Info Dapodik 2014

Info Dapodik 2014– Berdasarkan Intruksi Menteri no.2 tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di KEMDIKBUD, dinyatakan bahwa Aplikasi DAPODIKDAS merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar. DAPODIKDAS (Data Pokok Pendidikan Pendidikan Dasar) adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) yang merupakan aplikasi alat penjaringan data. Data yang di inputkan di sekolah langsung terkirim ke pusat.

Entitas data Pokok tersebut yaitu : Sekolah Termasuk sarana dan prasarana di dalamnya, PTK, Peserta Didik dan Proses Pembelajaran didalam rombongan belajar (Rombel) yang digunakan sebagai acuan data dalam program-program KEMDIKBUD di tingkat pendidikan dasar seperti : NISN, BOS, BSM, Aneka Tunjangan Guru, UN, dan program-program lainnya. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, akibatnya adalah kerugian bagi sekolah dikarenakan  apabila data tidak sampai ke KEMDIKBUD maka kebijakan bagi sekolah dalam program-program kementerian tidak akan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

Aplikasi Sistem aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) dioperasionalkan oleh masing-masing sekolah yang telah menunjuk operator sekolah sebagai pelaksana teknis.

Pelaksana Dapodikdas 

  1. Peran Kepala Sekolah adalah sebagai pembagi guru mengajar di setiap rombel (roaster), mengawasi operator sekolah dalam pengisian Aplikasi Dapodik sekaligus penanggungjawab data di sekolahnya masing-masing.
  2. Peran PTK adalah selain sebagai pengajar dan pelaksana, juga bertugas untuk mengisi formulir individual PTK dan mengecek kebenaran dan kelengkapan data individu yang dientri oleh operator dapodik.
  3. Wali kelas : mengkoordinir pengumpulan data untuk peserta didik sesuai kelasnya yang dipegangnya.
  4. Peran Peserta Didik adalah mengisi formulir Peserta Didik dimana formulir diserahkan kepada orang tua untuk diisi secara lengkap.
  5. Peran Operator Sekolah adalah:
  • Menyebarkan formulir pendataan kepada Sekolah, PTK, dan Peserta Didik dalam
  • rangka mendapatkan data untuk dientri kedalam aplikasi.
  • Mengentri data sesuai dengan data yang terisi di formulir pendataan.
  • Mengirim data ke server melalui Aplikasi Dapodik

Info Dapodik 2014 

Dapodikdas 2014 terbaru dimulai dari versi 3.00 merupakan keberlanjutan  sistem aplikasi dapodik sebelumnya 2.08, dengan mekanisme prefill baru, maka data isian tahun ajaran 2013/2014 akan menjadi data awal di aplikasi versi 3.00 (tahun ajaran 2014/2015). Versi 3.00 akan expired di bulan Desember untuk membatasi pengisian 2014 (semester 1 tahun ajaran 2014) dan untuk memunculkan pengisian semester 2 (20142). Aplikasi Dapodik dapat di download di: http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh

Sebelum instalasi versi 3.00, uninstall aplikasi sebelumnya (2.08) dan mengunduh prefill terbaru. di  http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Prefill tsb adalah hasil  pemutakhiran generate nasional per tanggal 25 Juli 2014. Prefill lama tidak dapat digunakan. Kode registrasi tetap (sama dengan periode pendataan sebelumnya)

Fitur fitur tambahan :

  • Bantuan : Penjelasan isian butir pertanyaan.
  • Lanjutan data periodik : melanjutkan data yang berkaitan dengan masa periode semester.
  • Naik Kelas :  kenaikan kelas otomatis dengan asumsinya  peserta didik  tidak di acak di kelas barunya.
  • Lulus : untuk meluluskan seluruh peserta didik tingak 9 SMP atau kelas 6 SD secara massal
  • Action Menu : memunculkan data terhapus dan memunculkan data terfilter , salin penugasan dan lanjutkan data periodik peserta didik
  • Fasilitas generate ulang prefill : fitur ini dapat dianalogikan sebagai “simpan lokal” di server.
  • Penguncian nama dan tanggal lahir PD dan PTK. Hal ini dimaksudkan agar record yang sudah ada tidak di re-use untuk PD/PTK lain.

Web yang terafiliasi :

  • http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id  : untuk memeriksa  progress pengiriman sekaligus cek kelengkapan dan kecocokan data di lokal.
  • http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final : fasilitas generate prefill “simpan lokal”.
  • http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id : untuk mendapatkan NISN dari dapodikdas.
  • http://sdm.data.kemdikbud.go.id : komunitas operator dapodik.
  • https://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas : grup facebook resmi dapodikdas.
  • http://223.27.144.195:8081/ : laman LTD (Lapor Tunjangan Dikdas) atau info PTK.
Lenterakecil.com – Info Dapodik 2014

 

Comments
  1. kita ikuti aja kebijakan pemerintah….

  2. Pendidikan di indoneisa ini membingungkan, terlalu cepat berubah kurikulumnya