Ternyata Ini Cara Efektif Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Belajar Bahasa Jerman secara Otodidak

Banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan belajar Bahasa Jerman yang banyak cara tempuh dan alternatifnya.

Pilihan dan alternatif tersebut bisa kamu tempuh dengan mengikuti kursus Bahasa Jerman di Eduversity.co.id atau belajar Bahasa Jerman secara otodidak.

Belajar sendiri dengan cara otodidak di rumah akan sangat membantu untuk mempelajari Bahasa Jerman dari level dasar tanpa tekanan, karena kamu adalah mentor, pengatur jadwal sekaligus pelaksana aplikasinya kelak.

Terlihat lebih mudah dan praktis, namun hal yang paling sulit untuk diterapkan dalam pembelajaran secara otodidak adalah menyesuaikan jadwal, konsisten dan rutin dalam aplikasi pembelajaran Bahasa Jerman mu.

Kamu mungkin akan sedikit terganggu dengan berbagai jadwal dadakan yang dating, dan kemungkinan besar akan mengganggu waktu belajarmu. Atau, dampak dari aktivitas padat seharian kamu merasa lelah dan dengan mudahnya “skip” belajar karena merasa masih banyak waktu di hari esok.

Yang paling fatal, kamu tidak punya sarana dan wadah untuk mengembangkan kemampuanmu, karena di lingkunganmu masih minim yang bisa atau menguasai Bahasa Jerman. inilah pentingnya relasi yang bermanfaat di dunia sekitar.

Trik Cara Efektif Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Jangan khawatir dibawah ini tersedia rekomendasi trik belajar Bahasa Jerman secara otodidak yang bisa kamu terapkan. Diantaranya:

Mulai dari basic Bahasa Jerman

Untuk memulai dari titik terawal, kamu bisa mulai mempelajari abjad yang dipakai dalam Bahasa Jerman. alphabet dalam Bahasa Jerman tidak jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, namun terdapat huruf tambahan yang disebut umlaut.

Sebagaimana kamu bisa melafalkan Bahasa Indonesia saat mengenal bagaimana bunyi hurufnya. Begitu pula kamu belajar Bahasa Jerman. pelajari bagaimana cara pelafalan saat huruf tersebut terpisah atau tunggal, atau saat disatukan dengan huruf lainnya baik vokal maupun konsonan.

Mulai belajar dari kata sifat, kata kerja, dan kata benda

Kamu bisa mulai cara ini dengan mendekor kamarmu atau buku catatan harianmu. Berikan label setiap benda dengan Bahasa Jerman, praktekkan kata tersebut setiap kamu ingin atau akan menggunakannya. Misalnya, label buku dengan kata “Buchen” pulpen dengan kata “Fuller” dan tas dengan “Tasche”.

Saat ingin mempelajari kata kerja, hafalkan katanya, gunakan kata tersebut tiap kamu ingin atau akan melakukannya. Untuk kata sifat, kamu harus tahu terlebih dahulu konteks dan kasusnya terlebih dahulu baru bisa digunakan dalam percakapan.

Menambah kosakata dengan audiovisual

Menonton film, bukan hanya menjadi media hiburan tapi juga sekaligus menjadi media pembelajaran.  Kamu bisa mulai dengan menonton film yang di dubbing dalam Bahasa Jerman.

Lebih bagus lagi jika menonton film yang diproduksi dengan Bahasa Jerman langsung, karena kamu jadi bisa menirukan pelafalan tiap katanya.

Bagi kamu yang senang dan hobi bernyanyi bisa memulai hobi dengan sekaligus mempelajari Bahasa Jerman melalui mempelajari pelafalan dan makna liriknya.

Hal mendasar dan penting saat kamu mulai berbicara dalam Bahasa Jerman adalah gramatik yang menunjukkan letak subjek atau menunjukkan kepemilikan. Jumlah nya ada 3 yakni Akkusativ, Genitiv, dan Dativ. Hal tersebut akan kamu pelajari dalam membangun kalimat dengan lebih terstruktur.

Menggunakan e-learning app

Memanfaatkan kepintaran gadgetmu dalam mendukung pelajaran. Kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi belajar Bahasa Jerman yang tersedia secara gratis di google play store. Mulai dari Learn German, Deutsch Lernen, Speak Tribe German, bahkan yang paling popular yakni Duolingo.

Keunggulan dari aplikasi-aplikasi belajar online tersebut diantaranya, kamu akan menghadapi beberapa pertanyaan di awal apakah sudah pernah mempelajari Bahasa Jerman sebelumnya, jika belum maka kamu akan diarahkan pada level awal.

Jika sudah pernah maka kamu akan diarahkan untuk mempelajari level lanjutan. Sistemnya sama seperti placement test di tempat kursus, namun hanya berisi satu pertanyaan tentang pernah atau tidak kamu menghadapi Bahasa Jerman sebelumnya.

Di Dalamnya, kamu akan belajar mengenai kosakata dasar dari yang tunggal hingga berbentuk kalimat yang biasa digunakan dalam keseharian. Kamu juga akan diarahkan untuk bisa menebak bunyi dari setiap huruf atau kata, bahkan kalimat.

Bukan hanya materi, aplikasi tersebut juga berisikan berbagai macam ujian, mulai dari mengisi bagian kalimat yang rumpang, atau belajar menyebutkan kata dan kalimat dengan nilai yang bervariasi dan dapat kamu ulangi berkali-kali untuk mendapat nilai yang baik dan memuaskan.

 

Cara Efektif Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.