Untuk Apa Guru Agama di Sekolah

Sebuah pertanyaan yang menggambarkan kerendahan hati dan keinginan untuk maju dari seorang guru Agama “Apa kelemahan saya sebagai guru sehingga pembelajaran agama di sekolah tidak memberikan dampak secara signifikan terhadap perubahan akhlak siswa?”

Pertanyaan di atas adalah gambaran problem semua guru agama, baik di sekolah negeri maupun swasta, bahkan untuk sekolah Islam sekalipun. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu di ditinjau kembali tentang eksistensi keberadaan guru agama tersebut di sekolahnya. Untuk apa guru agama berada di sekolah? Apakah keberadaan dan posisi guru agama di sekolah sama dengan guru bidang studi lainnya?

Jika sama, maka apa yang membedakan guru agama dengan guru lain? Peran dan fungsi guru Agama tidak lebih dari hanya guru bidang studi dengan 3 jam pelajaran per minggu seperti hanya guru bidang studi kesenian, olah raga atau yang lainnya. Guru agama hanya menjadi bagian kecil dari keseluruhan sistem sekolah. Inilah sumber kelemahan yang paling mendasar dari guru-guru agama di sekolah.

Untuk Apa Guru Agama di Sekolah

image: bandungekspres.co.id

Untuk Apa Guru Agama di Sekolah

Perbaikan mutu pembelajaran agama di sekolah hendaknya berawal dari memperjelas keberadaan atau misi guru agama di sekolah tersebut. Jika guru agama menghendaki keberadaannya akan mampu mengubah secara signifikan akhlak siswa, maka guru agama harus memposisikan diri sebagai agent of change di sekolah. Sadarilah bahwa selama ini semua mata siswa tertuju pada guru, mereka mengamati seluruh perilaku dan menunggu peran besar guru agama untuk memberi warna yang berarti bagi kehidupan spiritual di sekolah.

Ketika semua guru agama di sekolah yang ada di negeri ini bersepakat dan konsisten  untuk mengemban misi sebagai agen perubahan akhlak di sekolah masing-masing, maka akan ada kekuatan luar biasa dahsyatnya bagi perubahan perilaku atau akhlak siswa di seluruh sekolah. Misi ini harus disosialisasikan, dijaga konsistensinya dan yang lebih penting lagi diperjuangkan.

Untuk semua guru, Anda juga harus merenungkan keberadaan Anda di sekolah tempat Anda mengajar. Untuk apa Anda berada di sekolah itu? Misi apa yang Anda bawa? Ingatlah! Ketika misi Anda baik dan benar maka itulah yang akan membedakan secara berarti Anda dan guru lainnya.

Ditulis ulang dari Masruri – Direktur KPI

Untuk Apa Guru Agama di Sekolah – Lentera Kecil

Comments
  1. moh malik

    sebenarnya sangat gampang saja, guru agama bukan aladin yang bisa mengubah perilaku anak dlm sekejap. krn waktu disekolah hanya sktr 7 jam (bandingkan dgn pergaulan di lingkungan masy). Anak cenderung meniru, lalu bagaimana berubah baik kalo lingkungan (masy dan tayangan TV mengajarkan sebaliknya????? yg terpenting kita beri kognitifnya toh kalau tidak sekarang suatu saat(affektif) jg akan mengena.

  2. menarik sekali bahasannya.
    kunjungi juga Blog saya

  3. Jadi ingat waktu SMP dulu.
    saya selalu mendapatkan nilai terbaik dalam bidang agama.

    salam

ADD YOUR COMMENT