Penilaian dengan Prosedur Pre Test dan Post Test

Penilaian dengan prosedur pre test dan post test adalah suatu kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh guru untuk memperoleh informasi tentang pengetahuan, kemampuan, bakat, dan kepribadian siswa dengan memberikan seperangkat pertanyaan atau tugas yang direncanakan dengan memiliki  ketentuan atau jawaban yang dianggap benar dari baik itu secara tertulis maupun lisan. 

Menurut Zainul dan Nasution yang dikutip oleh Suryanto, 2008, jika ada seperangkat pertanyaan atau tugas yang diberikan kepada siswa, tetapi tidak ada jawaban yang benar atau salah maka itu bukanlah tes. Yang termasuk kelompok tes antara lain tes objektif dan tes uraian. Sedangkan yang termasuk bukan kelompok tes antara lain skala sikap, pedoman wawancara, skala rating, dan pedoman pengamatan.

Penilaian dengan Prosedur Pre Test dan Post Test

Penilaian Pre Test

Penilaian dengan Prosedur pre test adalah suatu bentuk pertanyaan, yang dilontarkan guru kepada muridnya sebelum memulai suatu pelajaran. Pertanyaan yang ditanya adalah materi yang akan diajar pada hari itu (materi baru). Pertanyaan itu biasanya dilakukan guru di awal pembukaan pelajaran.

Pre test diberikan dengan maksud untuk mengetahui apakah ada diantara murid yang sudah mengetahui mengenai materi yang akan diajarkan. Pre test juga bisa di artikan sebagai kegiatan menguji tingkatan pengetahuan siswa terhadap materi yang akan disampaikan, kegiatan pre test dilakukan sebelum kegiatan pengajaran diberikan.

Adapun manfaat dari diadakannya pre test adalah untuk mengetahui kemampuan awal siswa mengenai pelajaran yang disampaikan. Dengan mengetahui kemampuan awal siswa ini, guru akan dapat menentukan cara penyampaian pelajaran yang akan ditempuh nanti.

Penilaian Post tes

Penilaian dengan Prosedur post test adalah bentuk pertanyaan yang diberikan setelah pelajaran/materi telah disampaikan. Dengan kata lain, post test adalah evaluasi akhir saat materi yang di ajarkan pada hari itu telah diberikan yang mana seorang guru memberikan post test dengan maksud apakah murid sudah mengerti dan memahami mengenai materi yang baru saja diberikan pada hari itu.

Manfaat dari diadakannya post test ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan yang dicapai setelah berakhirnya penyampaian pelajaran. Hasil post test ini dibandingkan dengan hasil pre test yang telah dilakukan sehingga akan diketahui seberapa jauh efek atau pengaruh dari pengajaran yang telah dilakukan, disamping sekaligus dapat diketahui bagian-bagian mana dari bahan pengajaran yang masih belum dipahami oleh sebagian besar siswa.

 

Penilaian Prosedur Pre Test dan Post Test – Lentera Kecil

ADD YOUR COMMENT