Politeknik Banyuwangi | Info Kampus

Politeknik Banyuwangi merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang didirikan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk memiliki keahlian terapan, melalui Pola Sharing pendanaan 70% APBN dan 30% APBD Kabupaten Banyuwangi.

Politeknik Banyuwangi menyelenggarakan program pendidikan Diploma III, bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi professional. Lulusan Politeknik Banyuwangi diberi sebutan Ahli Madya   (A.Md), dengan lama pendidikan adalah 3 (tiga) tahun atau 6 (enam) semester. Perkuliahan dilaksanakan secara terstruktur dengan sistem paket yang menggabungkan antara teori dan praktek.

politeknik banyuwangi

 

Sejarah Politeknik Banyuwangi

Politeknik Banyuwangi berawal dari keinginan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mendirikan  sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Banyuwangi. Untuk itu, dengan surat  tugas No. 800/392/429.102/2003, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Drs H. Sabari,MM melakukan kajian-kajian terkait dengan rencana pendirian Politeknik Banyuwangi sampai akhir tahun 2004.

Bupati Banyuwangi membuat surat keputusan No. 188/223/Kep/429.012/2006 tentang Tim perintis dan Surat Keputusan No. 188/224/Kep/429.012/2006 tentang Tim Teknis  Pendirian Politeknik pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Akan tetapi, dengan adanya Surat Edaran Dikti No 2439/D/T/2001 yang menjelaskan bahwa perguruan tinggi swasta tidak diperkenankan untuk membuka program baru dan tidak diperkenankan pendirian Perguruan Tinggi baru, menjadi kendala. Tim perintis dan tim teknis Politeknik Banyuwangi kurang berjalan sesuai rencana.

Berbagai upaya untuk mendirikan Politeknik Banyuwangi tetap terus dilakukan, antara lain dengan melakukan Study banding  ke Politeknik Pemkot Kediri untuk kemudian merevisi proposal pendirian  Politeknik Banyuwangi, penyempurnaan MOU, surat kesanggupan Bupati dan DPRD Banyuwangi.

Setelah persiapan cukup matang, Tim Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan konsultasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Jakarta pada tanggal 27 Juni 2007.  Hasil dari konsultasi tersebut adalah untuk saat ini pendirian Perguruan Tinggi baru sudah tidak diperkenankan, sampai menunggu kebijakan baru dari Dirjen Dikti. Adapun yang masih diperbolehkan adalah peningkatan status atau pengembangan dari Akademi ke Politeknik, dari Politeknik ke Sekolah Tinggi dan dari Sekolah Tinggi ke Universitas.

Hasil konsultasi memberikan arahan:

  1. membantu  dan memberikan  pencerahan  alih status AKABA Banyuwangi menjadi Politeknik Banyuwangi,
  2. dalam usulannya AKABA ke Politeknik Banyuwangi perlu memperhatikan potensi wilayah melalui study kelayakan, dan
  3. yang mengusulkan Politeknik harus yayasan  di dukung sepenuhnya oleh pemda dan DPRD melalui Perda.

Selanjutnya untuk memenuhi arahan Dirjen Dikti terhadap Badan Hukum Pendidikan akhirnya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mereformasi Yayasan Pendidikan Rempeg Jagapati menjadi Yayasan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan  kepengurusan yang baru. Hal ini dilakukan untuk mendukung dan mempercepat proses penyusunan proposal pendirian Politeknik Banyuwangi

Pada tanggal 12 September 2007 akhirnya Dirjen Dikti memberikan  kesempatan kepada Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan Politeknik Baru tahun 2008 melaluisuratNo. 2303/D2.2/2007.  Akhirnya disepakati jurusan yang diajukan ke Ditjen Dikti Depdiknas: 1) Jurusan Teknik Mesin, 2) Jurusan Teknik  Informatika,  3) Jurusan Teknik Sipil.

Pada 24 Februari 2013, Mendikbud Mohammad Nuh meresmikan Politeknik Banyuwangi (Poliwangi) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri dengan alasan penegerian antara lain kawasan perbatasan yang strategis, dan semangat pemerintah setempat dalam memberi dukungan.

Sumber dan info selengkapnya: http://www.poliwangi.ac.id

 


Artikel lain yang perlu dibaca :

Comments
  1. Sekarang POLIWANGI sudah tambah maju ya, gedungnya besar mahasiswanya tambah banyak, sukses slalu

  2. *suyatiningsih

    saya mencari informasi pendaftaran yg jalur PMDK kok belum ketemu2 ya …..

  3. sudah di cari di situs resmi,tidak ada syarat-syarat pendaftaran yang harus di penuhi
    dan mulai kapan pendaftaran di mulai

  4. gelombang pertama,kapan di buka?
    dan persyaratan apa saja yang harus di penuhi?

ADD YOUR COMMENT