggemar H2G2 sehingga dua minggu setelah Douglas meninggal pada 11 Mei 2001, mereka memperingati Hari Handuk sebagai bentuk apresiasi mereka atas buku-buku karya Douglas. Lokasi-lokasi yang disebutkan dalam kutipan di atas tentu saja fiksi belaka, namun kalimat terakhirnya tetap menyampaikan pesan penting, yaitu hanya gunakan handuk bersih yang dicuci secara teratur untuk mengeringkan tubuh.

Bagaimana Cara Memperingati Hari Handuk?

Entah Anda merupakan salah satu penggemar H2G2 atau hanya ingin menciptakan tren baru, ada banyak cara untuk ikut memperingati Hari Handuk Internasional, antara lain:

  • Pada 25 Mei, bawa handuk ke mana saja Anda pergi. Bukan di dalam tas, tapi diperlihatkan secara terang-terangan, misalnya dikalungkan di leher, dililitkan di pinggang, atau digantung di bahu. Demi kenyamanan Anda dan orang-orang di sekitar Anda, sebaiknya bawa handuk bersih yang sudah dicuci. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui cara kerja mesin cuci karena setelah itu Anda perlu mencuci kembali handuk tersebut agar bersih dari debu.
  • Sebarkan informasi ini kepada teman-teman Anda melalui Twitter dengan #towelday atau #harihanduk, di blog Anda, di forum-forum yang Anda ikuti, di Facebook, dll.
  • Kirimkan rencana acara peringatan Hari Handuk tahun depan ke info@towelday.org agar dimasukkan ke dalam agenda acara mereka. Dalam bahasa Inggris tentunya. Berbagai agenda acara di berbagai negara sudah terdaftar di towelday.org.
  • Setelah acara, pamerkan foto-foto atau video Anda di media sosial.
  • Sebar luaskan informasi cara mencuci handuk yang benar dan cara kerja mesin cuci agar tidak merepotkan teman-teman Anda setelah peringatan Hari Handuk selesai.

 

Memperingati Hari Handuk Internasional – Lentera Kecil

ADD YOUR COMMENT