Setahun Usia Blog Lentera Kecil

lentera kecilTidak terasa setahun usia blog lenterakecil.com hadir di dunia maya. Banyak pengalaman yang saya peroleh selama setahun ngeblog, mulai blog kena deface sampai menghasilkan uang dari blog yang mulai di-launching 6 Juni 2011.

Perjalanan mengelola blog yang semula asal-asalan dan mencoba untuk serius, bermula artikel copas lantas berusaha membuat artikel orisinal dan unik, awalnya nggak paham yang namanya SEO yang akhirnya beberapa artikel berada pada halaman pertama mesin pencari google, yang semula blog lenterakecil.com tidak ada yang mengenal sampai beberapa email masuk sekedar bertanya, minta referensi dsb. Dari pengunjung satu orang (saya sendiri) sampai kini lebih dari 1000 orang per hari.

Nama domain lenterakecil.com masih setahun lagi, ke depan blog ini akan terus dipertahankan semampu saya dengan artikel yang lebih spesifik tentang pembelajaran yaitu pendidikan dan pengetahuan, mungkin beberapa artikel akan saya alihkan ke blog saya yang lain.

Target saya untuk memiliki 5 blog dalam arti dikelola dengan serius telah tercapai yaitu:

  1. Lenterakecilku.blogspot.com mengupas masalah internet dan blogging.
  2. Daihatsuzebra.blogspot.com yang membahas masalah otomotif terutama minibus Daihatsu Zebra yang tinggal kenangan.
  3. Lenteraseo.com membahas masalah SEO, blogging dan internet yang semula akan menggantikan Lenterakecilku.blogspot.com.
  4. Terusterang.com yang membahas masalah gaya hidup dan kehidupan dengan cerita, kisah, ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Temporaktif.com pemberian rekan blogger owner kucoba.com yang akan membahas masalah berita mingguan online.

Semua blog tersebut  saya coba kelola dengan serius, berdasarkan pengalaman mengelola blog lenterakecil.com. Belum lagi ditambah puluhan free blog dummy. Memang sedikit menyita waktu dan harus di-manage dengan baik agar semua bisa eksis di internet.

Satu lagi harapan saya ke depan adalah memiliki situs bisnis, yang masih dalam rancangan. Semua ini berkat pengalaman, belajar dan terus belajar yang saya peroleh dari mengelola lenterakecil.com. Semoga.

ADD YOUR COMMENT