daftar iklan mgid

Pengertian Cyber University

Pengertian Cyber University adalah suatu lingkungan kampus (perguruan tinggi) yang mana sumberdaya-sumberdaya kampus diwujudkan dalam bentuk digital. Cyber University merupakan segala usaha yang sistematis untuk mengubah sumber daya kampus yang terintegrasi berbasis web yang memungkinkan pengguna (stakeholder) dapat berinteraksi dan bertransaksi secara elektronik.

Pengertian Cyber University

Meskipun cyber university merupakan hal yang baru di Indonesia, namun beberapa perguruan tinggi di Indonesia sudah menerapkan perkuliahan berbasis digital. Hal ini berkaitan erat dengan teknologi informasi dan komunikasi atau ICT (Information and Communication Technology) yang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan global saat ini.

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi mengubah cara pandang, cara kerja dan sekaligus implementasi dalam bidang pembelajaran, hal tersebut ditandai dengan munculnya istilah-istilah baru seperti e-Book, e-learning, cyber university. Akar kata cyber adalah cybernetics, yang artinya tentang “cara untuk mengendalikan (robot) dari jarak jauh”. Dengan demikian kata cyber berkaitan dengan “pengendalian” dan “jarak jauh”.

Oleh karena perkembangan teknologi komunikasi dan Informatika yang sudah semakin maju, seharusnya juga dapat diwujudkan dalam pendidikan. Dengan kata lain, adanya Cyber University (Perguruan Tinggi Digital atau kampus digital) ini dapat menjadi harapkan kepada masyarakat  untuk dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang kini sudah semakin canggih.

Lentera kecil:  Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah

Cyber University (Kampus Digital)

Cyber University atau kampus digital merupakan segala usaha untuk mengubah sumber daya kampus yang ada ke dalam bentuk digital berbasis internet, melalui alat atau instrumen yang canggih, sedemikian rupa sehingga kehidupan nyata kampus dapat ditingkatkan melebihi waktu maupun ruang yang ada.

Sumber daya itu meliputi semua informasi di lingkungan  kampus (jadwal transportasi yang tersedia, perbankan, kantin, ketersediaan fasilitas), sumber daya material (buku, materi/modul pembelajaran) sampai dengan aktivitas sekolah atau kampus (proses belajar dan mengajar, manajemen dan pelayanan administrasi).

Baruc College dalam Razak mendefinisikan Cyber University adalah kumpulan aplikasi yang terintegrasi berbasis web yang memungkinkan pengguna (stakeholder) dapat berinteraksi dan bertransaksi secara elektronik. Sumber daya-sumber daya tersebut meliputi: sumber daya akademik (pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) sebagai proses utama (core process) dalam Perguruan Tinggi, sumber daya pendukung penyelenggaraan pendidikan (administrasi akademik, keuangan dan akuntansi, sumber daya manusia, administrasi umum, pelayanan mahasiswa, manajemen aset atau sarana prasarana

Lentera kecil:  Bahasa Indonesia Sebagai Bagian Kurikulum di Australia

Dalam konteks kampus digital, sumber daya-sumber daya tersebut diwujudkan dalam bentuk sistem informasi (SI). Seperti SI akademik, SI sumber daya manusia, SI asset, SI administrasi akademik, SI keuangan, SI kemahasiswaan, SI perpustakaan, SI perencanaan SI alumni, dan SI lain yang perlu dikembangkan untuk kepentingan semua pihak.

Kesemua sistem informasi (SI) tersebut diintegrasikan dalam bentuk data base kampus digital. Selain integrasi sistem, kampus juga harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang terkait dengan ICT dan segala infrastrukturnya yang terhubung dengan internet dengan bandwidth yang memadai.

Integrasi sistem dalam manajemen Perguruan Tinggi dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu bidang akademik dan bidang administrasi sebagai pendukung penyelenggaraan pelaksanaan pendidikan. Dengan integrasi sistem yang di dukung oleh ICT dan segala infrastrukturnya, sumber daya dalam manajemen Perguruan Tinggi dapat diwujudkan dalam bentuk digital sehingga dapat diakses dan bertransaksi secara online dimana saja selama 24 jam.

Maka menjadi jelas bahwa kampus digital akan lebih unggul jika dibandingkan dengan yang tradisional. Bayangkan, perpustakaan dapat diakses malam hari langsung dari rumah, tugas dikumpulkan melalui email, pengumuman kampus diakses tanpa harus ke kampus, dan sebagainya.

Lentera kecil:  Petunjuk Teknis Pengelolaan NUPTK 2018

Teknologi Informasi (TI) yang merupakan tulang punggung kampus digital, didukung oleh tiga komponen utama: Computer, Communication dan Content. Tentulah yang dimaksud dengan Communication di atas adalah jaringan internet.

Namun, keberadaan Cyber University atau kampus digital di Indonesia tidak (belum) menggantikan perkuliahan model lama seperti pertemuan tatap muka dengan dosen. Artinya Cyber Learning digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pengajaran, bukan menggantikan seluruhnya.

Salah satu contoh UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Kelak Cyber University bisa saja menjadi alternatif kuliah yang menyediakan layanan belajar formal melalui media online yang bisa diakses semua orang, terlepas dari keterbatasan akibat lokasi geografis, fleksibilitas, dan lainnya sehingga merupakan salah satu kecanggihan fasilitas bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

 

Referensi:

  • Abdul Razak bin Hamdan, Aziz Deraman dalam Slamet, Strategi Mengembangkan
    Teknologi informasi & Komunikasi di Perguruan Tinggi Agama Islam Menuju Kawasan Kampus Digital, Makalah disampaikan pada acara konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) tahun 2009
    di Universitas Islam Indonesia (UII) pada Januari 2009

 

Pengertian Cyber University

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *