Balap Sepeda Tour de Java Pertama 1958

Balap Sepeda Pertama di Indonesia yang menempuh jarak sangat jauh adalah Tour de Java yang pertama kalinya diselenggarakan pada 17-30 Agustus 1958 dengan menempuh jarak 1262 km  Bandung – Surabaya PP. Dimulai dari Bandung menuju Surabaya lewat jalur utara dan kembali ke Bandung lewat jalur selatan. Selanjutnya even ini menjadi salah satu  kegiatan utama  ISSI (Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia).

Balap sepeda jarak jauh ini terinspirasi dari kejuaraan sepeda Tour de France yang kala itu ada kedekatan seorang Jurnalis Prancis dengan wartawan Pikiran Rakjat dan bercerita tentang balap sepeda di Perancis yang memiliki jarak tempuh yang sangat jauh. Akhirnya terlaksana Tour de Java I diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI  17 Agustus 1958 yang diprakasai oleh surat kabar lokal Bandung Harian Pikiran Rakjat.

Perangko Peringatan Tour De Java 1958

Perangko Peringatan Tour De Java 1958

Tour de Java I berlangsung dengan 11 etape yang terbagi antara Bandung – Surabaya – Bandung dan diikuti sekitar 70 pembalap yang berusia antara 15-30  tahun. Start etape 1 dimulai dari jalan Asia-Afrika depan kantor koran harian Pikiran Rakjat, sekitar pukul 7.30 dan finish di Cirebon. Pemenang etape I adalah Munaip Saleh dengan catatan waktu 4 jam, 27 menit, 3,9 detik.

Pada etape 11 yang terakhir dari Garut menuju Bandung dengan jarak tempuh sekitar 63 km, jumlah peserta yang bertahan dalam Tour de Java I  hanya 20 peserta. Banyak kendala yang ditemui saat berlangsungnya pertandingan seperti sepeda rusak, sakit atau tidak sanggup lagi meneruskan pertandingan. Diberitakan juga ada peserta yang rela meminjamkan sepeda cadangannya kepada peserta lain yang sepedanya rusak.

Pemenang Tour de Java I 1958 ini adalah Munaip  Saleh dengan waktu total 46 jam, 51 menit, 0.4 detik dan berhak atas hadiah sebuah sepeda sport buatan luar negeri yang waktu itu harganya sangat mahal. Pemenang kedua dan ketiga adalah Hamsin  Rusli dari  Jakarta dengan catatan waktu 46 jam, 51 menit, 39,1 detik, dan Theo Pellupesy dari Bandung dengan waktu 46 jam, 51 menit 39,3 detik.

Munaip Saleh akhirnya mewakili Indonesia untuk balap sepeda pada Olimpiade Roma pada 1960 dan Hamsin Rusli  menjadi andalan balap sepeda Indonesia di Asian  Games ke IV di Jakarta pada 1962.

 

Balap Sepeda Tour de Java Pertama 1958 – Lentera Kecil

 

 

ADD YOUR COMMENT