Pola Makan Sehat

pola makan sehatPola Makan Sehat. Banyak orang tidak atau kurang mengetahui pola makan yang baik untuk kesehatan. Anggapan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna sudah cukup bagi kesehatan, perlu dipahami lebih lanjut. Selain faktor utama tersebut, pola makan yang sehat perlu juga diperhatikan agar makanan yang dikonsumsi benar-benar merupakan makanan untuk hidup sehat.

Pola Makan sehat akan meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup bagi orang yang mampu mengembangkan kebiasaan yang baik dan berfokus untuk hidup sehat. Berikut adalah beberapa tips sederhana pola makan yang sehat dan setiap orang dapat mulai segera memulai.

1) Makan Beberapa kali dengan Porsi Kecil

Cara sederhana untuk membantu meningkatkan metabolisme dan mengatur gula darah adalah makan beberapa kali dengan porsi kecil (sedikit). Makan lebih sering berarti bahwa sistem pencernaan akan selalu bekerja mengolah makanan yang memiliki efek meningkatkan metabolisme dan akhirnya membakar lebih banyak kalori. Dalam pengertian ini, lebih baik makan sedikit tapi sering daripada makan banyak tetapi untuk jangka waktu lama. Porsi kecil cenderung tidak membuat kekenyangan atau memperlebar perut sehingga perut benar-benar akan menyusut dan membuat terlihat lebih baik. Mulailah pada pagi hari dengan sarapan sehat seperti oatmeal untuk mendapatkan sistem pencernaan membakar kalori.

2) Memperlambat cara makan 

Memperlambat suapan makanan secara dramatis dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Ketika makanan berada di mulut untuk mengunyah antara 20 dan 25 kali sebelum menelannya. Makan terlalu cepat dan terburu-buru, selain kurang sopan apabila makan bersama, mendorong untuk makan banyak dan membuat lebih banyak kerja organ pencernaan untuk memproses makanan yang tidak benar dikunyah.

3) Hindari Makanan Olahan dalam kaleng dan siap Saji

Memasak makanan seketika dari bahan segar sangat dianjurkan dan baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin, protein, dll. Pada bahan mentah yang segar dapat terpenuhi. Berbeda dengan makanan yang dihangatkan atau makanan siap saji. Hindari makanan olahan dalam kaleng atau pembungkus lain yang biasanya terdapat bahan pengawet. Ketika berbelanja cobalah untuk membeli sayuran dan daging segar, roti yang sehat untuk tubuh Anda.

4) Dapatkan Banyak Warna dalam Makanan Anda 

Upayakan untuk menambah warna lebih dalam makan sehari-hari dengan buah dan sayuran. Buah berwarna dan sayuran kaya akan vitamin dan kaya nutrisi yang akan membantu kehidupan yang lebih sehat.

5) Hindari minum berlebihan saat makan

Minum satu gelas atau lebih ketika sedang makan akan mempersulit kinerja pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa minum air ketika makan dapat mengencerkan konsentrasi asam lambung (HCl) yang sangat dibutuhkan untuk mencerna makanan. Akibatnya, hanya sedikit makanan yang bisa dicerna oleh tubuh. Hal ini, jika dibiarkan terus bisa menimbulkan berbagai penyakit. Yang terbaik adalah minum air sebelum makan dan dua jam sesudahnya. Hal ini membantu dalam penyerapan nutrisi.

6) Program diet Makan

Bicarakan dengan dokter atau ahli gizi tentang segala vitamin atau nutrisi bila Anda melaksanakan diet. Mungkin bisa mencoba melengkapi rencana diet Anda dengan makanan alami untuk membantu menangkal penyakit dan untuk kesehatan.

Pola makan sehat di atas dirangkum dari beberapa sumber asing dan diterapkan di beberapa negara maju yang lebih mengutamakan gizi dan makanan sehat daripada hanya sekedar sebagai pengisi perut (lapar). Kadang kita menemukan makanan lezat tapi tidak sehat atau sebaliknya.

Makanan sehat dengan pola makan sehat tentunya akan memperoleh hasil maksimal dalam kehidupan, mulai kecerdasan, pikiran, daya tahan tubuh, semangat, dan sebagainya.

 

Kontes SEO:
Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia
Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan rupiah
 

 


Tag artikel: ,
Kategori: Pengetahuan Umum
Tidak ada komentar » Pola Makan Sehat
2 Pings/Trackbacks for "Pola Makan Sehat"
  1. [...] Makanan sehat dengan pola makan sehat tentunya akan memperoleh hasil maksimal dalam kehidupan, mulai kecerdasan, pikiran, daya tahan tubuh, semangat, dan sebagainya. Terus terang Pola Makan yang Baik untuk Kesehatan dikutip dari http://lenterakecil.com/pola-makan-sehat/ [...]

  2. [...] mengoptimalkan manfaat kopi kita harus menjaga tingkat konsumsi yang wajar dan tidak berlebihan.Mengoptimalkan Manfaat Kopi secara Sehat "Manfaat kopi sangat mungkin terkait dengan tingginya tingk…ungkin terkait dengan tingginya tingkat antioksidan yang terkandung di dalam [...]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Komentar Terakhir
Recommend us on Google!

Info



Spam