daftar iklan mgid

Perhatikan Jenis Dan Kapasitas Genset Sebelum Membeli

Walaupun genset memiliki manfaat secara umum, yaitu sebagai pengganti saat listrik mati. Tapi, ada halnya kita juga harus memperhatikan jenis-jenis genset serta kapasitasnya sebelum memilihnya.

Jenis Dan Kapasitas Genset

Penjelasan berikut yaitu jenis genset beserta kapasitasnya.

1. Genset bensin

Genset ini paling banyak diminati karena harga jualnya yang lebih murah dibandingkan yang lain. Mesin genset bensin memanfaatkan bahan bakar bensin sehingga bisa menghasilkan listrik dengan kapasitas hingga 10 Kw (10 ribu watt). Genset ini juga sering diaplikasikan pada rumah-rumah yang tidak membutuhkan daya terlalu besar.

2. Genset portable

Genset portable ini adalah mesin genset yang bisa dibawa kemana-mana. Biasanya memiliki ukuran genset yang kecil. Fungsinya masih sama yaitu, dapat dipakai untuk menyalakan listrik, baik di lapangan atau perkemahan.

3. Mesin genset gas

Jenis genset ini menggunakan bahan bakar gas sebagai bahan bakarnya. Gas yang dipakai adalah LPG (Liquid Petroleum Gas) atau CNG (Compressed Natural Gas). Mesin genset gas ini memiliki harga yang cukup tinggi karena dipengaruhi oleh mahalnya jenis gas yang dipakai.

Lentera kecil:  Peluang Usaha Bisnis Online Tetap Menjanjikan

4. Mesin genset diesel

Mesin genset diesel termasuk mesin sangat mudah diaplikasikan dan dioperasikan. Selain itu genset ini memiliki kapasitas watt yang sangat tinggi yaitu, kisaran 5 Kw (5.000 watt) – 2Mw (2 juta watt). Jenis genset diesel memiliki silinder dari 2 – 16 silinder. Kekurangan dari genset diesel ini adalah harga jualnya yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan harga jual genset bensin.

5. Genset turbin

Mesin genset turbin adalah genset yang memiliki kapasitas paling besar sebab, kapasitasnya bisa mencapai 2Mw (2.000.000 watt). Namun untuk membangun sebuah mesin genset turbin dibutuhkan perhitungan yang tepat dan cermat sesuai dengan kondisi sekitar. Turbin – turbin yang dimaksud bisa berupa turbin air, turbin uap, turbin udara yang nantinya akan menghasilkan putaran ke generator untuk menghasilkan listrik.

Lentera kecil:  Pahami Beberapa Prinsip Dasar Pembukuan untuk Manajemen Keuangan Perusahaan

6. Genset urine

Terdapat mesin genset yang dibuat dengan bahan bakar urine. Inovasi menarik ini dibuat oleh empat pelajar dari afrika bernama Duro-Aina (14 tahun), Akindele Abiole (14 tahun), Faleke Oluwatoyin (14 tahun) dan Bello Eniola (15 tahun). Kabarnya genset ini dapat menghasilkan listrik selama 6 jam per 1 liter urine.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis dan kapasitas ini sangat penting sebelum Anda menggunakan genset ini. Apalagi ketika anda membeli, sudah diharuskan memperhatikannya. Untuk mengetahuinya silahkan cek rental genset dan kunjungi Sewatama untuk penjelasan lebih detail.

 

Jenis Dan Kapasitas Genset


Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *