daftar iklan mgid

Macam Doa Buka Puasa Beserta Manfaatnya

Puasa Ramadhan merupakan salah satu momen yang dinantikan setiap tahunnya oleh umat Islam. Selain merupakan salah satu rukun islam yang wajib dijalani, puasa Ramadhan juga menjadi kesempatan bagi muslim untuk memperbanyak ibadah di setiap langkah dan aktivitasnya.

Doa puasa

Puasa Ramadhan diniatkan dengan menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Tentu tak lupa wajib diawali dengan membaca niat puasa di bulan suci, yaitu :

Nawaitu sauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala

Artinya, “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Niat berpuasa biasanya dibaca ketika malam hari setelah selesai sholat Tarawih. Namun kamu bisa melakukannya di waktu kapan saja asal sebelum dilaksanakannya puasa atau saat sebelum menyantap hidangan sahur. Kamu tak boleh meninggalkan niat puasa sebab ini termasuk salah satu dari dua rukun utama berpuasa yaitu melaksanakan niat dan menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. Setelah itu, kamu bisa melaksanakan puasa dan ibadah lainnya dengan khusyuk.

Baca Juga: Arah Kiblat dan Pengingat Sholat

Doa Buka Puasa

Yang tak kalah dinantikan ketika berpuasa Ramadhan adalah momen berbuka puasa. Saat adzan maghrib sudah berkumandang, seorang muslim diwajibkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Tak lupa, panjatkan doa buka puasa terlebih dahulu sebelum membatalkan puasa.

Lentera kecil:  Memilih Perusahaan Asuransi Syariah

Kamu mungkin hanya familiar dengan doa buka puasa yang sering kamu dengar di masjid atau di televisi. Padahal ada empat doa buka puasa yang bisa kamu baca, yaitu :

1. Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa buka puasa ini adalah doa yang paling banyak digunakan. Padahal, tahu nggak sih kalau doa ini ternyata bukan diambil dari hadis Nabi Muhammad SAW? Doa buka puasa ini adalah rangkaian doa yang dibuat para ulama. Meski begitu, doa ini diperbolehkan untuk dibaca ketika berbuka puasa.

2. Allahumma Laka Shumna wa ala Rizqika Aftharna, Allahumma Taqabbal Minna Innaka Antas Samiul ‘Alim

Artinya: “Ya Allah , untuk-Mu atau karena-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau zat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.”

Ini adalah rangkaian kalimat doa yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Tidak apa jika kamu juga ingin menggunakan doa ini ketika puasa Ramadhan nanti. Sebab dalam HR. Ibnu Majah dan Ibnu Sunni, dikatakan hasan oleh an-Nawawi “Sesungguhnya, bagi orang yang berpuasa itu punya doa yang tidak tertolak saat ia berbuka.”

Lentera kecil:  Semangat Belajar dari Tampur Paloh

3. Allahumma inni as-aluka bi rohmatikal latii wasi’at kulla syain an taghfirolii

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang mencakup segala sesuatu, agar Engkau mengampuniku.”

Ini adalah doa buka puasa yang juga sesuai dengan sunnah Rasulullah. Konon ketika berbuka puasa, Nabi Muhammad SAW pernah membaca doa ini juga. Hal ini dikatakan oleh Abdillah bin Umar bin’Ash Ra yang diriwayatkan dalam Abdil Malikah.

4. Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: “Telah hilang rasa haus, telah basah urat-urat, dan telah pasti ganjaran, dengan kehendak Allah Ta’ala.”

Diriwayatkan dari Ibnu Umar Ra, Nabi Muhammad SAW juga mengucapkan doa ini ketika berbuka puasa. Dengan arti yang sesuai, kamu juga bisa memanjatkan doa ini ketika berbuka puasa nanti.

Terlepas dari doa mana yang akan kamu ucapkan ketika berbuka puasa, tak menjadi masalah. Sebab doa-doa di atas memiliki arti dan makna yang baik dan sesuai dengan ibadah puasa yang kamu lakukan. Serta doa-doa tersebut memiliki manfaat yang baik untukmu. Apa saja manfaatnya?

Lentera kecil:  Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Ungkapan rasa syukur

Bertemu dan mampu melaksanakan ibadah puasa Ramadhan adalah hal yang harus disyukuri karena sebagian kecil orang mungkin tak dapat menjalaninya. Sebab itu, penting untuk berterima kasih karena telah diberikan rejeki dan kesempatan untuk bertemu dengan momen berpuasa hingga berbuka puasa.

Memperkuat rasa sabar

Memang betul bahwa buka puasa harus disegerakan namun sangat penting untuk mengawalinya dengan doa. Secara tidak langsung ini membuat kamu belajar untuk lebih sabar dan tidak terburu-buru menyantap hidangan buka puasa.

Puasa Ramadhan akan datang sebentar lagi. Mari kita mempersiapkan diri  dengan meniatkan untuk beribadah lebih baik, salah satunya dengan membaca niat puasa dan buka puasa.

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita di bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

 

Doa Buka Puasa Beserta Manfaatnya

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *