Pertalite Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Kehadiran Pertalite bisa menjadi salah satu solusi dalam menjaga udara agar tetap bersih akibat dari pencemaran kendaraan bermesin. Dengan adanya BBM ramah lingkungan dan beroktan tinggi atau memenuhi standar EURO2, untuk mengembalikan kondisi udara agar tetap sehat.  Selain itu, penggunaan bahan bakar murah dengan kadar oktan yang rendah justru akan berdampak lebih mahal karena biaya perawatan kendaraan akan lebih banyak pengeluaran. Dan yang lebih penting lagi adalah negara tidak mengeluarkan anggaran yang lebih mahal untuk mensubsidi bahan bakar premium.

Layanan Pertamina Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

 

Pertalite Pertamina Bahan Bakar Berkualitas Harga Terjangkau

Peluncuran produk Pertalite Pertamina merupakan solusi BBM berkualitas namun dengan harga lebih terjangkau kepada masyarakat luas. Pemasaran Pertalite sudah bisa dinikmati oleh masyarakat sejak Jumat 24 Juli 2015 dengan dilakukan pengisian Pertalite pertama kalinya ke sebuah mobil Toyota Avansa oleh Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM yang didampingi oleh Komisaris dan Direktur Utama Pertamina di SPBU 31.1.02.02 Abdul Muis, Jakarta Pusat, sebagai tandai bahwa Pertalite Pertamina sudah bisa dibeli oleh masyarakat. Harga perdana Pertalite sewaktu pertama kali diluncurkan adalah Rp 8.400/liter (per 21 Juli 2015) yang memiliki selisih Rp 1.100/liter lebih tinggi daripada harga Premium pada waktu itu.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

pengisian perdana pertalite ke kendaraan dilakukan oleh Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM didampingi Komisaris dan Direktur Utama Pertamina di SPBU 31.1.02.02 Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat 24 Juli 2015

Bagi masyarakat, dengan adanya bahan bakar jenis bensin (gasoline) Pertalite menjadi solusi pilihan konsumen pertamina terutama bagi masyarakat yang ingin mendapat bahan bakar minyak (BBM) berkualitas yang lebih baik dari premium namun dengan harga yang terjangkau. Hal ini dikarenakan Pertalite berada di antara premium yang memiliki oktan 88 (RON 88) dan pertamax yang memiliki oktan (RON 92 -95).

Sedangkan bagi pemerintah, kehadiran BBM inovatif Pertalite dari Pertamina yang ramah lingkungan ini semakin mendekatkan target pemerintah dalam menerapkan Standar Emisi EURO (European Emission Standard ) yang selama ini penerapannya terkendala dengan kualitas BBM yang ada di Indonesia. Juga dengan adanya Pertalite, menambah bahan bakar ramah lingkungan yang sesuai standar lingkungan ESC (European Steady Cycle).

Selain itu, perusahaan milik BUMN ini telah melaksanakan Surat Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi nomor 313.K/10/DJM.T/2013 tentang Standar dan mutu (Spesifikasi) bahan bakar minyak jenis bensin 90 yang dipasarkan dalam negeri berdasarkan pertimbangan: memperhatikan perkembangan teknologi, kemampuan produsen, kemampuan dan kebutuhan konsumen, keselamatan dan kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan hidup, perlu adanya penambahan spesifikasi bahan bakar jenis bensin yang dipasarkan dalam negeri dengan menetapkan spesifikasi bahan bakar jenis bensin 90 (RON 90).

Solusi Pertamina Menciptakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Usaha Pertamina dengan membuat produk Pertalite telah sesuai dengan tajuk Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan karena produk telah dirancang, dianalisa, diformulasi dan diproduksi, sehingga menghasilkan BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau sesuai harapan perusahaan, pemerintah dan masyarakat.

Keunggulan Bahan Bakar Pertalite Pertamina

Dalam kajian teori, bahan bakar yang memiliki kadar oktan tinggi mempunyai banyak keunggulan dibanding dengan bahan bakar yang beroktan rendah. Beberapa keunggulannya yaitu menjaga kualitas mesin kendaraan, tenaga yang dihasilkan lebih tinggi dan lebih irit serta lebih ramah lingkungan.

Dengan memiliki kandungan oktan 90 atau Research Octane Number (RON) 90 maka Pertalite sesuai dengan tujuan Pertamina yaitu memberikan solusi bahan bakar yang berkualitas sekaligus ramah lingkungan. Angka oktan adalah satuan angka yang menyatakan kandungan molekul iso oktan di dalam bahan bakar sesuai tingkat ketukan (knocking) saat terjadi pembakaran pada mesin. Molekul ini yang menahan terjadinya detonasi (ngelitik) pada mesin. Sehingga makin tinggi angka oktan, maka bahan bakar tersebut mampu bekerja maksimal terhadap kompresi tinggi.

Beberapa hasil uji coba yang dilakukan praktisi otomotif dan kalangan perguruan tinggi menunjukkan bahwa Pertalite lebih hemat 10-16% dibandingkan dengan premium. Pertalite sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi 9,1-10,1 atau mobil tahun 2000 ke atas, terutama yang telah menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

Hasil uji yang dilakukan Pertamina, pada mobil Toyota Avanza, satu liter Pertalite mampu menempuh jarak 14,78 Km, sedangkan jika menggunakan Premium hanya mampu melaju 13,93 Km.

Sedangkan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB melakukan uji coba penggunaan Pertalite pada mo­tor jenis Honda Beat 110 cc Full Injection (FI), Honda Vario 125 ccFI, dan Yamaha Vixion 150 ccFI, sedangkan roda empat pada mobil Toyota Camry, Toyota Avanza, dan Mercedes. Hasil uji coba secara umum adalah pemakaian Pertalite lebih irit daripada Premium. Secara performa pun Pertalite lebih baik dibanding Premium meskipun masih di bawah Pertamax.

Keunggulan Menurut Kajian Pertamina

1.Durability

PERTALITE memenuhi syarat dasar durability (ketahanan) yaitu bahan bakar kendaraan yang tidak akan menimbulkan gangguan serta kerusakan mesin. Kandungan oktan yang dimiliki pertalite adalah 90 serta mengandung aditif detergent, anti korosi, serta pemisah air yang akan mengahambat proses korosi dan pembentukan deposit didalam mesin.

2. Fuel Economy

Kesesuaian oktan 90 PERTALITE dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan beroperasi sesuai dengan rancangannya. Perbandingan Air Fuel Ratio yang lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar menjadikan kinerja mesin lebih optimal dan efisien untuk menempuh jarak lebih jauh karena biaya operasi bahan bakar dalam Rp/Km akan lebih hemat.

3. Performance

Kesesuaian angka Oktan PERTALITE dan Aditif yang dikandungnya dengan spesifikasi mesin akan menghasilkan performa mesin yang jauh lebih baik dibandingkan ketika menggunakan Oktan 88. Hasilnya adalah tarikan lebih enteng, kecepatan yang lebih tinggi serta emisi gas buang yang lebih bersih. Hal ini akan menjadikan kendaran lebih lincah dalam bermanufer serta lebih ramah lingkungan.


Dengan Pertalite Perjalanan Semakin Jauh

Bagi masyarakat yang menginginkan performa kendaraan jauh lebih bertenaga dan irit maka sebaiknya mulai dari sekarang gunakan saja Pertalite, daripada sering mencampur premium dengan pertamax dengan volume tertentu agar menghasilkan kadar oktan yang tinggi. Meskipun harga dari pertalite sedikit lebih mahal dari premium namun hal tersebut sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya.

Meskipun Pertalite belum sepenuhnya tersedia di seluruh SPBU Pertamina yang ada di Indonesia, namun ketersediaan jenis bahan bakar minyak (BBM) RON 90 ini telah menambah jenis bahan bakar kendaraan mesin jenis bensin (gasoline) yang tersedia di SPBU sebelumnya yaitu Premium (RON 88), Pertamax (RON 92) dan Pertamax Plus (RON 95).

 

Sumber referensi:

  • Restrukturisasi Korporat Pertamina Dari Legacy ke Imperatif Baru
  • Buletin Energia Pertamina
  • Website Pertamina.com

 

 

Lentera Kecil

Comments
  1. Kykna, ada yang salah dengan letera ini kang, soalnya, baru2 publish nih artikel no 1, besoknya di no 3, sekarang hilang….

    • Pertamina cuma bertahan 4 hari dan yang terakhir ada di posisi 2 kemudian menghilang setelah dapat backlink. Bukan lentera kecil saja yang mengalami 🙁

  2. Setelah bertahun-tahun banyak orang menganggap bahan bakar hasil produksi pertamina kurang bagus. Kini saatnya kita harus mengakui bahwa Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan adalah BBM Pertamina. Hal ini sangat penting agar motor, mobil atau mesin lain yang menggunakan bahan bakar dari Pertamina bisa lebih Awet. BBM Pertamina sudah mulai diakui oleh dunia. Bahwa produk mereka memiliki kelebihan dari produk sejenis. Jadi Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan adalah produk PT. Pertamina. Mari kita berbangga dengan produk buatan anak bangsa.

    Catatan: klu menang, bagi2 ya…hehehe

    • Pertalite dari Pertamina ini banyak yang bahas positifnya daripada negatifnya.

ADD YOUR COMMENT