Pedoman Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Guru Pasca UKA 2012

Pedoman Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Guru Pasca UKA 2012 sebagai bahan acuan untuk peserta sertifikasi guru 2012 yang gagal dalam pelaksanaan tahap awal yaitu Uji Kompetensi Awal (UKA).

Secara umum hasil pelaksanaan UKA 2012 menunjukkan bahwa tingkat kompetensi guru  masih relatif rendah. Hasil nilai rata-rata nasional, adalah 42,25  dengan standar deviasi 12,7.Dengan menggunakan  passing grade  30,0, dari 281.019  peserta  UKA, sebanyak 248,773  ribu (88,5%) berhak melanjutkan  ke program pendidikan dan latihan  profesi guru (PLPG). Sedangkan sebanyak 32,2 ribu peserta (11,5%) masih perlu mengikuti pembinaan dan bimbingan.

Bagi peserta yang masih perlu mengikuti pembinaan dan bimbingan dirancang secara khusus untuk  pembinaan  guru yang telah mengikuti UKA tapi nilainya belum memenuhi syarat, melalui pendidikan dan pelatihan  (diklat pasca UKA). Perencanaan yang matang mulai dari metodologi dan materi yang digunakan  dipersiapkan dengan baik  agar kompetensi guru setelah mengikuti diklat pasca UKA memperoleh hasil yang signifikan.

Untuk itu dalam rangka meningkatkan efektifitas pelaksanaan diklat pasca UKA,khususnya dalam meningkatkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru, perlu disusun  Pedoman Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Pasca UKA  sebagai acuan seluruh  Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK)  dan  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)  dalam melaksanakan diklat pasca  UKA tersebut.

Bagi yang menginginkan Pedoman Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Guru Pasca UKA 2012 silahkan download filenya di http://sergur.kemdiknas.go.id/index.php?pg=psuka

Ada juga: Download Materi Diklat Pasca UKA 2012

 

Rekomendasi Artikel

loading...
Comments
  1. mohon kepada seluruh panitia diklat paska uka ,saya ingin tau .kelulusannya soalnya seluruh guru yang tidak lulus tes uji kompetensi awal ,mengharafkan dan penasaran ingin cepat -cepat ,melihat . waktu penutupan diklat katanya satu minggu sudah bisa dilihat di situs webset.tapi sampai saat ini belum ada ,terus apa situsnya .mohon ditunggu jawabannya ?

  2. as.bapak yang saya hormati,kapan kelulusan pembinaan diklat paska uka .apakah yang sudah tertera di data guru yang belum nersertifikat,pendidik.dan kalau namanya tidak muncul itu gimana.mohon ditunggu jawabannya wasalam

    • Bapak Dedeh, saya berusaha mencari informasi kelulusan pasca uka masih belum menemukan hasil. Di tempat saya, pihak diknas pun belum tahu. Mengingat tempat diklat pasca uka tidak dibuat seperti rayon, jadi kesulitan mencari bocoran.
      Mudah-mudahan ada update jika saya tahu informasinya. Terima kasih.