Blogging

Jadilah Hacker yang sebenarnya

Dalam dunia maya sebutan hacker dan cracker tentunya sudah tidak asing lagi. Hacker sebenarnya adalah seseorang yang mumpuni di bidang IT untuk melindungi keamanan sistem serta menjaga keamanan di dunia maya. Kalaupun ada seorang nakal yang tujuannya hanya merusak, mengacak-acak, jahat,  belum pantas menyandang gelar hacker melainkan hanya seorang cracker.

Menjadi hacker yang sebenarnya tidaklah mudah, banyak persoalan yang mesti dipelajari, mulai dari bahasa komputer, sistem, matematika, analisa, pemrograman dll, juga butuh waktu yang lama. Kalau hanya men-deface site, mencuri data, SQL injection masih menggunakan bantuan software tertentu, dapat dikatakan perbuatan cracker yang dengan mudahnya melakukan. Coba pikirkan bagaimana cara membuat software tersebut?

Hacker Cracker

Saat ini banyak orang menganggap hacker adalah sebuah ancam keamanan jaringan karena kemampuannya memecahkan kode keamanan sistem dan mengacak-acaknya, membuat hacker dimusuhi.  Menurut saya, hacker adalah penyimbang seperti halnya ada siang-malam, baik-buruk, dsb. Website yang berhasil dibobol oleh hacker menandakan bahwa website tersebut masih mempunyai celah keamanan atau kelemahan yang harus segera diperbaiki. Oleh karena itu hacker juga berjasa dalam hal perkembangan sistem keamanan jaringan.

Seorang Hacker yang sebenarnya menganggap dirinya: ”I’m not hacker, i’m a security profesional”.

Kalau ada perusahaan yang menganggap situs/software aman, tidak bisa dibobol, dirusak, tentunya para hacker yang sebenarnya akan membuktikan. Beberapa contoh di bawah ini sedikit membuka wawasan tentang ulah hasil kegiatan hacker:

Microsoft salah satu perusahaan raksasa IT pada tahun 2011 ini membuat kontes melawan para hacker. Kontes berhadiah uang sebesar 2 m, untuk mencari taktik inovatif menggagalkan serangan cyber.

National Security Agency (NSA) membuka lowongan kerja buat hacker yang ada di dunia ini. Hacker yang dibutuhkan oleh NSA pada tahun ini (2011) 1.500 orang dan pada tahun 2012 mendatang membutuhkan 1500 orang lagi. Tujuannnya adalah menjaga dan memperkuat jaringan, melakukan uji coba menembus sistem untuk menemukan celah keamanan, dan mengamati tanda-tanda adanya serangan.

Yahoo seperti yang diungkapkan oleh Senior Vice President for Media Products and Solutions, kepada situs MacWorld berencana untuk berinvestasi kepada sejumlah hacker yang memiliki ide dan teknologi cemerlang di Bangalore, India.

Tentunya, ada beberapa hacker yang “sukses” kini telah menikmati ulahnya.

I’m not hacker, i’m a security profesional”.

Jadilah Hacker yang sebenarnya Opini Lentera Kecil

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *