Tujuan Umum Penelitian Ilmiah

Pengertian penelitian ilmiah secara umum adalah langkah sistematis dalam upaya memecahkan masalah dengan penelaahan terkendali yang mengandung dua hal pokok yaitu logika berpikir dan data atau informasi yang dikumpulkan secara empiris. Pemecahan masalah dimulai dari pengumpulan, pengolahan, analisis, penafsiran dan pengujian berdasarkan fakta data sampai diperolehnya suatu kesimpulan.

Penelitian sebagai upaya untuk memperoleh kebenaran dengan kerangka landasan yang mengandung dua unsur penting yakni pengamatan (observation) dan penalaran (reasoning) bagi terciptanya ilmu pengetahuan. Metode penelitian baik itu menggunakan penelitian kualitatif atau kuantitatif harus didasari oleh pemikiran bahwa apabila suatu pernyataan ingin diterima sebagai suatu kebenaran maka pernyataan tersebut harus dapat di-verifikasi atau diuji kebenarannya secara empirik (berdasarkan fakta).

pengertian dan tujuan penelitian ilmiah

Tujuan umum penelitian terkait dengan ilmu pengetahuan.

1. Penelitian Eksploratif

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk menemukan ilmu pengetahuan baru dalam bidang tertentu. Ilmu yang diperoleh melalui penelitian betul-betul baru belum pernah diketahui sebelumnya. Misalnya suatu penelitian telah menghasilkan kriteria kepemimpinan 9 efektif dalam manajemen berbasis sekolah. Atau penelitian yang menghasilkan suatu metode baru pembelajaran matematika yang menyenangkan siswa.

2. Penelitian Verifikatif

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk menguji kebenaran dari sesuatu ilmu pengetahuan yang telah ada. Data penelitian yang diperoleh digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi atau ilmu pengetahuan tertentu. Misalnya, suatu penelitian dilakukan untuk membuktikan adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap gaya kepemimpinan. Penelitian yang dilakukan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran yang telah dikembangkan di luar negeri jika diterapkan di Indonesia.

3. Penelitian Pengembangan

Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan sesuatu ilmu pengetahuan yang telah ada. Penelitian dilakukan untuk mengembangkan atau memperdalam ilmu pengetahuan yang telah ada. Misalnya penelitian tentang implementasi metode inquiry dalam pembelajaran IPS yang sebelumnya telah digunakan dalam pembelajaran IPA. Contoh lainnya adalah penelitian tentang sistem penjaminan mutu (Quality Assurannce) dalam organisasi/satuan pendidikan yang sebelumnya telah berhasil diterapkan dalam organisasi bisnis/perusahaan.

Untuk mendapatkan kebenaran ilmiah, penelitian ilmiah harus mengandung unsur keilmuan dalam aktivitasnya. Penelitian yang dilaksanakan secara ilmiah berarti kegiatan penelitian didasarkan pada karakteristik keilmuan yaitu:

  1. Rasional: penyelidikan ilmiah adalah sesuatu yang masuk akal dan terjangkau oleh penalaran manusia.
  2. Empiris: menggunakan cara-cara tertentu yang dapat diamati orang lain dengan menggunakan panca indera manusia.
  3. Sistematis: menggunakan proses dengan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.

Tujuan Umum Penelitian Ilmiah – Lentera Kecil


Artikel lain yang perlu dibaca :

ADD YOUR COMMENT