Perkembangan Produk IT Yang Ramah Lingkungan

Teknologi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tahukah anda apa yang dapat menggerakkan teknologi tersebut? Ya, teknologi tersebut digerakkan oleh energi. Energi listrik adalah energi yang paling banyak dimanfaatkan saat ini. Sebagaimana kita ketahui, pembangkit listrik di Indonesia mayoritas berasal dari fosil (minyak bumi dan batu bara). Padahal hasil dari pembakaran bahan tersebut tidaklah sempurna dan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) yang dapat menyebabkan efek rumah kaca yang berakibat pada kerusakan lapisan ozon. Alat elektronik pendukung kegiatan manusia tanpa disadari menghasilkan panas yang sangat berpengaruh terhadap pemanasan global.

Perkembangan Produk IT Yang Ramah Lingkungan

Saat ini beberapa produk IT telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam mendukung green technology atau ramah lingkungan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Prosessor Komputer Teknologi processor sebagai ‘otak’ komputer telah berkembang semakin cepat, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memproses suatu data berkurang. Dengan mempercepat proses pengolahan data paling tidak kita telah mengurangi konsumsi listrik komputer tersebut disamping pengembangan agar tiap-tiap bagian dari komputer tersebut lebih hemat listrik.

2. Monitor Komputer Dulu, televisi atau monitor menggunakan teknologi tabung atau CRT. Teknologi tersebut mempunyai dampak buruk untuk kesehatan mata, menghasilkan panas berlebih, dan juga boros daya. Sekarang telah hadir monitor atau televisi dengan teknologi LCD dan plasma yang mampu menutupi kekurangan dari monitor CRT. Selain itu muncul teknologi HD (High Definiton) pada monitor LCD dan plasma akan menghasilkan resolusi gambar yang lebih tinggi daripada monitor LCD dan plasma biasa.

3. Memory Komputer Teknologi RAM (Random Access Memory) sebelumnya adalah DDR 1 dengan konsumsi listrik 2.5 volt terus berevolusi menjadi DDR 2 dengan konsumsi listrik hanya 1.8 volt saja namun dengan kemampuan yang sama bahkan lebih tinggi dari DDR 1. Saat ini sudah dikembangkan teknologi terbaru DDR 3.

Disamping tiga produk IT diatas, saat ini salah satu vendor motherboard, ASUS, menggunakan teknologi bernama EPU (Energy Processing Unit). GIGABYTE juga mengeluarkan teknologi serupa yang diberi nama DES (Dynamic Energy Saver). Dua teknologi tersebut berfungsi untuk menghemat pemakaian listrik. Dengan teknologi ini, motherboard keluaran kedua produsen tersebut dapat menghemat energi listrik tanpa mengorbankan performansi.

Selain itu MSI juga mengeluarkan produk terbaru bernama Low Cost PC. Seperti namanya, selain menggunakan sedikit energi, ukurannya juga kecil. Dengan ukuran 300x65x240mm, PC ini hanya menggunakan energi kurang dari 60 watt. Walaupun ukurannya kecil, kemampuannya hampir sama dengan PC pada umumnya.

 

Produk IT Yang Ramah Lingkungan – Lentera Kecil

ADD YOUR COMMENT