Wisata Taman Bermain Anak di Dekat Hotel Sultan Jakarta

Sesekali kita ajak anak-anak kita ke tujuan wisata yang benar-benar khusus anak-anak. Weekend ini berwisata di Jakarta pilihan yang bagus. Menginap di Hotel Sultan Jakarta, yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, di seputaran Gelora Bung Karno adalah pilihan tepat. Lokasinya pas, ada di pusat kota berdekatan dengan tempat yang akan kita tuju. Cara mudah memesannya, Anda pastikan telah memiliki aplikasi traveloka atau bisa juga melalui situsnya.

Nah, langsung saja yuk cek tepat menarik yang ramah anak. Berikut ini “surga main anak-anak” yang tak hanya mengasyikkan tapi juga mengedukasi karena tempat-tempat ini termasuk salah satu wisata pendidikan.

Wisata Taman Bermain Anak di Dekat Hotel Sultan Jakarta

Kidzania

Kidzania sangat dekat dari hotel. Berada di dalam Pacific Place Mall Sudirman Central Business Distric Jalan Jenderal Sudirman Kavling 52-53 Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Berada di lantai enam Pacific Place Mall menempati ruang seluas 7500 meter persegi.

Kidzania adalah sebuah theme park kotanya anak-anak. Yaitu replika kota lengkap dengan rumah sakit, jalan raya, salon, theater, pabrik-pabrik, stasiun pemadam kebakaran dan sebagainya, tentu dalam ukuran kecil untuk anak-anak.

Geologist di Kidzania. Sumber : jakarta.kidzania.com

Geologist di Kidzania. Sumber : jakarta.kidzania.com

Di miniature kota ini, anak-anak bisa berperan dalam profesi orang dewasa sebagai dokter, polisi, koki, presenter berita, pemadam kebakaran, dan sebagainya. Ada lebih dari 100 profesi yang bisa dimainkan di Kidzania ini.

Saat anak-anak masuk ke Kidzania, maka akan mendapatkan cek sebesar 50 Kidzos. Kidzos adalah mata uang yang berlaku di Kidzania. Bila seorang anak ingin mendapatkan tambahan uang Kidzos, maka dia harus berkerja.

Pekerjaan yang dimaksud disini adalah bermain peran. Misalnya sebagai pemadam kebakaran. Bila hasil pekerjaannya bagus, maka anak tersebut akan mendapatkan imbalan berupa uang Kidzos. Dengan uang tersebut, anak-anak juga bisa membelanjakannya baik di salon, department store atau ke dokter.

Anak-anak pasti senang dengan kegiatan di Kidzania ini. Selain belajar mengenal profesi, mereka juga belajar berhitung, berhemat, mengatur keuangan, dan sebagainya. Tapi belajar di sini dengan cara yang menyenangkan karena sambil bermain peran.

Mineapolis Children Playground Plaza Indonesia

Mineapolis ada beberapa lokasi, tapi pilihan paling dekat adalah di Plaza Indonesia level 3, Jalan MH Thamrin kav. 28-30 Jakarta Pusat. Mineapolis merupakan taman bermain untuk anak mulai usia 0 sampai dengan 12 tahun. Konsep taman bermain di sini adalah taman bermain yang sesuai dengan imajinasi anak. Anak-anak juga diberikan kesempatan untuk melatih motorik dan sensorik anak, mengembangkan imajinasi.

Playground Miniapolis. Sumber : myminiapolis.com

Playground Miniapolis. Sumber : myminiapolis.com

Icon di Mineapolis adalah Mister Crick. Kelinci lucu yang berwarna putih dengan syal merah bergaris putih.  Mister Crick ini punya beberapa teman. Mereka hidup di bulan. Nah, ceritanya Mineapolis inilah tempat hidupnya si Mister Crick dan teman-temannya. Ada tempat sembunyi hide out tree, lorong-lorong tempat merangkak, seluncuran, ayunan, trampoline, dan mainan lain yang seru.

Selain permainan fisik berlari, merangkak, melompat, meluncur, di Mineapolis Plaza Indonesia ini anak-anak bisa melukis di kelas Doodles Art & Fun. Ada juga kelas belajar memasak untuk anak-anak.

Untuk para orang tua, tersedia fasilitas tempat parkir stroller, nursing room untuk menyusui, toilet anak, tempat ganti popok, tempat duduk orang tua saat menunggui anak bermain, CCTV pengamanan, first aid yang lengkap, serta staf yang cekatan untuk membantu.

Pinisi Edutainment Park

Pinisi Edutainment Park ini berlokasi di Pasaraya Blok M lantai 8,9,10, Jalan Iskandarsyah II No. 2 Jakarta Selatan. Taman bermain ini mengusung tema gabungan ilmu pengetahuan dengan seni, budaya, inovasi, teknologi, dan lingkungan. Rentang umur anak-anak yang bisa bermain di sini antara 2-16 tahun.

Galeri kartun di Pinisi Science Center. Sumber : pinisi.co.id

Galeri kartun di Pinisi Science Center. Sumber : pinisi.co.id

Taman bermain ini dibangun menyerupai pelabuhan tradisional. Total luas area sekitar 6000 meter persegi, dengan aneka permainan. Wahana-wahana yang ada antara lain, kids indoor play ground. Play ground ini berisi lorong-lorong bersekat, tangga, titian, perosotan, kubus-kubus, hingga anak-anak menemukan ujung dari wahana ini.

Ada juga arena becak mini. Dimana anak-anak bisa mengendarainya bersama teman. Wahana berikutnya adalah wahana Pinisi. Di sini terdapat tiruan kapal Pinisi yang sedang tertambat di dermaga pelabuhan kapal tradisional, yang bisa dinaiki oleh anak-anak.

Tersedia juga carrousel yang cantik dengan warna-warni ceria serta lampu-lampu gemerlapan. Selain itu ada kereta api Nusantara yang bisa dikendarai dan berkeliling wahana. Lalu ada 4D simulator, simulator yang akan menyajikan gambar, suara, serta kursi yang bisa bergerak selaras dengan film yang sedang disajikan.

Toddler area, adalah taman bermain khusus untuk adik-adik yang masih kecil, didampingi orang tua. Di taman ini lebih aman untuk anak-anak balita. Lalu ada area yang lebih menantang untuk mengasah nyali menjadi pemberani namun tetap bisa menghitung resiko, yaitu flying fox dan wall climbing. Jangan khawatir, wahana ini dijamin aman. Penggunaan tali carmantel dan seat harness membantu memberikan pengamanan ekstra. Selain itu, wahana ini di bantu serta diawasi oleh staf yang terlatih.

Selain wahana, Pinisi mengadakan kelas seni budaya antara lain kelas vocal, kelas angklung, kelas gamelan, kelas drama, kelas batik, kelas pedalangan, dan kelas batik. Ada juga planetarium layar datar di Theater Phinisi. Ada Science Center yang isinya pusat pengetahuan sekaligus laboratorium penelitian. Di Science Center ini anak-anak bisa bereksplorasi dan bereksperimen tentang ilmu pengetahuan secara langsung dibawah bimbingan staf ahli Pinisi.

Di Pinisi juga tersedia kedai yang menjual makanan dengan tema-tema unik. Terdapat juga kedai suvenir tempat anak-anak bisa membeli berbagai macam cinderamata.

Nah, menarik bukan beragam pilihan tempat dan wahana permainan di Jakarta? Segera ajak serta keluarga mengunjungi tempat-tepat tersebut ya.

 

Wisata Taman Bermain Anak di Dekat Hotel Sultan Jakarta – Lentera Kecil

ADD YOUR COMMENT