Pendekatan Penyusunan Strategi Pembelajaran

Pendekatan penyusunan strategi pembelajaran merupakan alternatif untuk menyusun suatu strategi pembelajaran yang lebih terarah. Strategi merupakan perencanaan atau taktik yang dirancang sedemikian rupa untuk tujuan pembelajaran yang lebih khusus.

Strategi pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam implementasi program pendidikan karena memuat tugas-tugas atau kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Selain strategi terdapat juga metode pembelajaran yang merupakan cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan instruksional yang ditetapkan. Keduanya memiliki keterkaitan yang kuat sebagai sebuah proses pendidikan.

model-pembelajaran-lentera

Pendekatan Penyusunan Strategi Pembelajaran

Ada tiga alternatif pendekatan yang dapat digunakan dalam proses penyusunan strategi pembelajaran menurut Oemar Hamalik (1995:27), yaitu:

  1. Pendekatan strategi pembelajaran yang berpusat pada mata pelajaran. Topik atau materi pelajaran bersumber dari mata pelajaran tersebut. Posisi guru sebagai penyampai pesan, dan siswa sebagai penerima pesan. Sedangkan pesan itu sendiri adalah bahan mata pelajaran. Rangkaian komunikasi tersebut dapat digunakan berbagai metode mengajar.
  2. Pendekatan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan, minat dan kemampuan siswa. Dalam pendekatan ini lebih banyak digunakan metode dan strategi dalam rangka individualisasi pembelajaran. Pendekatan ini, misalnya belajar mandiri, belajar lewat modul, paket belajar dan sebagainya.
  3. Pendekatan strategi pembelajaran berorientasi pada kehidupan masyarakat. Pendekatan ini berupaya mengintegrasikan sekolah dan masyarakat. Metode yang dipakai yaitu mengundang masyarakat ke sekolah atau siswa berkunjung ke masyarakat dengan cara karya wisata, praktek kerja, menjadinarasumber, dan lain sebagainya.

 

Pendekatan Penyusunan Strategi Pembelajaran – Lentera Kecil


Artikel lain yang perlu dibaca :

ADD YOUR COMMENT