R. Basuki Endropranoto Pencipta Mars PGRI

Nama R. Basuki Endropranoto mungkin belum banyak dikenal orang bahkan dari kalangan guru. Padahal Beliau lah yang menciptakan Mars Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan sering dikumandangkan pada saat kegiatan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti peringatan hari Guru, seminar pendidikan dan lain sebagainya.

Sedikit arsip yang membahas sosok R. Basuki Endropranoto yang karyanya dijadikan Lagu Mars PGRI pada Kongres PGRI ke VI di Malang, Jawa Timur pada 24-30 November 1952. Beruntung, Lentera Kecil menemukan sekilas tentang Basuki Endropranoto pada salah satu komentar artikel Lagu Dan Lirik Mars PGRI di situs Padamu.net.

R. Basuki Endropranoto

Buku karangan R. Basuki Endropranoto (insert Dr Prabowo Endropranoto)

 

Berikut kutipan tentang sosok R. Basuki Endropranoto:

R. Basuki Endropranoto, pencipta Mars PGRI, lahir di Karanganyar pada tanggal 9 Juli 1914, putra dari R. Hardjopawiro, seorang Kepala Desa di Prumpung Kebumen Jawa Tengah, sebagai anak ke-2 dari 6 bersaudara.

Sebagai pengajar, adalah menjadi guru SLP dan SLA di Jogyakarta, Banjarnegara, Curup Bengkulu, Plaju, Palembang. Menjadi salah seorang pendiri SMP di Cianjur dan mengajar di SMPN, SMP Pasundan, SPM Tsanawiah. Kemudian mengajar di SMPN Pandeglang, SMAN di Jakarta.

Sebagai Penilik di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,  berijazah B1 dan B2 dari Jerman Barat dan Jerman Timur, menjadi salah seorang perintis Akademi Bahasa Asing Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, menjabat sebagai Ketua Jurusan bahasa Jerman.

Bersama Bapak Moch. Said, menjadi pengajar di Taman Guru Perguruan Taman Siswa di Kemayoran Jakarta.

Buku2 yg pernah dikarangnya a.l. Pelajaran Ilmu Alam, Buku “Bernyanyi sambil bermain”, suatu buku nyanyian untuk bersenam dan bermain bagi anak2 kelas II dan kelas III SR, yang  diterbitkan oleh Percetakan Harapan Masa Jakarta thn 1963, buku “Mari Bernyanyi metode bernyanyi dengan not angka” suatu buku guru yang dikarang bersama Baharuddin Harahap, yang juga diterbitkan oleh Percetakan Harapan Masa Jakarta thn 1956.

Bapak R.Basuki Endropranoto beristerikan Ibu Rd. Kartika, dan dikaruniai 9 orang anak, 5 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan.

(Ditulis oleh: Dr.Prabowo Endropranoto, anak sulung Bpk Basuki Endropranoto)

Dr.Prabowo Endropranoto merupakan dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin lulusan Universitas Padjadjaran dan Institute of Dermatology Thailand.  Saat ini Beliau mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung dan bekerja di RS. Al Islam Bandung.

 

ADD YOUR COMMENT