eMET, Aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital Pertama di Indonesia

Aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital

Bagi yang berkecimpung dalam dunia bisnis pasti mengenal apa itu meterai atau materai. Meterai merupakan suatu bukti bayaran perpajakan atau sering disebut dengan bea Meterai, kepada negara atas pembuatan sebuah dokumen atau berkas tertentu. Dengan kata lain bea Meterai adalah pajak atas dokumen. Seiring dengan kemajuan teknologi, bentuk meterai bukan hanya berbentuk fisik kertas saja namun telah ada dalam bentuk elektronik yang dikenal dengan nama e-meterai atau meterai elektronik.

Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital

Meterai elektronik (e-meterai) dan juga tanda tangan digital hadir sebagai tuntutan atas perkembangan transaksi elektronik dan dokumen digital yang semakin maju dimana penggunaan kertas (paperless) semakin berkurang serta untuk pemenuhan atas efisiensi, kesederhanaan, keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum.

Pemerintah Indonesia pun telah membuat Undang Undang Nomor 10 Tahun 2020 sebagai pengganti  Undang Undang Nomor 13 Tahun 1985 tentang meterai yaitu meterai adalah pajak yang dibebankan terhadap sebuah dokumen kertas dan elektronik yang dipakai sebagai keterangan atau bukti.

Sedangkan dalam Undang Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) pada Pasal 5 ayat (1) disebutkan bahwa dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah. Oleh karena itu, agar kedudukan dokumen elektronik dapat disamakan dengan dokumen kertas yaitu dengan menggunakan meterai elektronik pada dokumen elektronik.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 86 tahun 2021 tentang Pengadaan, Pengelolaan dan Penjualan meterai,disebutkan bahwa pengertian e-meterai adalah meterai berupa label yang penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu.

Meterai Elektronik

eMET, Aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital

Untuk membubuhkan e-meterai dan tanda tangan digital pada dokumen elektronik agar berfungsi sama dengan dokumen kertas, maka dibutuhkan sebuah aplikasi. Salah satu aplikasi meterai elektronik dan tanda tangan digital pertama di Indonesia adalah eMET.

Aplikasi eMET by MOMOFIN dari PT. Mitra Era Teknologi ini sangat praktis dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja karena dapat memberikan layanan e-meterai sekaligus tanda tangan digital, cukup melalui smartphone.

Cukup download app e-meterai di Google Play bagi pengguna Android atau App Store bagi pengguna iOS, lalu install dan buka aplikasi kemudian lakukan registrasi serta verifikasi identitas agar dapat memperoleh sertifikat digital dan menikmati fitur-fitur canggih lainnya untuk dokumentasi digital.

Download – Install – Registrasi eMET

eMET, Aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital

Status Hukum dan Keamanan Sertifikat Elektronik .

Produk meterai elektronik dan tanda tangan elektronik di aplikasi eMET disediakan oleh PERURI. Sehingga seluruh surat berharga dan dokumen digital yang dibubuhi menjadi sah secara hukum dan nirsangkal.

Sertifikat Elektronik eMet memuat Tanda Tangan dan Identitas Elektronik yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik sehingga dapat diketahui keabsahan dan keaslian dokumen elektronik yang ditransaksikan.

  • Kerahasiaan. Memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh pihak yang sah
  • Otentifikasi. Memastikan bahwa informasi dikirimkan dan diterima oleh pihak yang benar (keaslian pengirim / penerima informasi)
  • Nirsangkal. Memastikan bahwa pemilik informasi tidak dapat menyangkal bahwa informasi tersebut adalah miliknya atau telah disahkan olehnya

Fitur Aplikasi eMET

Beberapa fitur dalam aplikasi eMET yang cukup menarik, antara lain

Signing Order

Fitur ini merupakan opsi urutan penandatanganan yaitu:

  1. Paralel Signing Order bisa dipilih jika tidak ada syarat berurutan siapa yang harus tanda tangan terlebih dahulu.
  2. Serial Signing Order fitur yang memungkinkan menentukan keharusan siapa yang harus melakukan tanda tangan terlebih dahulu sesuai isi dokumen digital.

Audit Trail

Merupakan fitur untuk melihat rekam jejak (histori) dokumen elektronik mulai dari awal pembuatan hingga akhir penandatangan. Ini untuk kejelasan proses status dokumen yang sedang dikerjakan.

Request e-Meterai dan anda Tangan Digital 

Fitur ini untuk memudahkan pengguna meminta pihak-pihak lain untuk ikut memberikan tanda tangan maupun memberi meterai elektronik pada sebuah dokumen, kapan dan dimana saja.

Balance Top Up

Untuk membeli meterai elektronik di eMET cukup mudah dengan menyediakan berbagai macam pilihan paket meterai elektronik yang dapat dibayar dengan mudah dan cara bayar yang lengkap.

Kesimpulan

Sebagai blogger yang sering kali mendapatkan tawaran content placement atau sebagai publisher iklan, terkadang membutuhkan dokumen yang harus menyertakan tanda tangan maupun meterai sebagai syarat.

Dengan adanya aplikasi e-meterai dan tanda tangan digital seperti aplikasi eMET ini tentu akan sangat membantu. Selain memudahkan untuk membubuhkan meterai dan tanda tangan secara digital, aplikasi ini dapat memberikan kepercayaan kepada klien bahwa kita memiliki sertifikat digital yang keabsahan dan keaslian terjamin.

Ayo! Segera download aplikasi eMET untuk merasakan kemudahan pembubuhan tanda tangan dan meterai elektronik terintegrasi dalam satu aplikasi, kapan dan dimana saja.

 

eMET, Aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.