Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013

Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013 merujuk pada informasi yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, November 2012.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2013 merupakan sistem seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) yang dapat diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 pada seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Peserta tidak dipungut biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 karena ditanggung oleh Pemerintah.

Informasi SNMPTN 2013

Hampir sama dengan tahun lalu, pendaftaran SNMPTN 2013 dapat dilakukan secara online. Hanya sekarang ada ketentuan baru yang mengharuskan siswa melakukan dua tahap cara mengikuti SNMPTN 2013 yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.

Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

PDSS merupakan syarat utama agar seorang siswa menengah atas dapat mendaftarkan diri dan melanjutkan pendidikan ke  Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pasalnya jika rekam akademik siswa tak terdaftar dalam PDSS, maka siswa tersebut tak berhak mengikuti SNMPTN.

PDSS dibuat dan diisi data prestasi siswa oleh Kepala Sekolah dan sekolah wajib memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Selanjutnya, setelah mengisi PDSS, kepala sekolah akan memberikan password tiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik. Verifikasi ini juga wajib dilakukan siswa untuk memeriksa apakah data rekam jejak prestasi akademik yang dimasukkan sekolah sudah sesuai.

Jika PDSS belum diisi, siswa tidak bisa dapat password untuk mendaftar dan tidak dapat nomor pendaftaran. Pengisian PDSS yang telah dibuka sejak Desember tahun lalu ini akan segera ditutup pada 8 Februari mendatang.

Pendaftaran SNMPTN 2013

Bagi para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  atau yang sederajat, sudah dapat dilakukan secara online mulai 1 Februari 2013 sampai dengan 8 Maret 2013. Bagi yang berniat mendaftar SNMPTN 2013 sudah bisa secara online dengan memasukkan NISN dan password yang akan diberikan oleh sekolah setelah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Jika sudah dapat password dan NISN, silakan saja mendaftar dan mencetak kartu peserta SNMPTN di situs resmi: http://www.snmptn.ac.id

Para calon peserta SNMPTN 2013 dapat memilih satu program studi dari universitas negeri mana saja yang diminati. Jika ingin memilih dua program studi maka salah satu Perguruan Tinggi harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asal atau dari provinsi terdekat jika belum terdapat universitas negeri pada provinsi asal. Urutan pilihan Perguruan Tinggi dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Jadwal SNMPTN 2013

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2013 secara lengkap, dapat diuraikan sebagai berikut:

Pengisian PDSS17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi11-12 Juni 2013

Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013 merupakan ketentuan umum SNMPTN 2013 yang akan dilaksanakan oleh 61 Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, bagi  calon peserta SNMPTN 2013 dapat mempelajari secara cermat agar tidak menjadi kendala di kemudian hari. Jika ingin mengetahui lebih rinci, informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2013 dapat dilihat di Buku Panduan yang dapat diakses di situs resmi http://www.snmptn.ac.id.

Mudah-mudahan Informasi dan Jadwal SNMPTN 2013 bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

 

Rekomendasi Artikel

loading...
Comments
  1. cismi iskandar

    mnurut q persyrtan snmptn th ini menyulitkan calon fendftar ,,,,,

  2. ayha

    Ini sistem nya g’ kayak tahun kemaren Ɣªª..
    ªƙƱ g’ ngerti sistem nya
    Kalau siswa tng uda lulus tahun kemaren tp ♏åϋ kuliah tahun ini mag nya g’ boleh Ɣªª..
    Koq sistim nya berubah gini..

    • nudin

      ay,di ikutin aja langkah -langkahnya,trus kalo gak bisa langusng ke kampusnya aja daftarnya hehhe : )