Mengenal Jenis-jenis Rambut

Rambut adalah bagian dari tubuh yang perlu mendapatkan perhatian dan perawatan. Namun, tidak semua orang paham dan mengenal jenis rambutnya. Mengenal jenis rambut memiliki arti penting sebagai salah satu cara merawat rambut rusak jika terjadi, karena setiap orang ternyata memiliki tipe rambut berbeda yang tentunya, berbeda pula cara merawatnya.

mengenal jenis rambut

Bagaimana cara mengetahui jenis rambut?

Ada pendapat yang yang dipercayai kebenarannya oleh banyak pakar rambut tentang jenis rambut berdasarkan kondisi fisik seseorang :

  1. Orang yang berkulit normal biasanya cenderung memiliki rambut normal. Rambut tipe ini adalah rambut yang tidak berminyak, tapi juga tidak kering. Biasanya, cara perawatannya pun cenderung lebih mudah dibandingkan tipe rambut lain.
  2. Orang berkulit kering cenderung memiliki rambut kering. Rambut tipe ini mudah kusut, sulit disisir, dan sangat rapuh. Sering juga rambut terlihat pecah-pecah dan tidak sehat. Penyebabnya kadar minyak rambut  di bawah normal dan rambut menjadi kurang kelembaban.
  3. Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung memiliki rambut berminyak. Rambut tipe ini sering dikaitkan dengan kelenjar minyak yang terlalu aktif karena kadar hormon yang lebih tinggi. Akibatnya rambut rata di kepala dan sering kali terlihat lepek serta berketombe.

Kita dapat melakukan tes sederhana untuk mengetahui jenis rambut. Jika ingin hasil yang lebih akurat, pemeriksaan melalui laboratorium adalah jalan satu-satunya. Cara tes sederhana untuk mengenal jenis rambut:

  1. Sebaiknya rambut dicuci dengan shampo terlebih dahulu dan lakukan pengetesan keesokan hari setelah rambut benar-benar normal seperti hari-hari biasa.
  2. Gunakan kertas tisu untuk menekan di bagian tengah kepala maupun di belakang telinga. Jika kertas tisu terdapat minyak berarti termasuk jenis rambut berminyak, tapi kertas tisu kering, maka jenis rambut kering.

Mengenal Jenis-jenis Rambut – Lentera Kecil

 

 


Artikel lain yang perlu dibaca :

Comments
  1. nice info, bisa menambah pengetahuan saya ini .

ADD YOUR COMMENT