Pelaksanaan UKA Sertifikasi Guru 2013 ditunda

Calon penerima sertifikasi guru 2013 sepertinya harus bersabar lagi. Pelaksanaan UKA sertifikasi guru 2013 ditunda dan kemungkinan pelaksanaan PLPG dan sebagainya juga akan tertunda.

Seperti yang telah ditulis sebelumnya tentang jadwal pelaksanaan UKA 2013, bahwa pihak kemendikbud saat ini masih berkonsentrasi pada penerapan kurikulum baru. Dampaknya, program pelaksanaan uji kompetensi awal (UKA) sertifikasi guru 2013 kedodoran. Syawal Gultom Kepala BPSDMP-PMP Kemendikbud memperkirakan pelaksanaan UKA 2013 akan mundur menjadi sekitar Maret dengan catatan tidak ada gangguan dengan pelatihan penyiapan guru menghadapi kurikulum baru 2013.

Sebenarnya, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat pemberitahuan nomor 0412/12/LL/2013 tertanggal 1 Maret 2013, yang menyatakan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Awal (UKA) sertifikasi guru 2013 akan dilaksanakan tanggal 2 hingga 12 April 2013.

Namun, tanggal 22 Maret 2013, (BPSDMP-PMP ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirim surat dengan bernomor 05503/J2/LL2013 yang di tujukan kepada kepala LPMP se Indonesia yang menginformasikan tentang perubahan Pelaksanaan UKA Sertifikasi Guru 2013 , yang ditandatangani oleh an. Kepala Badan Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidikan Unifah Rosydi.

 

Informasi Pelaksanaan UKA Sertifikasi Guru 2013

 

  • Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2013 ditunda sampai dengan bulan Mei 2013, mengingat anggaran pelaksanaan UKG sampai saat ini masih dalam proses pembahasan ulang untuk proses pencairan.
  • Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota wajib melakukan verifikasi kelayakan tempat Uji Kompetensi Guru (UKG) dan menunjuk operator yang kompeten untuk menjamin kelancaran dan ketepatan waktu pelaksanaan UKG online.
  • Sehubungan dengan tidak adanya mata Pelajaran TIK pada struktur kurikulum SMP dan SMA tahun 2013, maka UKG tahun 2013 tidak ada mata uji TIK. Oleh karena itu, peserta UKG mata pelajaran TIK dapat merubah ke mata pelajaran lain yang sesuai dengan ketentuan dan persyaratan peserta sertifikasi guru. Perubahan mata pelajaran masih dimungkinkan dan diberi kesempatan sampai tanggal 13 April 2013.
Penundaan Pelaksanaan UKA 3012

Surat BPSDMP-PMP nomor 05503/J2/LL2013

 

Semua informasi di atas dapat disebarluaskan kepada guru peserta UKA secara berantai, dan bila ada yang masih belum jelas, dapat menghubungi Dinas Pendidikan masing-masing Kabupaten/Kota pada hari jam kerja.

Mengapa terjadi penundaan? Alasannya: Pelaksanaan UKA 2013

 

Comments
  1. Heni_Makkas

    kodonk Nunggu Lagi,coba ngga ada tes,Adakan Pelatihan Aja….

  2. waaah selalu ada penundaan ini mengurangi semangat

  3. kapan sebenarnya sih jadwal UKA 2013? jgn membingungkan org yg sdh bingunglah,apa ini kinerja pemerintah dinas pendidikan medan?

  4. UDU GURU BOJO PUN UDU

    melu seneng pada ana upahe
    jere nek ana wong seneng melu seneng dadi apik

  5. UDU GURU BOJO PUN UDU

    Lah melu seneng…..
    Jere neka ana wong seneng melu seneng dadi apik

  6. Agustinus Suhedi

    KALAU BISA JANGAN TERLALU BANYAK PERSYARATAN, SEHINGGA MEMEBUAT PUTUS ASA BAGI YANG BELUM MEMILIKI SERTIFIKAT PENDIDIK. TERIMA KASIH

  7. Agustinus Suhedi

    SEMOGA PENYELENGGARA UKG BISA MEMPERTIMBANGKAN BEBERAPA HAL DENGAN PENUH BIJAKSANA, TERUTAMA BAGI GURU YANG UDAH LAMA MENGABDI . TERIMA KASIH

  8. marni

    kami2 guru honoler ini sangat sabar dlm menjalani tugas guru,klw memang pemerintah mau mengangkat kami lbh baik ya alhamdulillah tapi maaf jgnlah di persulit ya pak?smg para pemimpin masuk surga amin..

  9. sriweni

    mohon untuk bulan mei UKG sudah bisa di laksanakan

    • HARTOnO

      siippp, sy dkung tu

  10. diah purwaningsih

    mohon bagi peserta 2012 yang tidak lulus tidak diikutkan plpg hanya ujian akhir saja

  11. mohon solusi,jika tidak lulus PLPG, mengulang kembali, tetapi
    UKA lulus gimana solusinya?

  12. saya mau tanya teman saya tidak lulus sertifikasi tahun 2012,UKA lulus tetapi PLPG tidak lulus gimana solusinya?

ADD YOUR COMMENT