Cara Mudah Menciptakan Interior Ruangan dengan Warna Monokrom

monochrome interior

Warna tunggal pada seluruh ruangan atau yang disebut dengan monokrom tampak mudah untuk diterapkan. Pada kenyataannya tidak mudah untuk menciptakan ruangan dengan warna ini. Anda bahkan perlu jasa interior berkualitas agar hasilnya lebih memuaskan.

Para desainer akan paham betul apa yang harus mereka dilakukan untuk menonjolkan warna monokrom dalam sebuah ruangan. Menilik dari apa yang dilakukan para desainer interior ini, ada beberapa hal yang bisa Anda pelajari dan terapkan di rumah.

Tips Ciptakan Ruangan Nyaman dengan Warna Monokrom

Sangat menyenangkan jika ruangan yang Anda inginkan bisa diwujudkan dan hasilnya memuaskan. Apalagi dengan warna monokrom seperti abu-abu, putih, hitam dan turunannya. Tidak terlalu sulit memadukan warna dibandingkan jenis desain pop rock.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki desain warna monokrom, ada beberapa cara untuk bisa menciptakannya berikut:

1. Pemilihan Jenis Warna

Dimulai dengan memilih warna-warna paling menonjol untuk warna monokrom. Ada tiga warna yang bisa diaplikasikan yaitu terang, gelap dan warna tengah. Warna dasar adalah warna yang paling menonjol dibandingkan lainnya.

Misalnya Anda memilih warna putih, kemudian warna turunannya adalah abu-abu. Warna putih bisa diterapkan pada hampir seluruh ruangan sedangkan warna abu-abu digunakan untuk bagian kecil seperti perabotan.

2. Menambahkan Kayu untuk Teksturnya

Supaya ruangan tidak terlihat mati karena satu elemen warna yang mendominasi, Anda bisa menambahkan warna natural dari kayu. Penggunaan furniture kayu atau justru bagian lantai akan menciptakan kesan hangat dalam ruangan.

Tambahkan juga tekstur pada kayu dengan trik pada bagian finishingnya. Misalnya Anda lebih memilih furniture dengan finishing rustic dibandingkan hanya pernis biasa. Sebagai tambahan tekstur, Anda juga bisa memberikan dinding bata atau karpet bulu.

3. Ciptakan Pencahayaan dengan Efek Hangat

Keberhasilan mendesain ruangan dengan warna monokrom tidak terlepas dari penggunaan pencahayaan. Pencahayaan dengan warna yang hangat seperti warm white akan membuat ruangan tampak lebih nyaman.

Cahaya juga berfungsi untuk memberikan kesan monokrom cerah karena pantulan dari dinding yang berwarna putih. Ruangan akan memiliki kesan yang lapang dan juga terang.

4. Menyisakan Area Berwarna Putih

Apakah Anda memilih warna hitam yang lebih mendominasi atau justru warna abu-abu? Apapun warna yang dipilih, Anda harus menyisakan satu ruangan dengan warna putih di salah satu sisinya.

Warna putih inilah yang akan mengistirahatkan mata Anda sehingga tidak banyak melihat warna kontras dari monokrom. Berikan warna putih pada area khusus yang sering dilewati.

5. Menambahkan Beberapa Dekorasi

Bukan hanya warna kontras saja yang harus Anda buat tetapi juga penambahan beberapa dekorasi. Penambahan ini akan memberikan ruangan menjadi lebih dinamis dan berwarna.

Tidak masalah jika Anda menambahkan warna seperti hijau, biru, pink, kuning, merah atau warna cerah lainnya. Hanya saja skala untuk pemberian warna ini tidak boleh berlebihan. Pastikan untuk tidak mendominasi warna utama.

6. Pilih Warna yang Sesuai Mood

Pada saat memilih warna Anda bisa menyesuaikan dengan mood dan suasana hati. Apakah Anda lebih memilih warna yang bisa memberikan suasana hati santai, bersemangat atau justru menciptakan ketenangan. Ini Cara Memilih Wall Sticker untuk Kamar Anak.

Ketika Anda sudah tahu apa suasana hati yang diinginkan maka akan lebih mudah dalam menemukan warna yang tepat. Jika Anda lebih suka dengan efek hangat maka pilih warna tradisional seperti pink atau coklat.

Tidak sulit jika Anda ingin menggunakan warna monokrom sebagai tujuan utama interior. Cukup ikuti enam hal ini pasti akan berhasil.

 

Cara Mudah Menciptakan Interior Ruangan dengan Warna Monokrom

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.