Menjadi Teknisi Komputer yang Terampil

Menjadi teknisi komputer yang terampil tidak harus dari kalangan berpendidikan teknik informatika saja. Siapa pun bisa melakukannya. Buku-buku yang membahas komputer secara lengkap mudah didapat, bahkan belajar komputer secara online pun banyak tersedia di internet.

Pernahkah Anda mengalami kejadian seperti ini? Ketika sedang mengerjakan tugas menggunakan komputer di malam hari, entah tugas sekolah, kuliah atau pekerjaan, yang mengharuskan selesai malam ini karena besok harus sudah diserahkan, tiba-tiba komputer mendadak rusak. Kepanikkan, kebingungan menghampiri diri Anda. Celakanya, jam telah menunjukkan angka 11 malam. Mau memanggil teknisi komputer atau meminjam komputer teman bahkan pergi ke warnet pun dipenuhi keragu-raguan.

Andai saja, kita mempunyai sedikit pengetahuan tentang teknik komputer, apalagi mempunyai kemampuan seperti teknisi komputer yang terampil, mungkin persoalan tersebut dapat teratasi. Dengan cekatan kita dapat menganalisa dan menemukan kerusakan tersebut, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan.

Menjadi Teknisi Komputer yang Terampil

Saat ini dapat dikatakan kebutuhan primer telah bertambah yaitu kebutuhan akan hiburan dan edukasi, selain kebutuhan sandang, pangan dan papan. Aspek hiburan dan pendidikan telah tercakup dalam media komputer masa kini, maka sudah sepantasnya kita mengerti segala hal yang berhubungan dengan komputer seperti halnya pengetahuan tentang makanan, pakaian dan tempat tinggal.

Untuk menjadi teknisi komputer yang terampil dan handal tidaklah harus menempuh pendidikan formal. Belajar secara otodidak lewat membaca buku, membaca artikel-artikel komputer yang ada di koran, majalah atau dapat lewat internet yang banyak membahas persoalan komputer. Bahkan melalui internet, kita bisa belajar online menjadi teknisi komputer layaknya mengikuti sebuah kursus keterampilan komputer.

Banyak keuntungan yang diperoleh jika kita menjadi teknisi komputer yang terampil, selain untuk diri kita sendiri bilamana mendapat masalah seperti yang di atas, juga kita bisa membantu rekan atau orang lain. Bahkan keterampilan ini dapat dijadikan sumber penghasilan utama. Silahkan Anda cari informasi, berapa jumlah komputer pribadi (PC) maupun Notebook yang ada di sekitar tempat tinggal Anda? Dan berapa orang yang mempunyai keterampilan sebagai teknisi komputer?

Cobalah Anda pergi ke salah satu tempat service komputer, berapa lama sebuah komputer menunggu selesai diperbaiki? Berapa banyak komputer yang antre menunggu giliran diperbaiki? Ini pekerjaan teknisi komputer, bukan operator, programmer maupun analis sistem, meski mereka paham komputer. Untuk masalah hardware (perangkat keras) bagi teknisi komputer yang terampil sudah merupakan ”sahabat” sehari-hari.

Bagi kita yang menganggap komputer sudah menjadi bagian dari kebutuhan, sudah selayaknya lebih jauh mengenal bagian-bagian hardware komputer yang merupakan bagian rangkaian utama kerja sebuah komputer. Silahkan mencari cara terbaik untuk belajar menjadi teknisi komputer yang terampil.

 


Artikel lain yang perlu dibaca :

Comments
  1. untuk menjadi seorang teknisi harus terampil dan banyak belajar..:D

    makasih infonya.

  2. kalo boleh kirim artikel cara tekhnisi komputer scara keseluruhan. ma kasih

  3. okelah bos bagus, good,good,good…….
    http://www.pc-laptopanda.blogspot.com

  4. harus semangat neh kalau masalah kontes seo, mantaf si mas, page one, hebat master

  5. Wah pantesan masuk jajaran top ten peserta kontes, banyak keyword berhubungan dengan belajar komputer nyasar ke sini. Salut deh,

ADD YOUR COMMENT