daftar iklan mgid

Konsultasi Permasalahan Umum NUPTK dan Sertifikasi Guru

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) bagi guru-guru sudah bukan lagi hal asing. Karena kurang lebih 5 tahun NUPTK sudah disosialisasikan bahkan semua program tentang peningkatan mutu pendidikan: program-program pemberdayaan, pemberian kesejahteraan dan peningkatan kompetensi, kualifikasi serta peningkatan profesionalisme (sertifi kasi) berbasis data NUPTK. Sehingga NUPTK wajib dimiliki oleh guru agar mendapatkan program-program tersebut.

Konsultasi Permasalahan Umum NUPTK dan Sertifikasi Guru

Tanya Jawab Permasalahan Umum NUPTK dan Sertifikasi Guru

Tanya : Apa syarat untuk mengusulkan NUPTK baru bagi  guru?

Jawab : Bagi PTK CPNS/PNS segera mengisi instrument yang dilengkapi bukti isik dan diajukan ke sekretariat pendataan kab/kota setempat. Bagi Non PNS yang bisa mengajukan jika: PTK telah memiliki masa kerja minimal 2 tahun, minimal aktif mengajar 10 jp dan memiliki SK GTY atau SK dari pemerintah daerah setempat, bukan SK Kepala Sekolah.

Tanya : Mengapa guru A sudah mengajukan NUPTK baru tetapi sampai sekarang belum keluar?

Jawab : Guru A mungkin belum memenuhi persyaratan umum atau kualitas datanya rendah karena banyak item-item yang kosong tidak diisi. Maksudnya  adalah datanya tidak lengkap, biasanya nama ibu tidak diisi, riwayat pendidikan tidak terisi lengkap, hanya ijazah terakhir saja, padahal 2 item itu wajib diisi karena menjadi salah satu penentu keluarnya NUPTK. Atau karena datanya tidak rasional, tahun masuk SD lebih dulu dari tanggal lahir, lama belajar di tiap jenjang tidak sesuai misal: masuk SD tahun 1980, lulus tahun 1985 maka secara system akan dibaca hanya 5 tahun, seharusnya masuk SD tahun 1980, lulus tahun 1986. Selanjutnya  SMP lama belajarnya minimal 3 tahun, SMA lama belajarnya minimal 3 tahun, D1 lama belajarnya 1 tahun, D2 lama belajarnya 2 tahun, D3 lama belajarnya 3 tahun, S1 lama belajarnya minimal 4 tahun.

Lentera kecil:  Sekolah Swasta Rawan Kekurangan Siswa

Tanya : Bagaimana cara dan kemana saya harus mengupdate data?

Jawab : Cara untuk update data langsung saja ke dinas Pendidikan ke bagian ketenagaan, ke bagian  yang mengurusi NUPTK. Di kabupaten/kota sudah ada operator NUPTK yang khusus menangani masalah NUPTK mulai dari pengajuan sampai update data bagi yang sudah keluar NUPTKnya. Pada saat melakukan update data, PTK  harus membawa bukti isik sesuai dengan item apa yang akan kita update. Andai yang di update riwayat pendidikan, misalnya pada saat pengajuan ijazahnya masih D3, saat ini sudah punya ijazah S1, maka yang harus dibawa adalah bukti isik ijazah S1. Kalau yang di update Golongan, maka bukti isik yang dibawa adalah SK Kenaikan Pangkat/Golongan terakhir.

Tanya : Bagaimana kalau sekolah saya sudah pindah ke kabupaten lain, apakah saya harus mengurus  NUPTK lagi?

Jawab : Kalau PTK pindah ke sekolah manapun tidak perlu mengurus NUPTK baru, karena NUPTK tersebut melekat pada individu, solusinya databasenya saja diambil dari kabupaten yang ditinggalkan dibawa ke kabupaten yang dituju atau istilahnya mutasi data NUPTK

Tanya : Untuk guru-guru yang mengajar di sekolah di bawah naungan Kementerian Agama, kemana harus mengurus NUPTK?

Jawab : Bagi guru-guru yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, untuk pengurusan NUPTK bisa dilakukan lewat Mapenda masing-masing kab/kota, karena sejak awal tahun 2011, sudah ada MoU antara LPMP dengan pihak Kemenag masalah pengurusan NUPTK. Jadi di masing-masing Mapenda Kab/kota juga sudah ada operator NUPTK.

Lentera kecil:  Pusdiklat Kemendikbud Siap Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional

Tanya : Apa saja persyaratan untuk mengurus NUPTK?

Jawab : Syarat-syaratnya antara lain: Masa kerja minimal 2 tahun s.d tahun kapan dia mengajukan NUPTK. Jadi Kalau dia mengajukan NUPTK tahun 2011, berarti masa kerjanya minimal tahun 2009. Mengisi instrument NUPTK sebanyak lima lembar disertai bukti isik a.n: SK pertama kali mengajar, ijazah mulai dari SD sampai ijazah terakhir, SK pembagian tugas mengajar.

Tanya : Apa yang harus saya lakukan kalau NUPTK saya double counting?

Jawab : Kalau NUPTKnya double counting itu berarti ybs pernah mengajukan NUPTK 2 kali, sehingga ybs punya 2 ID pegawai, misalnya dia pernah mengajukan NUPTK pada tahun 2007, datanya sudah diproses oleh dinas kab/kota, karena tidak keluar-keluar akhirnya ybs mengajukan lagi pada tahun 2009. Sehingga ybs punya ID tahun 2007 dan tahun 2009. Karena ID peg yang th 2007 sudah diproses oleh Jakarta dan sudah keluar NUPTKnya maka pengajuan tahun 2009 statusnya menjadi doble counting. Solusinya ya harus melacak NUPTK dengan status diterima, tentunya dengan bantuan operator dinas kab/kota.

Tanya : Mengapa  guru A tidak masuk data calon sertiikasi padahal layak?

Jawab : Data Guru A di server pusat tidak terupdate

Tanya : Mengapa teman saya yang masa kerjanya lebih sedikit dari saya bisa ikut sertiikasi, padahal saya belum?

Jawab : Kalau dilihat dari sisi data, ada kemungkinan TMT sebagai pendidik tidak terisi dengan benar, bahkan ada yang memang TMT sebagai pendidik tidak diisi. Hal ini menyebabkan hitungan Masa Kerja PTK tidak sesuai bahkan ada yang NULL. Jadi TMT sebagai pendidik/tendik harus diisi sesuai dengan TMT pertama kali mengajar (menjadi pengajar)  bagi pendidik dan TMT pertama kali menjadi pegawai bagi tenaga kependidikan. Hal ini bisa ditunjukkan dengan SK pertama kali mengajar. Oleh karena TMT sebagai pendidiknya NULL, maka ybs ada di ranking bawah sehingga tidak bisa terekrut sertiikasi.

Lentera kecil:  Pengangkatan PNS Untuk Guru Honorer Usia 35 Tahun ke Atas

Tanya : Kami sudah mengupdate data Guru A, tapi kenapa tetap tidak ada dalam data calon sertiikasi?

Jawab : Untuk keperluan rangking, update data yang diterima paling akhir tanggal 1 Desember 2012

Tanya : Mengapa guru B dianggap sudah lulus sertiikasi oleh system padahal belum pernah ikut sertiikasi sebelumnya?

Jawab : NUPTK Guru B dipakai oleh guru lain untuk mendaftar sertiikasi tahun sebelumnya, karena saat itu sertiikasi tidak terintegrasi dengan NUPTK, kesempatan memakai NUPTK orang lain menjadi sangat terbuka

Tanya : Apakah Guru yang tidak lulus sertiikasi 2012 bisa ikut menjadi peserta tahun 2013?

Jawab : Guru yang tidak lulus tahun 2012 diberi kesempatan untuk menyiapkan diri untuk ikut menjadi peserta tahun 2013 selama masih memenuhi persyaratan.

Tanya : Bagaimana pusat melakukan perangkingan daftar layak sertifikasi?

Jawab : Sesuai Buku 1: Usia, Masa Kerja, Pangkat/Golongan.

 

UPDATEPetunjuk Teknis Pengelolaan NUPTK 2018

 

 

Sumber: LPMP Jatim

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (292)

  1. Mohon pencerahannya.
    Sy sudah dinyatakan lulus pretes PPG, kemudian ini sudah disuruh untuk pemberkasan. Tetapi karna suatu hal, sy harus resign dari instansi sy bekerja. Sehingga sy tdk bs mendapatkan berkas2 yg harus di kumpulkan terutama yg berkaitan dg data sekolah dan kepala sekolah.
    Yg saya tanyakan, apakah sy tetap bs mengirimkan berkas2 yg lain dan bs mengikuti PPG tahun ini? Atau apakah kelulusan sy pretes PPG hangus begitu saja krna sy keluar dr instansi? Terima kasih atas jawabannya.

  2. Assalamu’alaikum.Saya seorang guru agama sudah terdaftar aktif di simpatika dan sudah mempunyai page id….sekarang NUPTK saya sudah keluar dan aktif di dapodik.pertanyaan saya bagaimana cara mengaktifkan NUPTK di simpatika?

  3. Mohon maaf…
    Saya mau tanya, apakah SK bupati tentang penugasan guru honorer mengenai dana BOS bisa digunakan untuk mengajukan NUPTK?

  4. Assalammualaikum Wr.Wb…
    Saya guru gtk di smpn kota bekasi, sebelumnya saya menginduk di swasta sertifikasi Alhmdlah cair lancar, tapi ketika menginduk di negeri blm pernah cair sejak saya menginduk pada tahun 2017, saya sudah ke dinas kota bekasi, data saya ada di smks bkm 1 bagaimana sulusinya bpk/Ibu yang terhormat.
    terima kasih.
    wasalam Wr.Wb…

  5. Untuk kami yg blm. Pnya NUPTk. Tetapi masih menggunakan pegid. Awalnya sy mengajar di Tk. Tetapi sy pindah ke SD, dan sudah tidak mengajar lagi di Tk di San data ya di sekolah induk masih diTK aisyiyah bustanul athfal. Bagaimana itu apa tidak masalah no pegid nya apa sy hrs buat pegid baru

  6. data dpodik saya semua valid tapi sk kelulusan sertifikasi saya non aktif. bagamana caranya supaya sk saya tersebut bisa aktif lagi agar sktp saya bisa terbit terimakasih.

  7. Bagai mana cara saya medftar NUPTK jika masalah yang saya hadapi seperti berikut?

    Saya seorang guru agama, sebelumnya saya wali kelas di sekolah saya, dikarenakan kekurangan guru. setelah ada guru, maka saya mengajar agama saja. selagi saya menjadi wali kelas data saya telah di ajukan kepala sekolah untuk mendafatar NUPTK. namun sampai sekarang masih dalam pengajuan. Ketika saya pergi ke Kemenag, saya coba daftar namun tidak valid di karenakan data saya double.

    Apakah yang harus saya lakukan? siapakah yang harus saya jumpai?

    Saya pernah bilang kepada kepala sekolah supaya data saya yg di ajukannya di batalkan supaya saya bisa mengajukan di Kemenag. namu kepala sekolah tidak bisa membatalkan.

  8. Bagaimana jika saya medapatkan NUPTK dari saat ngajar SD, sedangkan saya guru sekarang guru bidang study matematika di SMP. Saya lulusan pedidikan matematika. Apakah bsa mengajukan syarat untuk sertifikasi di smp walaupun mendappeatkan NUPTK saat menjadi guru SD. Terimakasih banyak. Mohon infonya

  9. Saya mau bertanya, saya sudah sertifikasi, dan sekarang di info gtk saya tertulis: Jabatan Bukan Guru pada BKN. Sehingga, sk tunjangan profesi tidak muncul di info gtk. Jadi apa yg bisa dilakukan untuk memperbaiki data tersebut?

  10. Mohon bantuannya…
    Teman saya sudah PNS sejak 2009 dan 2010. Namun sampai saat ini mereka belum memiliki NUPTK padahal menurut mereka sudah pernah verval NUPTK. Sampai sekarang mereka hanya memiliki PegID.
    Gimana solusinya…. Makash

  11. mohon bantuanya temen saya sudah sertifikasi ditahun pertama berjalan lancar mendapatkan tunjangan tetapi tahun berikutnya tunjangan tidak cair setelah ditanya nuptknya ganda ( sama ) dengan seorang guru dikabupaten yang lain. hingga mengakibatkan teman saya 1 tahun tidak mendapat tunjangan sertifikasi udah diurus ke dinas kabupaten dan dinas provipinsi tp belum ada solusi nyA

  12. Saya mau tanya apakah NUPTK tata usaha berbeda dengan NUPTK guru. Karna nama saya keluar dalam pengurusan NUPTK sebagai tata usaha. Trima kasih

  13. saya sudah mengikuti sertifikasi dan telah mendapat sertifika pada tahun 2007, alhamdulillah tahun 2008 dan 2009 sudah cair , namun untuk yang tahun 2010 belum cair karena SK TPPnya belum keluar dan baru keluar pada bulan januari 2011, saya tunggu – tunggu belum juga keluar dan saya tanyakan ke dinas kabupaten tidak bisa dicairkan karena sudah terlambat, tapi untuk tahun 2011 sampai sekarang alhamdulillah cair. pak saya tanya apakah tunjangan yang satu tahun tidak cair yaitu tahun 2010 bisa diurus lagi, mohon bantuannya

  14. Mohon Tanya…< Saya guru GTT di skm negeri sejak tahun 2010 sampai sekarang berturut turut..
    tetapi belum memiliki NUPTK, sekarang guru semua GTT menjadi Guru GTT yang menjadi P3D provinsi.
    apakah masih bisa mendapatkan atau mengurus NUPTK ?
    kalau bisa kira kira bagaimana cara dan syaratnya?
    Mohon pencerahan

  15. Saya menjadi Guru SMA swasta sejak 1 April 2010 sampai sekarang masih kesulitan mendapat NUPTK, apalagi sertifikasi? Tlong beri jalan keluar ?

  16. saya sudah sertifikasi guru seni budaya dari tahun 2013, tapi sampai hari ini belum pernah mendapatkan tunjangan sertifikasi. kalau ditanya katanya permasalahan dapodik tidak linier. saya mengajar seni musik/ kesenian di SD dan ijasah sayapun sesuai jurusan Pendidikan seni musik, jam mengajar saya sudah lebih dari cukup. mengapa ujian sertifikasi saja mengakui tapi di dapodik tidak mengakui. mohon pencerahan terima kasih

    1. Jam Linear adalah Jam mengajar yang berdasarkan sertifikasi guru yang bersangkutan. Apakah sudah terpenuhi minimal 24 jam untuk mengajar seni musik/ kesenian (sesuai dengan sertifikasi guru seni budaya)? Jika belum, usahakan menambah jam mengajar sesuai dengan sertifikasi guru seni budaya.

  17. mau tanya saya ukg pakai nuptk dari padamu yg terbit akhir 2015 didapodik dinyatakan invalid akhirya dihapus pengajuan baru sekarang. sudah terbit apakah hasil ukg saya bisa langsung terintegrasi ke nuptk baru?
    trimakasih

  18. mohon penjelasannya,kami guru honor swasta yang sertifikasi,kami mengajar dismp swasta ang kurang muridnya otomatis jumlah jam mengajar berkurang .dan sekolahnya mau tutup alias tidak memiliki murid dan gajih .otomotis guru swasta nganggur tidak mengajar lagi.mau cari kelain sudah full semuanya.seolah 2 guru swasta tidak dihargai.kalau guru PNS,sangat mudah mencarinya untuk tambahan jamnya dan langsung pindah tempat.mohon penjelasnnya

  19. Saya terakhir ngajar di sekolah dasar swasta. Saya mempunyai NUPTK sertifikat pendidik. Namun, sudah setahun lebih saya resign dari sekolah dan tidak mengajar kembali. apakah NUPTK masih dapat diaktifkan kembali kalau saya mengajar kembali?

  20. Selamat malam pak.
    Saya desy elvina daulay
    Saya ingin konsultasi kepada admin.
    Saya mengajar di SMK N 1 SOMAMBAWA kab nias selatan.
    Saya baru mendapatkan NUPTK saya di awal januari 2016.
    Pada verval PTK status nuptk saya tersebut kosong
    Tapi pada info gtk status nuptk saya invalid.

    Ini menyulitkan saya untuk menerima tunjangan karna status nuptk saya.
    Bagaimana caranya ya admin supaya status nuptk sya valid.
    Terimakasih sebelumnya saya ucapkan

  21. Saya memutuskan sebagai guru FREELANCE yg tdk memiliki jmlh jam mengajar di sekolah formal sekitar 6 tahun lalu ( akhir Des 2011) & sy jg sdh punya NUPTK . Apakah saya msh bisa/boleh mengikuti UKG utk memperoleh sertifikasi ?

  22. Mengapa data nuptk saya d blok d daftar penerima calon pdhl saya blum prnh menerima no. Nuptk sebelumnya dan ketika ingin mengupload semua persyaratan melalui operator sekolah tapi tak bisa juga pdhl kriteria memenuhi semua. Mohom penjelasannya. Trimakasih

  23. Mengapa data calon penerima nuptk atas nama saya Mega Novalina mengajar di SMA Yadika 13 Tambun d blok dan operator sekolah pun bingung kmrn beliau k dinas pendidikan kab.bekasi tapi tdk bertemu pejabat yg berwenang. Pdhl saya sdh memenuhi syarat dan ingin mengumpulkan berkas2 yg d minta. Mohon agar diberikan penjelasan. Trimakasih

  24. saya sudah dapat sertifikat pendidik Seni budaya, tetapi jam mengajar seni budaya nya cuman sedikit, dan sekarang saya banyak mengajar di keterampilan. bisa ga jam keterampilan digabung dengan jam seni budaya untuk memenuhi jam mengajar? dengan sertifikat pendidik seni budaya?. bila saya harus memenuhi seni budaya, tidak akan tercapai. padahal saya mengajar lebih dari jam wajib.

  25. Bagaimana pengurusan calon penerimaan nuptk 2016 jika dokumen ijazahasli sd dan smp nya hilang? Apakah bisa mnggunakan fotocopy ijazah tersebut .. mohon dijawab

  26. Kepada
    Yth. Pengelola sertifikasi di LPMP Jatim
    Saya sudah mengajar sejak tahun 2000 tetapi saat itu belum S1 dan sudah memiliki NUPTK. Sekarang saya sudah lulus S1 Komputer. Bagaimana cara mengajukan sertifikasi ?. Ketentuan untuk dapat ikut sertifikasi apakah ditentukan lewat data dari dapodik? mohon pencerahan. Terimakasih

    1. Berdasarkan syarat, kriteria dan kuota yang telah ditetapkan oleh pusat dan daerah. Dapodik hanya pangkalan data tidak bisa untuk pengajuan sertifikasi.